Infomenia

Rabu, 28 Desember 2016

Aktivis Muslimat NU Skak Mat Rizieq Shihab Soal Tuhan Yesus Kok Beranak..???



Infomenia.net -"TUHAN KOK BERANAK???"
(Penjelasan seorang Muslimah NU kepada Habib Rizieq & para Wahabi yang suka memancing keributan)

 “Kalau Tuhan beranak, yang jadi bidannya siapa?”


Pertanyaan Habib Rizieq ini saya rasa lebih asyik untuk dibahas daripada pernyataan Ahok yang sudah jelas maksudnya apa, yaitu hanya mengkritisi politisi yang memanfaatkan ayat–ayat untuk kepentingannya sendiri.


Berbeda dengan pernyataan Ahok yang memang niatnya bukan menyinggung agama, tapi lebih kepada menyinggung politisi agama; pernyataan Habib Rizieq ini malah masuk ke dalam dan menyentuh dasar keimanan Kristen sendiri.


Namun sayang, sudah terlanjur basah tapi yang keluar hanya pertanyaan dangkal seperti itu. Pernyataan Habib Rizieq kemarin saya nilai tidak berbobot. Bobotnya tidak lebih dari kebanyakan salah paham muslim-muslim yang belum pernah belajar perbandingan agama sebelumnya. Muslim yang sama sekali tidak mengerti dengan apa yang ia bicarakan.


Dia masuk ke dalam, menyentuh dasar, tapi kualitasnya hanya setara dengan pertanyaan anak sekolah minggu / santri kecil. Muslimah seperti saya saja yang suka belajar agama bisa menjelaskannya dengan mudah.


*Siapa sih Yesus itu?*


Pertama–tama kita harus mengerti terlebih dahulu posisi Yesus di mata Kristiani. Ya, lepas dahulu kacamata Islam kita yang penuh dengan doktrin dan ayat-ayat Quran tentang nabi Isa agar dapat melihat dengan jelas perspektif Kristiani terhadap Yesus. (lepasin perspektif islamnya, bukan lepasin agama islamnya yach)


Bagi umat Kristen, Yesus adalah Tuhan yang berinkarnasi (=menjelma) menjadi manusia, bukan manusia yang diangkat menjadi Tuhan seperti yang selama ini disalah pahami ummat Muslim. (Red : menurut perspektif Kristen, manusia tak mungkin jadi Tuhan. Tapi Tuhan Maha Kuasa, jadi Tuhan bisa menjelma menjadi apapun, termasuk menjadi manusia. Menyangkal bahwa Tuhan bisa menjelma menjadi manusia, berarti menyangkal Kemahakuasaan Tuhan)


Hal ini bukan tanpa dasar. Mereka melihat banyaknya nubuatan mengenai kedatangan Messiah, sang pembebas, Tuhan yang mengambil rupa manusia ini dari kitab Taurat, kitabnya para Yahudi. Kitab yang sama yang juga memuat cerita mengenai nabi Adam AS, nabi Ibrahim, dan nabi Musa AS.


Ummat Islam mungkin akan sulit mengerti ajaran Kristen mengenai kodrat ganda Yesus : "sepenuhnya insani" (kamil bi al-nasut), sekaligus "sepenuhnya ilahi" (kamil bi al-lahut) sebagai Kalimatullah. 


Agar mengerti, kita mungkin dapat membandingkannya dengan ajaran Islam sendiri mengenai kitab suci al-Quran al-Karim


Bagaimanapun, sebenarnya konsep dalam Kristen ini juga ada dalam Islam, dengan posisi Yesus dalam iman Kristen dibandingkan sejajar dengan posisi al-Qur'an dalam iman Islam. 


Perbandingannya bukan Yesus dengan nabi Muhammad. Karena dalam Islam, nabi Muhammad sekedar penerima Firman Allah, padahal dalam Kristen Firman-Nya adalah Yesus itu sendiri

Sebaliknya, posisi nabi Muhammad sejajar dengan Maria (Maryam), karena keduanya adalah "sarana turunnya Firman ke dunia" menurut keyakinan masing-masing. 

Secara teologis, keperawanan Siti Maryam juga paralel dengan kebuta-hurufan nabi Muhammad (Nabi al-Ummi). Karena fakta bahwa Maria tetap perawan dan nabi Muhammad buta huruf, menegaskan kemurnian Firman Allah, tanpa intervensi atau campur tangan manusia


Jadi sebenarnya ada hubungan paralel antara keyakinan Kristen mengenai Firman Allah yang menjadi manusia dengan keyakinan Islam akan Kalam Allah yang kekal yang turun menjadi al-Qur'an atau nuzul al-Qur'an.


Kalau Yesus itu Tuhan/Firman Allah/Kalimatullah, kenapa dia butuh makan? Kenapa dia bisa mati? Kenapa..... 


Salah satu hal yang sering menjadi olok-olok kepada kaum Nasrani adalah ketika orang awam membenturkan sifat keTuhanan Yesus dengan kodratnya sebagai manusia. Rata-rata karena mereka tidak paham sifat "sepenuhnya insani" (kamil bi al-nasut) dan "sepenuhnya ilahi" (kamil bi al-lahut) yang dimiliki Yesus diatas. 


Yesus adalah 100% Allah (dlm kapasitasnya sbg Firman Tuhan) namun juga 100% manusia (dlm fisik insaninya). Sama persis dengan Al Quran yang 100% Kalimatullah dan 100% buku.


Secara fisik mungkin buku tersebut dapat rusak, robek, atau bahkan terbakar sampai habis, bukan? Namun ketika Al Quran rusak secara fisik, apakah artinya Firman Allah juga telah rusak? Tentu tidak. 


Yesus pun dalam rupanya sebagai manusia tentu dapat mengalami kerusakan secara fisik - merasakan rasa sakit, lapar, mati (namun bangkit lagi). Tapi kerusakan secara fisik tentu tidak berpengaruh apa-apa terhadap statusnya sebagai Firman Allah. Apalagi sampai hal-hal fisik ini dipandang sebagai bukti bahwa Yesus bukan Firman Allah.


Mungkin lho ya, olok-olok kaum awam ini dipandang oleh umat Nasrani sebagai hal yang tidak lucu sama sekali sekaligus menyedihkan. Bukan, bukan karena mereka sedang tersinggung sehingga merasa olok-olok itu tidak lucu. Tetapi lebih kepada rasa miris karena mengetahui pemahaman pengolok-olok itu terlalu dangkal.


Sama mirisnya ketika kita kedatangan orang yang niatnya menghina Al Quran yang kebetulan ketumpahan kopi: “Iiihh.... Kok lucu sih Firman Allah bisa rusak ketumpahan kopi? Bukan Firman Allah tuh namanya kalau bisa rusak!”.


Kalau kamu dengar olok-olok itu apakah kamu tersinggung? Apakah menurutmu olok-olok itu lucu? Tentu tidak. Kita tidak merasa lucu bukan karena kita merasa tersinggung. Kita merasa tidak lucu karena memang olok-olok itu sangat menyedihkan. Menggunakan sifat2 fisik sebuah buku untuk menyangkal Quran sebagai Kalimatullah adalah sesuatu yang sangat tidak nyambung. Ini menunjukkan dengan jelas kapasitas dan volume otak si pengolok.


Konsep ‘Dualisme’ Yesus (Kalimatullah-manusia) dan Quran (Kalimatullah-buku) ini juga bukanlah sebuah konsep yang dibuat-buat hingga terkesan unik bin antik, dimana suatu hal ternyata dapat memiliki 100% sifat A namun sekaligus juga memiliki 100% sifat B (sesuatu yang menjadi anggota himpunan sifat A dan B yang saling lepas).


Dalam dunia science, cahaya juga memiliki sifat 100% partikel namun secara bersamaan juga memiliki sifat 100% gelombang. Tapi bagaimanapun juga, kita tidak bisa membenturkan segala hasil eksperimen yang menunjukkan bukti cahaya adalah partikel untuk menyangkal fakta bahwa cahaya juga merupakan gelombang. Begitupun sebaliknya. 


Hal ini karena memang tidak nyambung. Yang mau diuji apa, parameternya apa

Ibarat kita yang adalah 100% anak ibu, namun juga merupakan 100% anak dari bapak kita. Fakta bahwa hidung kita mirip ibu tidak lantas bisa dipertentangkan untuk menyangkal bahwa kita bukan anak dari bapak. Begitupun dengan fakta bahwa mata kita yang mirip bapak tidak bisa dijadikan bukti bahwa kita bukan anak dari ibu.

Lebih tepat kalau mau mempertanyakan Yesus adalah Tuhan atau bukan, ujilah apakah Ia pernah berbuat dosa atau tidak (karena kodrat manusia adalah berdosa). Dengan unsur Ilahi pada beliau, adakah mukjizat besar yang Ia perbuat dimana mukjizat ini hanya bisa dilakukan Allah sendiri? Membuat sesuatu menjadi mahkluk hidup, misalnya. Dst, dst.


Sama halnya dengan jika kita ingin menguji Al Quran adalah Firman Allah atau bukan. Ujilah apakah Al Quran pernah bertentangan dengan sifat kemanusiaan atau tidak. Apakah ada ayat Al Quran yang isinya memerintahkan perbuatan jahat, seperti mencuri atau membunuh misalnya. Dst, dst.


*Lantas waktu Yesus turun ke dunia siapa yang ngatur alam semesta?*


Mengatur alam semesta tidak ada hubungannya dengan hadirnya Yesus di dunia. Kita ummat Islam juga percaya kan bahwa Allah memiliki sifat omnipotent (maha kuasa) dan omnipresent (maha hadir).


Begitupun dengan umat Kristiani. Saat kita percaya bahwa Allah sedang hadir menjawab doa kita sekarang, tentu tidak perlu menyangsikan kemampuanNya dimana pada saat yang bersamaan Ia juga bisa hadir di tengah-tengah saudara kita di belahan dunia lain. Bukankah Allah itu Maha Kuasa?


*Apakah benar Yesus adalah anak biologis Tuhan?*


Teman-teman harus paham bahwa ummat Nasrani memiliki pemahaman yang sama dengan Islam, yakni Tuhan itu tidak beranak. 


Bible tidak mengajarkan Allah melakukan hubungan biologis dengan Maryam sehingga melahirkan allah baru, yaitu Tuhan Yesus Kristus. Inilah pemahaman sebagian umat Muslim yang salah. 


Banyak dari mereka menganggap Tuhannya Nasrani itu ada 3: Tuhan Bapa, Tuhan Istri (Maryam), dan Tuhan Anak (Yesus). Mereka yang mempunyai pemahaman demikian, bahwa Yesus anak biologis Tuhan, sulit membedakan antara bahasa figuratif dan bahasa harfiah.

Tapi anehnya, bila mendengar kalimat “Muhammad adalah kekasih Allah” mereka tahu ungkapan tersebut hanya kiasan, sedangkan saat mendengar kata “Anak Tuhan” mereka langsung mengartikannya secara harfiah.

Kiranya kita mengerti bahwa Bible dan orang Nasrani manapun (bahkan bid’ah Nasrani paling melenceng seperti Saksi Yehuwa atau Mormon sekalipun) tidak ada yang mengajarkan Isa Al-Masih adalah hasil hubungan biologis antara Allah dan Siti Maryam!


*Kalau Yesus bukan anak biologis Tuhan, trus kenapa dia disebut “Anak Tuhan”?*


 Anak Tuhan itu hanyalah istilah, sayang. Sama halnya dengan anak kunci atau anak tangga. Kunci dan tangga tidak melahirkan anak kunci dan anak tangga bukan? 


Istilah “Anak Tuhan” disematkan kepada Yesus dalam kapasitasnya sebagai manusia. Patut dipahami oleh ummat Islam bahwa istilah anak Tuhan tersebut tidak hanya terbatas untuk Yesus saja. Tiap individu umat Nasrani menyebut dirinya anak Tuhan, oleh karena itu mereka memanggil Tuhan mereka dengan sebutan “Bapa”. Istilah anak dan Bapa ini digunakan untuk menunjukkan kedekatan ummat Nasrani dengan Tuhannya. Layaknya seorang bapak yang memelihara, membimbing, melindungi, dan mendisiplinkan anaknya, begitu pula sikap Tuhan pada ummatNya.


Akhirul kalam, seperti itulah Yesus. Bagi umat Nasrani dia adalah Tuhan yang menjelma menjadi manusia. Jadi tidaklah heran dalam dirinya terkandung atribut-atribut illahi yang tidak dimiliki oleh siapapun, bahkan oleh nabi manapun, seperti dapat menghidupkan orang mati. 


Pun demikian, sosoknya tidaklah lepas dari sifat-sifat kemanusiaan (karena Ia memang menjelma menjadi manusia) seperti dapat merasakan rasa sakit, kantuk, lapar, sekaligus atribut anak Tuhan juga tersemat padanya, sebagaimana umat yang mengenal Allah.


Sementara itu, kita ummat Islam memandang Yesus adalah suci (QS 19:19), dapat meniupkan nafas kehidupan pada tanah liat hingga menjadi burung (QS 3:40), dan banyak hal senada lainnya.

Hendaknya dari hal-hal yang sudah saya paparkan diatas dapat membantu teman-teman untuk memahami iman saudara kita yang beragama Nasrani, sehingga rasa saling menghormati dapat lebih terjalin. Aamiin...

(Aisha Nurramdhani)

Comments
677 Comments

677 comments

«Terlama   ‹Lebih tua   601 – 677 dari 677   Lebih baru›   Terbaru»
22 April 2017 15.15 Delete comments

Oh. . . Ketahuan kn. Semua agma sama ajha ngah bdanya. cuma mnsianya ajha yh sll mebda-bedkan dari sgla sisi. intinya nnti mati jga msuk surga ataupn msuk neraka. ngah ada kan yg ke t4 lain.
aneh2 ajha kalo bcra. .

Reply
avatar
23 April 2017 14.30 Delete comments

Kalo situs abal abal,disaat kamu baca dn tulis opini abal abal kamu dh masuk dn terlingkup seorang munafik kayk lo

Reply
avatar
23 April 2017 23.34 Delete comments

Rambuut mu kurang di tipisin tu jadi pori pori kurang kebuk.

Atau kamu lagi datang bulan minum kiranti dulu biar tenang alam bawah sadar mu

Reply
avatar
23 April 2017 23.34 Delete comments

Rambuut mu kurang di tipisin tu jadi pori pori kurang kebuk.

Atau kamu lagi datang bulan minum kiranti dulu biar tenang alam bawah sadar mu

Reply
avatar
24 April 2017 07.08 Delete comments

Kalo mau lebih valid bisa dibuka video di youtube tentang ceramah Prof. Moshe Sharon dari Hebruw University of Israel. Dia membahas agama Allah itu apa?

Reply
avatar
24 April 2017 22.02 Delete comments

Jangan2 ni orang gak tahu apa itu provokatif...

Reply
avatar
25 April 2017 15.49 Delete comments

Sangat super ibu aisha, smoga bisa menjernihkan semua pemahaman yang salah.

Reply
avatar
25 April 2017 19.49 Delete comments

Manteppppppp banget bu..
Saya seneng dger penjelasan agama diatas..
Ini bru namanya yg betul2 mengerti agama..
Top markotop dah..
GBU bu aisya..

Reply
avatar
25 April 2017 19.54 Delete comments

πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘ thumbs up

Reply
avatar
25 April 2017 19.55 Delete comments

πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘ thumbs up πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

Reply
avatar
25 April 2017 19.57 Delete comments

Yang dimaksudkan persamaan Nabi Muhamad dan Maryam adalah keduanya berperan sebagai penerima Firman Allah/Kalimatullah... Yesus Isa Al Masih adalah Kalimatullah itu sendiri yang menjelma dalam wujud manusia... Umat Kristiani mengatakan Yesus adalah Sabda Allah yang hidup berwujud manusia yang tinggal bersama kita manusia.

Reply
avatar
25 April 2017 21.07 Delete comments

Namamu saja unknown jadi tetap tidak mengerti maksud dari tulisan ibu Aisyah yang begitu sederhana memberi pencerahan ini agar kalian pun mengerti dan bisa memahami kenapa orang Nasarani menyebut YESUS Isa Al Masih adalah ALLAH yang hidup menjelma menjadi manusia. Kenapa Yesus meminta pengikut-pengikutnya berdoa kepada Allah. Jawabannya jelas setiap doa memang harus ditujukan kepada Allah karena saat itu IA berperan sebagai manusia maka Yesus ingin mengajarkan kepada mereka cara berdoa yang benar kepada Allah... contoh sederhananya seperti ini jika engkau adalah seorang raja yang tinggal di sebuah istana megah dan memiliki harta yang berlimpah, suatu hari engkau turun dari singgasanamu di istana dan pergi ke pelosok negeri dengan menyamar sebagai rakyat biasa dalam penyamaranmu engkau banyak menemukan kenyataan bahwa ternyata masih banyak rakyat yang hidup menderita dan mereka takut untuk datang ke istana untuk meminta bantuan kepada rajanya padahal dalam hidup anda bergelimang harta engkau termasuk sebagai raja yang baik, bijak serta pemurah dan suka memberi sedekah kepada rakyat yang datang memohon bantuan daripadanya. Sebenarnya rakyat ingin mendekati raja ke istana tapi mereka takut bagaimana cara kita berbicara dan meminta bantuan raja jika sudah dihadapan raja nanti ??? Nah raja sudah mengetahui bahwa sebenarnya rakyatnya ingin meminta bantuan darinya tapi mereka sulit untuk mengungkapkannya karena tidak cara berbicara yang baik dihadapan raja... Nah untuk mengajarkan rakyatnya agar lebih dekat lagi dengannya maka sang raja yang sudah menyamar sebagai rakyat biasa tadi mengajarkan kepada rakyatnya... pergilah dan mintalah kepada raja apa saja yang kamu butuhkan sesuai dengan apa yang saya ajarkan kepada kamu saat ini....keesokan harinya beberapa di antara rakyat yang menderita tadi pergi ke istana dan mengatakan seperti yang telah diajarkan oleh raja yang menyamar jadi rakyat jelata kemarin. Sungguh kaget bercampur gembira dan senang bahwa ternyata raja berkenan memberi bantuan kepada mereka dengan berbagai macam kebutuhan mereka....dari cerita ini menggambarkan dengan jelas bahwa tidak mungkin sang raja yang sedang menyamar sebagai rakyat jelata tadi mengajarkan kepada orang orang banyak untuk langsung meminta saja bantuan kepada dia yang sedang menyamar tentu orang banyak itu pasti akan heran. Oleh karena itu dengan kecerdikan dan kepandaiannya raja yang menyamar itu mengatakan kepada orang banyak itu pergi dan memohonlah bantuan kepada raja di istana.... Semoga ilustrasi saya ini membuat anda paham mengapa YESUS yang adalah ALLAH telah menjelma menjadi manusia dan mengajarkan kita untuk selalu berdoa dan meminta kepada ALLAH sesuai yang IA ajarkan kepada kita.

Reply
avatar
25 April 2017 22.15 Delete comments

Penistaan karena kalimat yang dikatakan Habieb adalah "jika tuhan beranak bidannya siapa ?"... Ingat kita sama-sama meyakini bahwa Tuhan itu tidak beranak tetapi kenapa Habieb Riziek mengatakan bahwa Tuhan beranak....? Kalimat ini jelas-jelas penistaan.

Reply
avatar
26 April 2017 21.03 Delete comments

Lakum dinukum waliyadin aja bro sisss

Reply
avatar
26 April 2017 23.52 Delete comments

Saya cuma mau tanya sama umat muslim, apa di kitab suci kamu itu, yang kamu katakan turun lsg, tdk ditulis tgn manusia, ada dituliskan untuk membantai umat kristen dan membom greja greja?, kami tdk pernah itu diajarkan seperti itu, mangkanya sy heran ketika ada pertanyaan keberatan pemuka agama kalian yg bicara di televisi "knp kalau Natal dan malam tahun baru, gereja dikawal polisi, kenapa kalau idul Fitri tidak dijaga ketat? ", sy rasa org bodoh aja tau jawabnya "krn umat kristiani tdk pernah diajarkan untuk membantai umat muslim dan membom mesjin tp diajarkan untuk mengampuni dan mengasihi org yg memusuhi kami dan kami tidak diajarkan untuk mengkafir2i siapapun. Jd inti dr pengajaran keimanan kami adalah mengasihi tuhan kami dan mengasihi sesama manusia seperti diri kami sendiri, titik. Masalah ketrinitasan, mau sampe berak darah pun kami menjelaskan,tdk akan masuk keakal fikiran kalian2 yg memang tujuannya cuma mau cari ribut. Jadi percuma dan tidak ada gunanya menjelaskan kapada kalian,cuma buang2 energi.

Reply
avatar
27 April 2017 08.15 Delete comments

Tolong budayakan membaca sebelum komen. Jangan baca judulnya doang.
Org seperti anda yg merusak bangsa

Reply
avatar
27 April 2017 14.55 Delete comments

SAYA RASA TUJUAN PENULIS JELAS.. HANYA MAU MENJELASKAN BAHWA ORANG KRISTEN ITU SEPERTI INI LO MEMAHAMI AGAMANYA... JADI BUKAN MENYURUH ANDA UNTUK PERCAYA... GITU AJA KOK REPOT

Reply
avatar
28 April 2017 02.35 Delete comments

Dari Perkataan Anda, Anda tidak suka atau Benci Terhadap Yesus dan Pengikut Nya.
Jika Anda Benci pd Yesus dan Pengikut Yesus , Tolong Kalian Hapus Nama Isa Almasih dari Quran kalian.

Tidak ada guna nya Nama Yesus / Isa Almasih dlm Wuran kalian Jika kalian masih suka Menghina Yesus / Nabi Isa dlm Quran.

Sebab Jika engkau menghina Nabi Isa sama juga Anda Menghina Nabi Muhammad.

Reply
avatar
28 April 2017 02.42 Delete comments

Saya Mau Jawab , tapi apa guna nya ??
Saya kasih tau pun, anda tidak akan pernah Percaya.
Sebab itu, saya saran kan. Minta Petunjuk dari Allah, tanya sendiri pd Allah tentang "SIAPA YESUS? SIAPA MUHAMMAD & SIAPA ALLAH sendiri ?"

Semoga Anda Di Jawab dalam DOA mu.

Shalom..

Reply
avatar
5 Mei 2017 03.27 Delete comments

intinya agama itu untuk diimani bukan untuk diperdebatkan,karena lebih baik anda mengimani agama anda tanpa mempersoalkan agama orang lain. masalah yang paling sama yaitu kita menyembah Allah yang sama, jl beda tujuan sama

Reply
avatar
8 Mei 2017 19.17 Delete comments

Dasar loe sumbu pendek. Skolah dlu ya bro. Biar tau lebih dlam lagi.jgn cuma badan aja bsar tp sumbi pendek. Wkwkwk

Reply
avatar
9 Mei 2017 22.20 Delete comments

Saya msh meragukan agama penulis..bnyak kerancuan...di dlm alquran bnar ada ayat yg mnyatakn bhwasanya muhammad it kekasih allah.. Konteks nya krna ia manusia yg paling di sayangi oleh allah... Sehingga di sebut kekasih.. Tetap apakah ada di dlm injil yg mnyatakan bhwa sanya yesus it anak tuhan?? Jikalau ada ... Apakah tdk bertentangan.. Smntara yesus it jelmaan dari tuhan .. Knpa msh ada yg mnyebutkan dia anak tuhan..bkankah dia tuhan.apakah ada tuhan yg lbh tinggi??. Dan penulis mnyebutkan secara umum sifat manusia pasti berbuat salah.. Apakah yesus tdk pernah berbuat salah?? Apakah di injil dgn sempurna mnceritakan dari lahir hingga dewasa masa pertumbuhan yesus.. Dan ketika kita berbicara allah it maha kuasa...tp kenapa allah bersusah payah menjelma mnjadi manusia. Mnunggu wkt yg lama Dari bayi hingga dewasa utk mnyampaikan kebenaran?? Kenapa harus allah sendiri yg mnyampaikan kebenaran dan mnjelma sbgai manusia?? Allah it maha suci dia tdak pernah serupa dgn mahkluk nya!! Di mata kami islam..yesus it adalah nabi isa penyampai firman allah..sdangkan kelebihan yg ia miliki adalah mukjizat..mukjizat hanya dtang sekali.. Tdk pernah brulang. Yesus it nabi utusan allah penyampai firman yg d brikan allah.. Yg di kumpulkan mnjadi sbuah kitan yaitu injil.. Dan kami mempercayainya..dan bkal ada nabi terakhir.. Setelah isa.. Nabi pnyempurna agama dan penyempurna akhlak manusia yaitu muhammad saw... Mukjizat nabi muhammad bkan main2 dia pernah membelah bulan!!! Tp dia bkan tuhan melainkan nabi utusan allah.

Reply
avatar
9 Mei 2017 22.20 Delete comments

Saya msh meragukan agama penulis..bnyak kerancuan...di dlm alquran bnar ada ayat yg mnyatakn bhwasanya muhammad it kekasih allah.. Konteks nya krna ia manusia yg paling di sayangi oleh allah... Sehingga di sebut kekasih.. Tetap apakah ada di dlm injil yg mnyatakan bhwa sanya yesus it anak tuhan?? Jikalau ada ... Apakah tdk bertentangan.. Smntara yesus it jelmaan dari tuhan .. Knpa msh ada yg mnyebutkan dia anak tuhan..bkankah dia tuhan.apakah ada tuhan yg lbh tinggi??. Dan penulis mnyebutkan secara umum sifat manusia pasti berbuat salah.. Apakah yesus tdk pernah berbuat salah?? Apakah di injil dgn sempurna mnceritakan dari lahir hingga dewasa masa pertumbuhan yesus.. Dan ketika kita berbicara allah it maha kuasa...tp kenapa allah bersusah payah menjelma mnjadi manusia. Mnunggu wkt yg lama Dari bayi hingga dewasa utk mnyampaikan kebenaran?? Kenapa harus allah sendiri yg mnyampaikan kebenaran dan mnjelma sbgai manusia?? Allah it maha suci dia tdak pernah serupa dgn mahkluk nya!! Di mata kami islam..yesus it adalah nabi isa penyampai firman allah..sdangkan kelebihan yg ia miliki adalah mukjizat..mukjizat hanya dtang sekali.. Tdk pernah brulang. Yesus it nabi utusan allah penyampai firman yg d brikan allah.. Yg di kumpulkan mnjadi sbuah kitan yaitu injil.. Dan kami mempercayainya..dan bkal ada nabi terakhir.. Setelah isa.. Nabi pnyempurna agama dan penyempurna akhlak manusia yaitu muhammad saw... Mukjizat nabi muhammad bkan main2 dia pernah membelah bulan!!! Tp dia bkan tuhan melainkan nabi utusan allah.

Reply
avatar
10 Mei 2017 10.56 Delete comments

Adu pace knapa ko bodoh sekali ka? ? Wkwkwk

Reply
avatar
16 Mei 2017 14.50 Delete comments

saya rasa pemahaman anda itu dangkal sekali, sekarang saya tanya Apa itu TUHAN dan sifat nya

Reply
avatar
16 Mei 2017 14.54 Delete comments

dimana ayat yang menjelaskan yesus berkata aku lah tuhan dan aku menjelmah menjadi manusia, tuhan itu pintar dia harus detail menjelaskan agama nya. di mana otak kontol

Reply
avatar
16 Mei 2017 16.59 Delete comments

Lae sopian,, sya taw kenal kw lae... Sbgai kawanmu saya sarNkan kaw lae masuk kristen dulu baru ngerti apa yg kaw katakan itu,, soalnya masih bnyak lagi perumpamaan d kitab ntar lae banyak2 komentar rupanya tujuan topik udah lari dr komentar2 lae,, mksud ku d sana bkan ngajak2 lae masuk kristen, akan tetapi ada baiknya jga sbelum lae buat komentar tentang kristen sya sarankan masuk kristen dulu,,, malu jga aku lae sbagai kawan lama, klw d tanya para followers d atas siapa itu sopian? Itu kawan mu.. Gak mungkin sya sangkal iya... Saya kenal dia... N sya tahu dia dimana.. Tks sobat.. Kawan lamaaa

Reply
avatar
17 Mei 2017 11.34 Delete comments

Kenapa saya sangat percaya Yohannes 13:13 karena Dia bangkit dan naik ke surga. Klo Dia hanya bangkit dan tidak naik ke surga belum tentu tau surga itu dimana. Adakah manusia yg bangkit dan naik ke surga selain Yesus? Saya rasa belum ada. Itulah kuasa Allah yang menjelma ke manusia

Reply
avatar
18 Mei 2017 18.56 Delete comments

Waduh begitu bencinyakah terhadap Kristen? Kenapa? Adakah agama Kristen diajarkan membenci dan memusuhi agama lain? Kalau ada sy tinggalkan. Bahakan membenci penjahat pun gak ada diajarkan. Heran...

Reply
avatar
20 Mei 2017 21.06 Delete comments

Ada pengakuan Yesus sendiri kok di Yohanes 13 ayat 13:"Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan.
Dr. Zakir Naik gak baca ini ayat boong dia ngaku udh baca sebab katanya dia akan masuk Kristen kalo ada statemen Yesus bahwa Dia Tuhan. Ah pasti nanti ngeles lagi dia...udh biasa

Reply
avatar
20 Mei 2017 22.57 Delete comments

Kata imam SYAFI'I LBH baik diam dari pada berdebat dg ORG2 bodoh.

Reply
avatar
20 Mei 2017 23.08 Delete comments

Penulisnya gagal faham soal islam. Islam abal2.ini jelas2 pendangkalan aqidah

Reply
avatar
20 Mei 2017 23.08 Delete comments

Mungkin muslim tp KTP TOK

Reply
avatar
27 Mei 2017 05.33 Delete comments

OTAK anda yang ABAL-ABAL.
Diisi apa selama ini?
ANDA WARAS?

Reply
avatar
27 Mei 2017 13.34 Delete comments

Menurut saya pribadi..Lakum Dinukum Waliyadin sudah cukup untuk menjadi dasar saling menjaga (dan menghormati) keyakinan masing-masimg..karena ranah keyakinan kembali lagi ke masalah yang paling pribadi...rahayu

Reply
avatar
30 Mei 2017 02.18 Delete comments

Mas jalal, stiap agma punya pndngan sndri trhdap keykinan yamg di anutnya.. Jdi kalau mas hnya mndalami satu ajran yg mas yakini.. Mas ngga akn pham tnntang ajran org lain.. Sprti pepatah, tak kenal mka tak syang... Jadi.. Mas ambil Bagiannya mas,kmi jga ambil bgian kmi.. Spya jngan sling rbut bgian org lain.. Gtu mas jalaludin bin mahmud...

Reply
avatar
30 Mei 2017 02.23 Delete comments

Memang bdok asl jwab aja.. klau cuma blajar tntang muslim ya muslim aja... Jngan so2an tnggapi kykinan org lain... Anda mngrti arti dari " KEYAKINAN "..??

Reply
avatar
30 Mei 2017 02.34 Delete comments

Ini lagi jwaban orang bebal... Anda paham tentang kta " KEYAKINAN "

Reply
avatar
31 Mei 2017 08.53 Delete comments

dear ibu Aisah, muslimah yg sdh membaca kitab2 agama langit. saya mau tanya adakah referensi ayat/firman Tuhan dalam Quran yg menyebutkan bahwa Yesus adalah Tuhan yg menjelma menjadi manusia?. ada referensi masa kehidupan yesus setelah kelahiran ajaibnya dari anak2, remaja sampai dia dewasa dikenal sbg pembawa dan menjelma sbg firman tuhan? apa yg dia kerjakan di masa itu

Reply
avatar
6 Juni 2017 02.53 Delete comments

Hmm.. Berdamailah dgn hati kalian kawan, khusus penulis yg 'kemungkinan' seorang JIL (jika dia ngaku Muslim)
�� gak Capek tuh nguras otak utk sebuah apologi ttg trinitas ��
Ayolah teman jgn malu2 mengimani kitab yg sejak 1400 tahun lalu tdk pernah direvisi setiap tahun menurut kehendak yg punya kepentingan ������

Reply
avatar
8 Juni 2017 10.52 Delete comments

iku gak kuwalik tha mas nek fpi gk seneng NKRI seng metu kudune fpi kok malh arek2 seng seneng NKRI KOK seng metu ko negoro ne anda sehat tha ojo rumongso bener dewe delok en jithok mu akeh i istifar mu

Reply
avatar
14 Juni 2017 13.21 Delete comments

#masMHD spy lbh paham, 1.injil itu sprti,cerita/skenario/buku(pljrn).Tuhah Yesus=artis,pelaku,guru yg memberi penjelasan dr cerita tsbt,agar buku,crta,skenario bisa dipahami mgrti oleh penonton/pembaca.paham?!
2.Knpa klau TUHAN mnjelma jd manusia.klau anda lulus sklh psti anda ngg tanya bgtu.mas,sepantasnya TUHAN YESUS jd manusia krn klau binatang/tumbuhan maka firman ALLAH(TUHAN) itu sulit,tdk akn dikenal/dipahami manusia.krn dlm Alkitab,manusia adl ciptaan ALLAH paling sempurna,mulia,dan segambar dgn rupa ALLAH.masa kalau TUHAN YESUS anak ALLAH kok menjelma jd binatang/tumbuhan??paham?
3.Next,knpa TUHAN YESUS rela menderita,dimaki,siksa dan mati?klau mmg utk mengampuni knp ngg lgsg diampuni sja? Mas MHD sophian sagala yg dikasihi TUHAN, isi firman ALLAH adl prjalann hidup manusia,smua dicatat dstu,yg baik/jahat ada,taukan?TUHAN YESUS dtg kedunia krn ALLAH melihat kehidupan manusia dibumi bgtu seram shga ALLAH mengaruniakn Anaknya yg tgl utk dtg kedunia membwa kelepasan,kelegaan lwt mengabarkn injil,mengabarkn kebenaran Alkitab agar manusia berbalik kpd ALLAH.TUHAN YESUS dtg bkn utk bersenang2,bkm utk brperang,bkn utk dilayani tp melayani(sprti paman Ahok),bkn utk hdp membunuh,menfitnah,Dia tdk kawin2an,tdk ikut berperang,dll.Dia dtg utk menggenapi isi kitab2,Alkitab.Dia dtg mewartakan kebenaran ALLAH,menyembuhkn org sakit,mengadakan mujisat2,orgbuta melihat,lumpuh brjalan,orgmati hidup kembali,memberi makan 5rb org dgn mjisat 5roti,2ikan,mengusir roh setan,menyucikan yg bernoda(bkn mengharam2kn),TUHAN YESUS mengabarkan firman ALLAH tnpa dibayar,tdk menyombongkn diri/berterus trg bhw Dia anak ALLAH.(tpi barangsiapa yg percaya bhw TUHAN YESUS anak ALLAH beroleh hdp yg kekal,amin).apa isi Alkitab/firman ALLAH dijalani TUHAN YESUS(firman ALLAH yg hidup),agar manusiapn melakukan hal yg sma.saat TUHAN YESUS mewartakan kebenaran firman ALLAH,ada bnyak org dzaman itu yg tdk senang,tdk suka,benci,itu krn mereka merasa trsaingi/tdk ingin pengikut2 mereka berubah mengikut TUHAN YESUS,pdhl TUHAN YESUS tdk menyuruh mereka mengikut Dia melainkn mengikut firman ALLAH.krn firmam ALLAH mengajarkn kehidupn bkn kematian/mengajarkn surga,bkn neraka.yg benci TUHAN YESUS wktu itu adl org2 pandai/pejabat/ahli agama.tp TUHAN YESUS ttp bersaksi,mengabarkn kebenaran firman ALLAH.Dia dihina,digoda iblis,dilukai,difitna,dianiaya,disalib kemudian mati.hnya krn mewartakn kebenaran firman ALLAH dan tanpa perlawanan(perang,pedang,pisau,dll)tp rela menderita dan ttp setia pd ALLAH.qra2 mas MHD bisa kayak gtu??cmn TUHAN YESUS,ingat tnpa perlawanan!!knpa kami KRISTEN percaya bhwa kematian TUHAN YESUS adl lambang bhw kami sdh selamat dr maut,sdh diampuni.krn stlh Dia mati pd hr yg ke 3 Dia hidup kembali dan menampakkn diri kpd manusia dgn tubuh yg sempurnah tnp cacat(sbgmna Dia disiksa sblm mati) dan naik ke sorga,hidup utk selama2nya utk kita manusia. Maka disinilah kita manusia yg hidup sekarang bisa berkaca bhw hidup didunia bkn utk brsenang2,perang,bunuh2an kafir2kn,haram2kn,ttp mengabarkan kebenaran ALLAH lwt Alkitab,Alquran,wedah,dll dn melakukan kebaikan dn ttp setia pd ALLAH yg esa.wlpn kita disika,dicaci,dibunuh tp jk kita melakukan kebaikan,melakukan hal yg benar,psti kita akn diselamatkn sprti ALLAH menyelamatkn Anaknya yg tunggal ytu TUHAN YESUS dr kematianNya.jd,barang siapa yg prcaya kpd Anak ALLAH,TUHAN YESUS,dgn firman ALLAH maka dia,kita akn diampuni dr dosa,neraka dan hdp kekal utk slma2nya.(bkn pergi ke mekah,ibadah umroh/haji dn balik indonesia merasa bhw dosa sdh diampuni?)ttpi melakukan isi Firman ALLAH. Paham??
LfkL, GOD Bless,amen.

Reply
avatar
14 Juni 2017 13.24 Delete comments

#masMHD spy lbh paham, 1.injil itu sprti,cerita/skenario/buku(pljrn).Tuhah Yesus=artis,pelaku,guru yg memberi penjelasan dr cerita tsbt,agar buku,crta,skenario bisa dipahami mgrti oleh penonton/pembaca.paham?!
2.Knpa klau TUHAN mnjelma jd manusia.klau anda lulus sklh psti anda ngg tanya bgtu.mas,sepantasnya TUHAN YESUS jd manusia krn klau binatang/tumbuhan maka firman ALLAH(TUHAN) itu sulit,tdk akn dikenal/dipahami manusia.krn dlm Alkitab,manusia adl ciptaan ALLAH paling sempurna,mulia,dan segambar dgn rupa ALLAH.masa kalau TUHAN YESUS anak ALLAH kok menjelma jd binatang/tumbuhan??paham?
3.Next,knpa TUHAN YESUS rela menderita,dimaki,siksa dan mati?klau mmg utk mengampuni knp ngg lgsg diampuni sja? Mas MHD sophian sagala yg dikasihi TUHAN, isi firman ALLAH adl prjalann hidup manusia,smua dicatat dstu,yg baik/jahat ada,taukan?TUHAN YESUS dtg kedunia krn ALLAH melihat kehidupan manusia dibumi bgtu seram shga ALLAH mengaruniakn Anaknya yg tgl utk dtg kedunia membwa kelepasan,kelegaan lwt mengabarkn injil,mengabarkn kebenaran Alkitab agar manusia berbalik kpd ALLAH.TUHAN YESUS dtg bkn utk bersenang2,bkm utk brperang,bkn utk dilayani tp melayani(sprti paman Ahok),bkn utk hdp membunuh,menfitnah,Dia tdk kawin2an,tdk ikut berperang,dll.Dia dtg utk menggenapi isi kitab2,Alkitab.Dia dtg mewartakan kebenaran ALLAH,menyembuhkn org sakit,mengadakan mujisat2,orgbuta melihat,lumpuh brjalan,orgmati hidup kembali,memberi makan 5rb org dgn mjisat 5roti,2ikan,mengusir roh setan,menyucikan yg bernoda(bkn mengharam2kn),TUHAN YESUS mengabarkan firman ALLAH tnpa dibayar,tdk menyombongkn diri/berterus trg bhw Dia anak ALLAH.(tpi barangsiapa yg percaya bhw TUHAN YESUS anak ALLAH beroleh hdp yg kekal,amin).apa isi Alkitab/firman ALLAH dijalani TUHAN YESUS(firman ALLAH yg hidup),agar manusiapn melakukan hal yg sma.saat TUHAN YESUS mewartakan kebenaran firman ALLAH,ada bnyak org dzaman itu yg tdk senang,tdk suka,benci,itu krn mereka merasa trsaingi/tdk ingin pengikut2 mereka berubah mengikut TUHAN YESUS,pdhl TUHAN YESUS tdk menyuruh mereka mengikut Dia melainkn mengikut firman ALLAH.krn firmam ALLAH mengajarkn kehidupn bkn kematian/mengajarkn surga,bkn neraka.yg benci TUHAN YESUS wktu itu adl org2 pandai/pejabat/ahli agama.tp TUHAN YESUS ttp bersaksi,mengabarkn kebenaran firman ALLAH.Dia dihina,digoda iblis,dilukai,difitna,dianiaya,disalib kemudian mati.hnya krn mewartakn kebenaran firman ALLAH dan tanpa perlawanan(perang,pedang,pisau,dll)tp rela menderita dan ttp setia pd ALLAH.qra2 mas MHD bisa kayak gtu??cmn TUHAN YESUS,ingat tnpa perlawanan!!knpa kami KRISTEN percaya bhwa kematian TUHAN YESUS adl lambang bhw kami sdh selamat dr maut,sdh diampuni.krn stlh Dia mati pd hr yg ke 3 Dia hidup kembali dan menampakkn diri kpd manusia dgn tubuh yg sempurnah tnp cacat(sbgmna Dia disiksa sblm mati) dan naik ke sorga,hidup utk selama2nya utk kita manusia. Maka disinilah kita manusia yg hidup sekarang bisa berkaca bhw hidup didunia bkn utk brsenang2,perang,bunuh2an kafir2kn,haram2kn,ttp mengabarkan kebenaran ALLAH lwt Alkitab,Alquran,wedah,dll dn melakukan kebaikan dn ttp setia pd ALLAH yg esa.wlpn kita disika,dicaci,dibunuh tp jk kita melakukan kebaikan,melakukan hal yg benar,psti kita akn diselamatkn sprti ALLAH menyelamatkn Anaknya yg tunggal ytu TUHAN YESUS dr kematianNya.jd,barang siapa yg prcaya kpd Anak ALLAH,TUHAN YESUS,dgn firman ALLAH maka dia,kita akn diampuni dr dosa,neraka dan hdp kekal utk slma2nya.(bkn pergi ke mekah,ibadah umroh/haji dn balik indonesia merasa bhw dosa sdh diampuni?)ttpi melakukan isi Firman ALLAH. Paham??
GOD Bless,amin.

Reply
avatar
19 Juni 2017 16.38 Delete comments

Saran sy bp belajar lgi sampe paham baru bp koment spertinya ibu yg memiliki tulisan ini memeiliki pahama yg sangat baik dan luar biasa
sy jelaskan sedikit buat bp
isa itu kalam Allah
Roh Allah
suci
terkemuka dunia akhirat
hakim yg adil di akhirat
Ayat2 ini sangat jelas memperkenalkan siapa itu Isa

Reply
avatar
20 Juni 2017 08.19 Delete comments

Betuk sekali, penulis pastinya bukan seorang muslim.
Penjelasan terkait agama Islamnya tidak update.

Reply
avatar
20 Juni 2017 08.19 Delete comments

Betuk sekali, penulis pastinya bukan seorang muslim.
Penjelasan terkait agama Islamnya tidak update.

Reply
avatar
20 Juni 2017 08.21 Delete comments

Ulasan penulis terkait dengan Islam masih dangkal.
Sementara ulasan soal Yesus lebih dalam.

Saya curiga jangan2 penulis bukanlah seorang Muslim.

Reply
avatar
Tyu
21 Juni 2017 03.13 Delete comments

Intinya bagi mu agamamu dan bagi ku agamaku beserta keyakinan kalian masing2......yg penting kerja cari nafkah kalo urusan keyakinan itu hak masing2 gitu aja kok bereees daaah

Reply
avatar
26 Juni 2017 15.42 Delete comments

kayanya Tuhan ganyiptain dosa deh .. Tuhan cuman buat larangan.. tapi manusia yang melanggar .. jadilah dosa wkwkw

Reply
avatar
28 Juni 2017 00.29 Delete comments

Ne yg nulis pasti non muslim perumpaannya gak masuk akal. Firman allah diwahyukan untuk rasul dan nabi, bukan nabi yg dijadikan kalamulloh, makanya nabi tu memiliki kitab yg disampaikan pada umatnya. Analogi anda sungguh menyesatkan.

Reply
avatar
29 Juni 2017 03.59 Delete comments

Nabi Musa saat ada perselisihan pembunuhan paman oleh keponakannya sendiri.

Reply
avatar
29 Juni 2017 03.59 Delete comments

Nabi Musa saat ada perselisihan pembunuhan paman oleh keponakannya sendiri.

Reply
avatar
7 Juli 2017 09.31 Delete comments

SEBENARNYA konsep AKIDAH ISLAM sudah jelas, tapi oleh Mbak ini berusaha dikaburkan dengan aneka "akrobat pemikiran". Padahal esensinya, kita jadi MERENDAHKAN MARTABAT ALLAH TA'ALA. Bukankah kaum Nasrani sudah kenyang merasakan kekacauan spiritual, akibat bertuhan kepada makhluk?
.
Dan... "TELAH KAFIR ORANG YANG BERKATA ALLAH ITU ADALAH AL MASIH PUTRA MARYAM" (Al Maaidah: 17, 72).

Reply
avatar
7 Juli 2017 09.33 Delete comments

SEBENARNYA konsep AKIDAH ISLAM sudah jelas, tapi oleh Mbak ini berusaha dikaburkan dengan aneka "akrobat pemikiran". Padahal esensinya, kita jadi MERENDAHKAN MARTABAT ALLAH TA'ALA. Bukankah kaum Nasrani sudah kenyang merasakan kekacauan spiritual, akibat bertuhan kepada makhluk?
.
Dan... "TELAH KAFIR ORANG YANG BERKATA ALLAH ITU ADALAH AL MASIH PUTRA MARYAM" (Al Maaidah: 17, 72).

Reply
avatar
21 Juli 2017 06.02 Delete comments

Trimakasih untuk Ibu Aissah Nuramdany Tuhan Yesus Menjaga Melindungi serta Memberkati Hidupmu...Amien.

Reply
avatar
30 Juli 2017 00.56 Delete comments

Fungsi agama(iman) tentu mengajarkan kebaikan dan tidak menyakiti orang lain... simple saja nih jika agama seseorang baik apakah dia akan menjadi penjajah bagi bangsa lain?? (Coba cek agama para penjajah negara kita apa? Belanda 350 thn menjajah agamanya apa?? Jepang agamanya apa?? Begitu juga negara penjajah lainnya seperti spanyol, portugis, USA, Inggris?? Agamanya apa??... nah jika agama² dari negara tersebut baik/benar apakah mreka akan menyakiti/menjajah/menindas serta melakukan kerja paksa kpd bangsa lain?? Silahkan berpikir ulang... apalagi agama yg kalian anut adalah warisan penjajah...

Reply
avatar
11 Agustus 2017 17.03 Delete comments

Mantab HCM32 aku suka statement anda. Kalau kita merasa lbh menguasai, ya buat artikel yg lbh baik daripada yang Mba Aisyah lakukan. Simple is that.

Reply
avatar
11 Agustus 2017 17.04 Delete comments

Daulah, belajar lagi ya.

Reply
avatar
11 Agustus 2017 17.07 Delete comments

MHD Sopian Sagala, belajar lagi yang bener ya!!! Biar Makin pinter.

Reply
avatar
11 Agustus 2017 20.03 Delete comments

Hahaha coba klo mbak ikut misa di gereja tiap minggu, justru mereka yg sering mengolok2 umat islam dgn istilah domba yg tersesat, sudah di katain domba tersesat lagi, mba aisha domba tersesat

Reply
avatar
19 Agustus 2017 22.36 Delete comments

Orang tolol bin dungu aja yang mau berdebat soal agama karena iman/kepercayaan bukan untuk didiskusikan apalagi diperdebatkan

Reply
avatar
9 Oktober 2017 18.30 Delete comments

Hebat (versi situs ini) !!!, Rayuan dan Tipuan yg mengagumkan ....

Reply
avatar
10 Oktober 2017 17.44 Delete comments

Tuhan kok direkayasa !!!, jika pendapat otak model gini tdk perlu ada agama yg bernama "ISLAM", "NASRANI (KRISTEN, PROTESTAN, KATOLIK)", "YAHUDI", "HINDU", "BUDHA" dll, dan sy meragukan identitas Aisha Nurramdhani ini pun hanya rekayasa/fiktif, untuk Islam pemahaman beragama baik masalah ketuhanan dimasing2 agama, maupun pergaulan manusia antar pemeluk agama sudah jelas dan tegas terkandung dalam Al-Qur'an surat ALKAFIRUN,.... dan untuk sdri Aisha Nurramdhani tolong sampaikan secara simple saja apakah mereka (non Muslim yg mengelola dan membaca situs ini) mau mengatakan dan mempecayai kalimat Taukhid Ω„Ψ§َ Ψ₯ِΩ„َΩ‡َ Ψ₯ِΩ„Ψ§َّ Ψ§Ω„Ω„Ω‡ُ Ω…ُΨ­َΩ…َّΨ―ُ Ψ±َΨ³ُوْΩ„ُ Ψ§Ω„Ω„Ω‡ِ (laa ilaaha illallah muhammadur rasulullah) ???

Reply
avatar
14 Oktober 2017 18.16 Delete comments

Otak dipake Dek, baca dengan cermat baru komentar. Provokatif matamu picek. Yg ada pola pikir mu yg Abal2 Dek.

Reply
avatar
16 Oktober 2017 12.32 Delete comments

Udh dah kalian semua pd urus agama masing2 aje!! Agama lu agama lu, agama gw agama gw, gak usah sok pada koreksi kalo pd gak ngerti juga malah jd mempermalukan diri sendiri loh? Jd yg baca pd pengen ketawa ngakak sampe sakit perut!! Hahahahaha....udh udh semua agama pasti yg benar ngajarin hal2 yg baik, itu aja yg kita pahami dulu, kalo ada agama yg ngajarin utk berbuat jahat misalnya musuhin org yg gak seagama sm kita utk mengadu domba, trus ngajarin utk tdk usah saling bertolerasi dan menghormati bahkan tdk usah saling menghargai perbedaan agama lain di indonesia nah itu baru di bahas!! Berarti hati2 mulai ada ajaran agama sesat di Indonesia ini, bae bae jgn pd ada yg mau jd pengikut ajaran sesat, jd tugas kita sebagai penganut agama yg benar pd selalu jaga deh otak kita jgn sampe ke brainwash dgn begituan dan kuatkan hati kita utk yakinlah terus dgn agama yg kalian sudah peluk itu dan jalani ajaran benarnya!!! Ngapain ngurusin penyebar agama sesat!! Indonesia sudah mengumandangkan kok ada 5 agama resmi dan KE 5 AGAMA itu (ISLAM-KRISTEN-KATHOLIK-HINDU-BUDHA) semua BAIK. Gitu aja kok repot!! PR nya adalah kita jd manusia yg berakalah yg harus terus belajar memperdalam iman kita sesuai agama masing2, agar jgn mudah utk di adu domba sama agama sesat!! Salam Damai...

Reply
avatar
3 November 2017 00.01 Delete comments

Saya sblmnya atheis telah banyak yg saya pelajari dari zabur,injil, hingga ke al quran maaf jikalau penulisanya salah. Pertama zabur isinya tetap dari yg asli keluarnya bgitupun kitab alquran, tp saya tertarik dgn injil keluaran asli sampai sekarang. Maksud saya disini jgn wawasanya bertumpu satu kitab tapi bandingkan dan baca yang aslinya bukan percaya sama ustadnya, kyainya, pendetanya, biksu nya. Pasti anda smua dapatkan jawabanya. Trimksh

Reply
avatar
3 November 2017 00.01 Delete comments

Saya sblmnya atheis telah banyak yg saya pelajari dari zabur,injil, hingga ke al quran maaf jikalau penulisanya salah. Pertama zabur isinya tetap dari yg asli keluarnya bgitupun kitab alquran, tp saya tertarik dgn injil keluaran asli sampai sekarang. Maksud saya disini jgn wawasanya bertumpu satu kitab tapi bandingkan dan baca yang aslinya bukan percaya sama ustadnya, kyainya, pendetanya, biksu nya. Pasti anda smua dapatkan jawabanya. Trimksh

Reply
avatar
3 November 2017 00.20 Delete comments

Yang menulis bukan orang islam intinya itu aja, klo memang niat baik tampilkan postingan saya. Jadi jgn terpancing jebakan.

Reply
avatar
4 November 2017 08.36 Delete comments

Jadi klau begitu yesus bukan tuhan donk. Anak tuhan aja. Jdi klau yesus bukan tuhan jdi siapa tuhan tdk munkin ibu yesus tuhan kan jdi siapa tuhan. Tuhan itu mahaberkuasa mencitkan apa yg dia mau itu akan terjadi. Yaa sprti yesus ini dia di ciptakan tuhan sunggu ajaib karna dia tdk punya bapak. Sama halnya bapak kita ciptakan kita dia yg bikin kita. Tpi tdk mungkin ada kita klau tdk ada seorang ibu kan. Na jadi tuhan menciptakan seorang ibu untuk melahirkan kita. Begitula sebaliknya. Yesus di ciptakan tampa seorang ayah. Karna dia di ciptakan sunggu ajaib dia tdk mpunyai ayah. Karna dia di utus tuhan untuk membingbing org2.. tpi org2.. pdk bodoh semua. dia menyembahnya dia pikir dia tuhan karna tuhan memciptakan yesus sungguh ajaib.dia dpt menyembuhkan org org buta dpt menggidupkan org mati. Itu semua krn tuhan izinkan. Yesus diangkat kelangit karna org2 menyembahnya bahkan dia di namakan tuhan. Sekian smoga anda bpikiran lurus.

Reply
avatar
21 Desember 2017 18.57 Delete comments

Penjelasan ibu itu gak jlimet ko tp cerdas

Reply
avatar
«Terlama   ‹Lebih tua   601 – 677 dari 677   Lebih baru›   Terbaru»