Infomenia

Sabtu, 21 Juli 2018

Suami Kembali Jadi Tersangka, Inneke Koesherawati Diamankan dan Berstatus Saksi

 Gambar terkait

Infomenia.net - Fahmi Darmawansyah ditetapkan KPK sebagai tersangka dugaan suap terhadap Kalapas Sukamiskin Wahid Husen terkait fasilitas di sel Lapas Sukamiskin. Istri Fahmi, Inneke Koesherawati masih berstatus saksi.

"IK (Inneke Koesherawati) statusnya masih didalami, statusnya masih saksi," ujar Wakil Ketua KPK Saut Situmorang di gedung KPK, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Sabtu (21/7/2018)

Inneke Koesherawati diamankan di kediamannya di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Wakil Ketua KPK Laode M Syarif menyebut Inneke ikut dibawa ke gedung KPK karena diduga mengetahui suap suaminya ke Kalapas Sukamiskin Wahid Husen.

"Penyidik mencurigai IK tahu sebagain info yang ada di sini, maka dia minta keterangan," kata Syarif.

Selain Wahid Husen dan suami Inneke, KPK menetapkan staf Wahid Husen bernama Hendry Saputra dan napi pendamping tahanan Fahmi, Andi Rahmat sebagai tersangka

"Diduga WH (Wahid Husen), Kalapas Sukamiskin menerima pemberian berupa uang dan 2 mobil dalam jabatannya sebagai kepala lapas Sukamiskin sejak Maret 2018 terkait dengan pemberian fasilitas, izin luar biasa, dan lainnya yang tidak seharusnya kepada narapidana tertentu," kata Syarif.

KPK menemukan adanya uang sejumlah Rp 139.300.000 dari dalam sel lapas napi korupsi Fahmi Darmawansyah. Selain itu, ada sejumlah catatan terkait sumber uang.

"Dari sel FD, tim mengamankan uang Rp 139.300.000 dan sejumlah catatan sumber uang. Dari sel AR tim mengamankan uang Rp 92.950.000 dan USD 1.000. Di sel AR tim juga mengamankan dokumen pembelian dan pengiriman mobil Mitsubishi Triton dan kuncinya," papar Syarif.


Petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan enam orang dalam operasi tangkap tangan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Sukamiskin Bandung, Jawa Barat. Selain Kalapas Wahid Husen, terdapat juga artis Inneke Koesherawati dan suaminya, Fahmi Darmawansyah. 

Operasi penangkapan berlangsung dari Jumat (20/7) malam hingga Sabtu (21/7/2018) dini hari. Petugas KPK langsung membawa mereka ke Gedung KPK untuk menjalani pemeriksaan.

Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif mengakui enam orang diamankan dalam penindakan di Bandung. Selain itu, sejumlah barang bukti juga diamankan. 

”Antara lain uang tunai rupiah dan valas yang saat ini sedang dihitung. Selain itu diamankan juga kendaraan,” kata Laode di Jakarta. Dia enggan mengungkapkan perkara yang terkait dengan penangkapan ini. ”Hasilnya nanti akan disampaikan melalui konferensi pers,” kata dia.

Kemunculan nama Fahmi Darmawansyah cukup mengejutkan. Pengusaha muda ini sebenarnya berstatus terpidana kasus korupsi dan sudah menjalani hukuman 1,5 tahun di penjara sejak ditahan pada Desember 2016. 

Nama Fahmi menyita perhatian publik ketika menikah dengan Inneke Koesherawati pada 2 April 2004. Siapa tak kenal Inneke? Di era 1990-an dia dikenal sebagai salah satu artis papan atas Indonesia. 

Akad nikah berlangsung di Menteng dan resepsi digelar di Menara Saidah, Jakarta Selatan. Bukan hal aneh meningat Fahmi adalah putra pemilik Menara Saidah, Saidah Abu Bakr Ibrahim. Dengan status Fahmi sebagai pengusaha muda, pernikahan selebritas itu pun berlangsung glamor. 

Inneke merupakan selebritas kedua yang dinikahi Fahmi. Pada 1993 dia membina biduk rumah tangga dengan artis sinetron Yana Zein. Namun perjalanan rumah tangga itu berakhir dengan perceraian. 

Sebagai pebisnis, Fahmi dikenal pula sebagai Direktur Utama PT Merial Esa dan PT Melati Technofo Indonesia. Belakangan, sepak terjang bisnis itu yang mengantarkannya ke penjara.

(okezone & detik.com)

Comments
0 Comments

0 comments