Blunder Unicorn Prabowo Mendunia, Dari Asia, Timur Tengah Hingga Amerika, Sampai Hawaii! Ngakak!

Blunder Unicorn Prabowo Mendunia, Dari Asia, Timur Tengah Hingga Amerika, Sampai Hawaii! Wkwkwk!

Infomenia.net -Dengan ribuan media online di seluruh dunia, arus informasi sangat cepat menyebar. Para media online ini bisa mengambil berita dari kantor berita. Kalau di Indonesia, misalnya kantor berita Antara (sekarang ada versi online menjadi antaranews.com). 

Sedangkan untuk tingkat internasional misalnya Associated Press (AP) yang berbasis di Amerika Serikat. AP beroperasi di lebih dari 100 negara, dan beritanya diterbitkan oleh ribuan media di seluruh dunia. Artinya, sebuah berita di Indonesia, jika diliput oleh AP, maka dalam waktu singkat akan menyebar ke seluruh penjuru dunia, bahkan dalam hitungan menit. Tentu saja kantor berita internasional bukan hanya AP saja. Masih ada yang lain. Ini sebagai ilustrasi betapa cepat dan luasnya penyebaran sebuah berita di dunia.

Ini yang terjadi dalam liputan para media terhadap Pilpres 2019. Pemilihan presiden suatu negara termasuk berita penting. Apalagi Indonesia, sebuah negara demokrasi yang berpenduduk ratusan juta jiwa, termasuk dalam jajaran negara demokrasi terbesar di dunia. Proses dan dinamika menjelang Pilpres 2019 ikut menjadi perhatian dunia. Apalagi acara debat capres. Dan tentunya yang blunder-blunder. Termasuk blundernya Prabowo terkait ketidaktahuannya soal Unicorn.

Media online dari negara tetangga, pastinya ikut memberitakan. Dengan cepat saya menemukan media online dari Singapura (The Straits Times) dan Thailand (Bangkok Post) yang ikut memberitakan gagapnya Prabowo soal unicorn. The Straits Times dari Singapura memberitakan dengan menyentil Prabowo. Prabowo disebut sebagai seorang jenderal yang berlatar pendidikan dari Amerika Serikat (“a US-educated former general”). Mungkin karena warga Singapura demen sama Presiden Jokowi yang berhasil menghentikan kabut asap akibat kebakaran hutan di Indonesia yang juga mencemari Singapura.

https://www.straitstimes.com/asia/se-asia/prabowo-trips-over-unicorns-in-debate

Sementara, Bangkok Post, mengambil berita dari kantor berita AP. Isi beritanya lebih pada reaksi para netizen yang menertawakan kegagapan Prabowo soal unicorn. Akibatnya media sosial seperti Twitter dan Facebook dibanjiri dengan meme tentang unicorn ini pasca debat capres Minggu malam lalu. Disebut juga ada selisih 20% untuk keunggulan Jokowi di dalam berbagai survei elektabilitas.

https://www.bangkokpost.com/news/asean/1630862/tech-baffles-indonesian-candidate

Tetangga jauh di Asia, turut memberitakan blunder ini, misal Jepang (The Asahi Shimbun) dan India, ada 2 yang saya temukan (Mumbai Mirror dan The Times of India). Di Jepang, Asahi Shimbun juga mengambil sumber berita dari AP, jadi isinya sama dengan yang di Thailand, dengan judul sama “Unicorns are real: Tech baffles Indonesian candidate”.

http://www.asahi.com/ajw/articles/AJ201902180022.html

Kedua media dari India nampaknya juga mengambil sumber berita dari AP. The Times of India meringkasnya menjadi hanya berita pendek.

https://timesofindia.indiatimes.com/business/international-business/unicorn-word-that-stumped-a-presidential-candidate/articleshow/68059386.cms

Sedangkan Mumbai Mirror isi beritanya agak panjang dan melansirnya dengan kata-kata yang sedikit berbeda. Isinya lebih “nabok”, karena disebut bahwa blunder unicorn ini menunjukkan tidak kompetennya Prabowo jadi seorang capres (“however, social media users in Indonesia vivaciously stuck to Sunday night’s exchange as evidence to prove his incompetency to be a President.”)

https://mumbaimirror.indiatimes.com/news/world/indonesia-presidential-candidates-baffled-by-unicorns/articleshow/68051764.cms

Sementara untuk konsumsi Timur Tengah, juga sudah ditulis oleh teman penulis lain. Dilansir oleh Aljazeera, isi beritanya juga mengambil sumber dari AP dan kantor berita lain. Isinya sama, lebih ke reaksi para netizen atas blunder itu.


https://www.aljazeera.com/news/2019/02/unicorns-indonesia-candidate-stumbles-tech-jargon-190218031512870.html

Kemudian kita ke Amerika Serikat. Saya menemukan begitu banyak media online di AS yang memberitakan blunder Prabowo ini. Dari kota besar, sampai ke kota kecil semacam kabupaten lah kalau di sini. Sumber beritanya sama dari kantor berita AP.

https://www.usatoday.com/story/tech/2019/02/18/unicorn-memes/2904391002/

https://www.usnews.com/news/world/articles/2019-02-17/unicorns-are-real-tech-baffles-indonesian-candidate

Kalau yang dari kota kecil misalnya dari New Castle News (bukan yang di Inggris ya, tapi yang di AS), yang berasal dari Lawrence County (kurleb: Kabupaten Lawrence) salah sebuah negara bagian di AS. Hebat juga ya berita blundernya Prabowo tersebar sampai tingkat kabupaten, hebat malunya hehehe…

http://www.ncnewsonline.com/news/national/unicorns-are-real-tech-baffles-indonesian-candidate/article_bc2acbd5-2ce4-5dfa-a3f5-b3a146e62b49.html

Dan yang terakhir, berita ini juga sampai ke Kepulauan Hawaii, dipublikasikan oleh Star Advertiser. Sumber berita juga sama dari AP.

https://www.staradvertiser.com/2019/02/17/breaking-news/unicorns-baffle-indonesian-presidential-candidate/

Jangan-jangan berita ini juga sudah sampai Haiti dan Kutub Utara? Bisa jadi. Saya tidak sempat lagi mencari lebih banyak. Namun, berbekal judul berita yang dipakai kantor berita AP, saya yakin berita ini tersebar ke seluruh negara di dunia. Prabowo hebat! Prabowo mendunia, namun blundernya! Wkwkwk…..

Demikian kura-kura, #JokowiLagi

(Sekian)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...