Infomenia

Rabu, 31 Januari 2018

Hoax Viral, Sholat Jokowi Menjadi Imam tidak Syah, Ini Penjelasan Wartawan yang Berada di Lokasi


Infomenia.net - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi imam salat di masjid Istana Kepresidenan Agr, Kabul, Afghanistan. Namun ternyata banyak berita yang mengabarkan sholat Jokowi tidak syah sebagai imam sehingga harus diulang.


Jokowi menjelaskan saat itu dia bersama jemaah lainnya selesai melakukan salat zuhur yang diimami oleh imam masjid Istana Kepresidenan Agrt. Selanjutnya Jokowi hendak melakukan salat jamak taqdim, yakni penggabungan pelaksanaan dua salat dalam satu waktu dengan cara memajukan salat yang belum masuk waktu ke dalam salat yang telah masuk waktunya.


Jokowi pun mengatakan hal itu sudah biasa dilakukan. Dia pun heran kenapa hal tersebut lantas menjadi ramai diperbincangkan.


"Yang pertama, itu kan salat zuhur, imamnya dari imam masjid di sana. Kemudian, kita ingin jamak taqdim melanjutkan ke asar, saya maju. Ya biasalah. Apa sih yang diramaikan? Apa?" kata Jokowi saat ditemui wartawan di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (31/1/2018).

Selain itu Ahmad Fawad Lami, penyiar TV VOA Afghanistan, yang pertama kali membagikan foto tersebut ke akun Twitter-nya, @fawadlameh. juga menjelaskan di twitternya.

Foto itu lantas banyak dipertanyakan warganet. Sebab, dalam video dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden yang sudah beredar sebelumnya dan banyak diberitakan media, Presiden Jokowi-lah yang menjadi imam shalat.
Berikut penjelasan Ahmad Fawad Lami saat diberondong pertanyaan dari netizen.




Salat tersebut berlangsung di Masjid Istana Kepresidenan Agrt, Kabul, Afghanistan. Dari foto yang dikirimkan Biro Pers Sekretariat Presiden, terlihat Jokowi menjadi imam salat dan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani beserta beberapa ulama di negeri itu menjadi makmumnya.

Sebelum menunaikan salat, Jokowi dan Ahsraf Ghani juga sempat bertukar tutup kepala. Presiden Ghani menyerahkan dan memasangkan penutup kepala berupa lilitan sorban dan baju jubah khas Afghanistan ke Jokowi. Sedangkan Jokowi menyerahkan dan memasangkan sebuah peci khas Indonesia berwarna hitam ke Presiden Ghani
sumber: detik.com

Comments
0 Comments

0 comments