Infomenia

Jumat, 05 Oktober 2018

Anies Beri Rp 70 Juta untuk Ratna Sarumpaet ke Chile Tanpa Didampingi Pejabat Pemprov DKI





Infomenia.net - Ratna Sarumpaet disponsori oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta untuk mengikuti acara di Chile. Ratna diberi akomodasi, tiket, dan uang saku senilai Rp 70 juta.

"Untuk tiket, ada akomodasi dan uang sakunya sekitar kurang lebih Rp 70 juta-an," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta, Asiantoro, kepada detikcom, Jumat (5/10/2018).

Asiantoro mengatakan pemberian akomodasi kepada seniman dipilih berdasarkan prestasi. Bantuan disesuaikan dengan anggaran yang ada.

"Kalau Disparbud memberikan rekomendasi ke seniman itu adalah hal yang biasa, nggak pilih kasih. Kalau memang prestasinya bagus, pasti kami rekomendasikan untuk dibantu, apakah dia akan konser di luar negeri mana, akan dibantu, selama anggaran ada," kata Asiantoro saat dikonfirmasi sebelumnya.

Dia menjelaskan Pemprov DKI Jakarta punya anggaran yang bisa dicairkan untuk seniman yang dianggap layak diberangkatkan ke suatu acara di luar negeri, bahkan untuk konser di luar negeri. Pihak dinasnya bisa memberikan rekomendasi semacam itu ke Biro Administrasi Keuangan Sekretaris Daerah (AKAS) DKI.

"Kalau Ratna Sarumpaet kan memang senior, sudah senior dia ini. Tapi saya lagi nyari, kapan dia dikirim," kata dia.
 

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta memastikan pihaknya mensponsori Ratna Sarumpaet untuk mengikuti kegiatan di Chile. Namun, keberangkatan Ratna tanpa didampingi pejabat Pemprov DKI Jakarta.

"Sendiri dia, sendiri," kata Plt Kepala Disparbud DKI Asiantoro kepada detikcom, Jumat (5/10/2018).


Ratna diketahui mengajukan sponsor ke Pemprov DKI Jakarta. Gubernur Anies Baswedan meminta Disparbud memfasilitasi Ratna.

Add caption


"Disposisi Bapak Gubernur ke Dinas Pariwisata dan Kebudayaan adalah difasilitasi dan didukung serta TL (tindak lanjut) sesuai ketentuan," kata Plt Kepala Disparbud, Asiantoro, dalam keterangan pers tertulisnya.
Disposisi itu diteruskan ke Bidang Nilai Sejarah dan Budaya, ditindaklanjuti dengan membuat nota dinas ke Biro Administrasi Sekretariat Daerah (ASD), yang punya tugas mengurusi perjalanan dinas.
"Dinas Parbud melakukan pengaturan perjalanan Ratna Sarumpaet sekaligus membantu berkoordinasi dengan pihak panitia Women Playwrights International. Dan dijadwalkan Bu Ratna akan tampil di opening tanggal 7 Oktober 2018," kata Asiantoro.

Acara yang hendak dihadiri Ratna adalah The 11th Women Playrights International (WPI) Conference 2018 di Santiago, Chile. Letter of invitation acara tersebut telah dikirimkan kepada Ratna tertanggal 17 Oktober 2017. Dalam suratnya, panitia penyelenggara mengundang Ratna sebagai salah satu juru bicara dan ikut membagikan pengalamannya kepada para peserta. Juga mengikuti berbagai kegiatan lainnya.(detik.com)

Comments
0 Comments

0 comments