Infomenia

Kamis, 26 Januari 2017

Yes.......Survei Alvara: Elektabilitas Ahok Unggul Dibanding Agus dan Anies Baswedan



Infomenia.net -Alvara Research Center merilis hasil survei terkait kontestasi kandidat di Pilgub DKI Jakarta. Hasilnya, pasangan calon nomor urut 2 Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat unggul, disusul oleh pasangan calon nomor urut 1 Agus Yudhoyono-Sylviana Murni serta pasangan calon nomor urut 3 Anies Baswedan-Sandiaga Uno. 

Survei dilakukan pada tanggal 11-17 Januari 2017 dengan 1.200 orang warga DKI yang menjadi responden. Responden dipilih dengan metode multistage random sampling. Hasil survei memiliki margin of error 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. 

CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali mengatakan survei dilakukan untuk mengukur elektabilitas para pasangan calon. Responden diberi pertanyaan 'Jika Pilgub DKI Jakarta dilaksanakan hari ini, maka responden memilih pasangan?'. 

"Ternyata, saat dilakukan survei, pasangan nomor urut 2 Basuki-Djarot paling tinggi, yakni 34,8 persen. Di peringkat kedua, pasangan Agus-Sylvi 31,8 persen, kemudian Anies-Sandi 22,2 persen," kata Hasanuddin dalam konferensi pers di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (26/1/2017). 

"Yang belum memutuskan 11,3 persen," lanjutnya. 

Meski unggul, posisi Ahok-Djarot belum aman. Hasanuddin mengatakan keunggulan Ahok-Djarot belum signifikan sehingga Pilgub DKI 2017 mungkin berlangsung dalam dua putaran.

"Secara elektabilitas, meski pasangan Basuki-Darot unggul, keunggulannya masih belum signifikan sehingga pilkada DKI Jakarta berpotensi dua putaran, di mana pasangan Agus-Sylvi dan Basuki-Djarot berpotensi maju di putaran kedua," jelas Hasanuddin. 

Ia mengatakan, dari hasil survei, terlihat bahwa tiap kandidat sudah memiliki citra tersendiri di mata pemilih. Masing-masing kandidat punya diferensiasi. 

Dia memaparkan pasangan Agus-Sylvi dinilai masyarakat sebagai pasangan yang nasionalis, berjiwa pemimpin, dan muda. Pasangan Ahok-Djarot dicitrakan perbuatan sesuai dengan perkataan, mampu membuat perubahan, dan pekerja keras. Pasangan Anies-Sandiaga dinilai pintar, intelektual, cerdas, berwibawa, dekat dengan rakyat, dan religius. 

"Pemetaan citra ini (menunjukkan) pemilih DKI sangat paham kekuatan dan kelemahan masing-masing kandidat," sambungnya. 

Menurut Hasanuddin, sejauh ini hampir seluruh masyarakat DKI sudah sangat mengenal pasangan cagub yang akan mengikuti pilkada 2017. Rata-rata mereka mengetahui lewat televisi.

"Ternyata, kalau kita lihat, pengaruh TV itu sangat dominan. Jadi mereka di atas 90 persen tahu kandidat dari TV. Baru dari media lain," urai Hasanuddin. 

Comments
0 Comments

0 comments