Diduga Cemarkan Nama Baik Parpol, Akun Twitter @JRXSID_official Dipolisikan, Gara-gara Tweet Ini

Infomenia.net -  Akun Twitter @JRXSID_official dilaporkan sebuah partai politik karena diduga mencemarkan nama baik. Sunan Kalijaga selaku...

Infomenia.net - Akun Twitter @JRXSID_official dilaporkan sebuah partai politik karena diduga mencemarkan nama baik. Sunan Kalijaga selaku tim kuasa hukum pelapor menegaskan tidak ingin menuduh siapapun.

Kabar kurang sedap kali ini datang dari musisi Jerinx SID.


Pria asal Bali tersebut tengah diterpa isu pencemaran nama baik.

Hal itu menyusul laporan polisi yang diajukan oleh sebuah organisasi partai politik terkait akun yang mencatut nama Jerinx SID.

Sunan Kalijaga selaku tim kuasa hukum dari partai politik tersebut sempat memberikan keterangan terkait dugaan pencemaran nama baik kliennya.

"Melaporkan sebuah akun Twitter, dimana akun Twitter itu kami duga telah mencemarkan nama baik sebuah organisasi besar.

Sehingga kader-kader daripada organisasi tersebut merasa ikut tercemar atau berinisiatif melaporkan dugaan pencemaran tersebut.


Oleh karena itu kami tidak ingin menuduh siapapun, kami lebih memilih jalur hukum agar supaya peristiwa ini terang benderang," kata Sunan seperti dikutip TribunStyle.com dari KH Infotainment pada Sabtu (6/6/2020).

Sementara itu Angga, pelapor dugaan pencemaran nama baik sempat membeberkan barang bukti yang ia miliki kepada awak media.

Angga juga mempublikasi nama akun Twitter yang diduga melakukan pencemaran nama baik dari partai politik.

"Saat ini saya melaporkan akun bernama @JRXSID_official, inilah akun yang kita laporkan karena sudah menyinggung begitu banyak kader-kader dari organisasi kami.

Disini bisa dilihat bahasanya amat sangat kasar, tidak pantas dan membuat gaduh.

Seluruh kader di seluruh Indonesia marah karena tulisan ini.

Kami ingin pemilik akun Twitter ini bisa dicari siapa pemiliknya, karena akun ini sudah membuat kami terus terang seluruh Indonesia menjadi marah.

Saya akan kasih lihat juga LP kami, pelapornya atas nama saya, saya juga advokat, saya juga kader di organisasi ini, atas tindak pidana Undang-Undang ITE," papar Angga.

Sunan pun menegaskan pihaknya tidak ingin menuduh atau memfitnah siapapun.

Ia justru memilih jalur hukum agar tidak ada orang yang merasa terganggu akan kegaduhan yang dilakukan akun tersebut.

"Kami pastikan tidak ingin menunjuk atau menuduh atau memfitnah seseorang.

Justru kedatangan kami untuk mengikuti proses hukum agar terang benderang dan segera ditangkap orangnya dan tidak perlu lagi ada orang yang merasa terganggu.

Terganggu dalam arti kata mungkin saja dalam hal ini ada public figure yang dicatut namanya, atau pemilik akun ini bertindak seolah-olah dirinya artis.

Makanya kita datang ke polisi guna mendapat kepastian hukum siapa pemilik akun ini dan siapa yang mencemarkan nama baik," tandas Sunan.

3 Kontroversi Jerinx SID di Medsos

Jerinx SID memang kerap mencuri perhatian publik lewat beberapa statement di media sosial.

Berikut 3 kotroversi pria bernama asli I Gede Ari Astina di medsos yang sempat jadi sorotan.

1. Protes UU Permusikan

Pada awal 2019 lalu, Jerinx sempat berseteru dengan Anang Hermansyah dan Ashanty.

Perseteruan itu berawal dari ungkapan kekecewaannya terhadap Anang Hermansyah yang pada saat itu menjabat sebagai anggota DPR RI yang turut merancangkan RUU Permusikan.


"Musisi palsu sok jadi politisi lama-lama ya pasti keluar sifat aslinya; menjijikkan. Selain Rhoma Irama siapa lagi yg setuju Nang @ananghijau? #RUUkampungan #AnangPayah," tulis Jerinx pada akun Twitter-nya, seperti yang dikutip dari Kompas.

Menanggapi hal tersebut, Ashanty terpancing dan mulai menyindir Jerinx lewat Instagram pribadinya.

Sejak itu, keduanya mulai saling menyindir di media sosial masing-masing.

Bahkan, Ashanty sampai hendak melaporkan Jerinx pada pihak berwajib.

Namun, perseteruan antara keduanya berakhir setelah bertemu di Bali.

2. Sindir kasus penusukan Wiranto


Di akhir tahun 2019, Jerinx melalui akun Twitternya mengomentar kasus penuskan yang dialami Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto.

"Kalau niatnya memang membunuh kenapa pisaunya kecil ya," tulis Jerinx

Usai unggahan itu menuai kontroversi, Jerinx kembali membuat unggahan yang tak kalah memantik pro dan kontra.

Ia mengunggah fotonya saat duduk tak jauh dari Wiranto dan menuliskan keterangan sebagai berikut

"Lekas sembuh bro. Doakan agar lekas sembuh supaya blio bisa mempertanggungjawabkan apapun dosa politiknya nanti," tulis Jerinx.

Akibat unggahan-unggahannya itu, Jerinx dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh seseorang bernama Jalaludin pada 11 Oktober.

Dalam laporan tersebut Jerinx diduga menyebarkan informasi bermuatan SARA melalui media elektronik yang melanggar Pasal 28 Ayat 2 Jo Pasal 45 Ayat 2 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

3. Sebut Via Vallen pansos


Sebelumnya, Pada November 2018 lalu, Jerinx pernah berseteru dengan musisi Indonesia yaitu Via Vallen.

Saat itu, dia melontarkan protesnya kepada Via Vallen yang menyanyikan lagu milik Superman Is Dead berjudul Sunset di Tanah Anarki dengan aransemen dangdut koplo tanpa seizin SID.

"Tanpa Sunset di Tanah Anarki, Vallen gak akan ada di posisinya saat ini," tulis Jerinx saat itu.

Enggak berhenti sampai di situ, Jerinx lagi-lagi mengungkapkan kekesalannya karena menilai Via enggak mencerminkan makna lagu tersebut dengan baik.

Dia pun merasa Via Vallen merendahkan lagu Sunset di Tanah Anarki demi popularitas semata. (tribunnnews.com)