Infomenia

Sabtu, 18 Maret 2017

Ini Denah Masjid dan RPTRA Makam Mbah Priok yang Segera Dibangun Ahok



Infomenia.net -Setelah ditetapkan sebagai Cagar Budaya, Komplek Makam Mbah Priok, Al-Habib Hasan Alaydrus di Koja, Tj Priok akan segera dibangun masjid, RPTRA dan bangunan-bangunan pendukung lainnya.

Terlihat dari denah yang kami terima, Komplek Makam Mbah Priok akan menjadi pusat wisata religi sekaligus ruang publik terpadu yang ramah anak. Di kompleks makam dibangun masjid dengan konsep apung 
Selain itu akan juga dibangun RPTRA dengan fasilitasnya, seperti taman hijau dan bermain, lapangan futsal dan Taman Pendidikan Al-Quran (TPA). Komplek ini juga akan tersedia koperasi dan toko-toko sebagai kegiatan ekonomi dalam bentuk UKM.


Dalam komplek makam juga akan merenovasi gedung-gedung penunjang yang sudah ada seperti kantor, gudang, dapur umum, dapur kebuli dan kandang. Pengurus Makam dan murid-murid Mbah Priok memang memelihara kerbau, sapi, kambing dan ayam kampung yang menjadi kebutuhan kalau ada acara selamatan.
Fasilitas baru disediakan seperti kompleks pemakaman untuk pengurus makam Mbah Priok yang nantinya akan menjadi Yayasan Pengurus Cagar Budaya Makam Mbah Priok.
Pada Sabtu 4 Maret 2017, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menetapkan makam Mbah Priok sebagai salah satu cagar budaya.
Ahok langsung diiring masuk ke lokasi makam Mbah Priok. Di sana dia juga sempat membaca doa diiringi musik rebana. Usai berdoa, Ahok berkeliling bersama para pengurus masjid ke lingkungan makam. “Saya merasa senang dan terhormat (berada di sini),” kata Ahok dalam sambutannya di salah satu ruang majelis kompleks makam Mbah Priok.
“Saya tahu ada sempat ada masalah tanah di Pemprov soal makam Mbah Priok ini, tapi bersyukur semua sekarang sudah selesai dan kawasan ini dilindungi undang-undang,” kata Ahok sambil disahuti teriakan ‘Merdeka’ dari para jemaah.
Peresmian Cagar budaya ini juga ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan Gubernur dari Ahok kepada salah satu keturunan Hasan bin Muhammad Al Hadad –nama asli Mbah Priok– yaitu Abdullah Sting Alaydrus. “Saya mewakili Habib Hasan mengucapkan terimakasih kepada Pak Ahok. Saya juga doakan agar terus menjadi Gubernur yang baik,” kata Habib Sting.
Acara peresmian itu ikut dihadiri ratusan jemaah yang juga tengah berziarah dan diakhiri dengan makan bersama.
(suaraIslam)

Comments
0 Comments

0 comments