Infomenia

Selasa, 05 Juni 2018

Pembangunan Kampus Universitas Islam Internasional Pertama di Indonesia Resmi Dimulai, Jokowi: UII Sebagai Pusat Peradaban Islam Dunia

Menag Lukman dampingi Presiden dan Wapres pada peletakan batu pertama kampus UIII
  

Infomenia.net - Presiden Joko Widodo telah meresmikan pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) yang terletak di Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Peresmian dilakukan dengan peletakan batu pertama oleh Jokowi yang didampingi Wakil Presiden HM Jusuf Kalla.
Saat memberikan sambutan, Jokowi menyampaikan pembangunan Kampus UIII ini akan memakan waktu selama 4 tahun. Pembangunan kampus berskala internasional ini telah masuk di Proyek Strategis Nasional (PSN).


"Mengenai rencana pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia yang ini sudah digodok, dimatangkan, direncanakan sejak 2 tahun. Jadi ramainya sudah 2 tahun," kata Jokowi di Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Selasa (5/6).  Turut hadir dalam kegiatan itu Wapres Jusuf Kalla, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Menristekdikti M Nasir, Mendikbud Muhadjir Effendy, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan juga Ketua Panitia Pembangunan UIII Wakapolri Komjen Syafruddin.

"Setelah dihitung-hitung habisnya berapa, dilaporkan ke saya kurang lebih Rp 3,5 triliun dan sudah saya masukkan ke Proyek Strategis Nasional (PSN). Tahun ini sudah dimulai dianggarkan Rp 700 miliar. Selesai total 4 tahun," lanjut Jokowi.

Kampus UIII dibangun di atas tanah seluas 142 hektar. Jokowi berharap UIII menjadi pusat peradaban Islam dunia.

"Kita berharap UIII benar-benar jadi pusat kajian, penelitian peradaban Islam di negara kita Indonesia. Karena kita kenal sekarang ini di dunia sebagai negara besar, penduduk muslim terbesar di dunia," ucap Jokowi.

Sementara itu Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menuturkan 30 persen dari 142 hektar akan digunakan sebagai bangunan kampus. Sementara 70 persennya sebagai lahan hijau.

"Kampus ini selain sebagai tempat belajar nantinya juga sebagai tempat pusat peradaban Islam dunia yang ada di Indonesia. Karena selama ini bila menyebut pusat peradaban dunia hanya ada di Arab dan Persia," tutur Lukman Hakim Saifuddin. Bertindak sebagai Ketua Panitia Pembangunan UIII adalah Wakapolri Komjen Syafruddin.(kumparan.com)


Comments
0 Comments

0 komentar