Mempelai Pria Ternyata Wanita di Soppeng Diduga Palsukan Dokumen

Infomenia.net -   Polisi tengah menyelidiki ada-tidaknya unsur pidana terkait pernikahan wanita dengan wanita di Soppeng, Sulawesi Selata...


Infomenia.net -  Polisi tengah menyelidiki ada-tidaknya unsur pidana terkait pernikahan wanita dengan wanita di Soppeng, Sulawesi Selatan (Sulsel). Dugaan pemalsuan dokumen oleh mempelai pria yang ternyata wanita menjadi salah satu yang didalami penyidik.

"Dari dokumen yang dia gunakankan memang dia sengaja ubah, jenis kelamin," ujar Kasat Reskrim Polres Soppeng AKP Amri saat dimintai konfirmasi detikcom, Sabtu (13/6/2020).


Amri belum merinci dugaan pemalsuan dokumen apa yang dia maksud, namun pihaknya telah meminta kelengkapan dokumen sang mempelai pria yang ternyata wanita untuk diperiksa.


"Kalau di kartu keluarganya sih tetap perempuan, tapi kok tiba-tiba muncul dokumen biodata kependudukannya di situ laki-laki. KTP-nya juga kayaknya sudah diminta itu," kata Amri.

Amri mengatakan, pihaknya juga akan mencari tahu siapa pihak yang terlibat dalam dugaan pemalsuan dokumen yang belum dirincikan tersebut.

"Kita tidak tahu perubahannya ini dari mana, makanya masih akan kita telusuri" katanya.

Selain dugaan pemalsuan dokumen, lanjut Amri, mempelai pria ternyata wanita juga telah membuat nama alias atau nama panggilan yang akhirnya mengecoh keluarga mempelai wanita.

"Ada perubahan nama panggilan, makanya kan selama ini keluarga perempuan tertipu. Tertipu bukan bahasa hukum, tapi selama ini dia tidak tahu bahwa yang bersangkutan itu perempuan, karena namanya juga diganti," pungkas Amri.


Sebelumnya diberitakan, polisi telah memanggil tujuh orang saksi untuk dimintai keterangan. Mereka adalah kedua mempelai, orang tua mempelai wanita, saksi dan imam, hingga kepala desa setempat.

Hasil penyelidikan sementara polisi menyebut bahwa beberapa hari sebelum acara pernikahan, mempelai wanita sudah tahu bila calon suaminya berjenis kelamin wanita, namun ia tidak memberi tahu kedua orangtuanya karena undangan pernikahan telah beredar.(detik.com)