Infomenia

Selasa, 15 Mei 2018

WASPADA...!! 500 Veteran ISIS Pulang Kampung ke Indonesia

 isis, ISIS Pulang Indonesia, isis bom indonesia

Infomenia.net -  Tercatat, sudah ada 500 alumni anggota Islamic State in Irak and Syria (ISIS) asal Indonesia baru kembali dari Syria.

Kabar pulang kampung itu diungkapkan oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian.
Mengenai pengawasan alumni ISIS yang tengah pulang kampung itu, Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto mengaku akan menanyakannya langsung kepada Kepala Densus 88 Antiteror.

"Nanti saya tanya Kadensus 88 dulu. Saya tanya dulu ya. Saya kan tidak semuanya harus tahu," katanya di Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Senin (14/5).

Namun yang pasti, lanjut Setyo, pengawasan perlintasan orang dari luar negeri masuk ke Indonesia merupakan wewenang Direktorat Jenderal Imigrasi.

"Di titik pemeriksaan, imigrasi. Kalau orang-orang asing yang masuk Indonesia, kalau dia melakukan tindak pidana maka itu tugasnya polisi," jawabnya.

Biasanya, imigrasi memberi tahu kepada pihak Kepolisian jika ada orang-orang yang dicurigai melakukan tindak pidana atau terafiliasi dengan ISIS.


 Namun, saat ditanya apakah sudah ada koordinasi tersebut, Setyo mengaku belum mengetahuinya.

"Saya belum tahu. Jangan paksa saya jawab sekarang," pungkas anak buah Tito Karnavian itu.

Sekadar informasi, dalam konferensi persnya di Surabaya, Kapolri Tito mengatakan ada 500 orang yang terafiliasi dengan ISIS kembali ke Indonesia.

Salah satunya, keluarga yang melakukan teror bom bunuh diri di tiga gereja di Surabaya kemarin.

Adapun jumlah mereka yang sudah berangkat ke Syria tercatat lebih dari 1.100 orang dengan 500 di antaranya masih di Syria, 103 meninggal di Syria, dan sisanya dideportasi kembali ke Indonesia.

 "Itu jadi tantangan kita karena mindset mereka ideologinya ISIS," kata Tito.(Jawapos.com)



Comments
0 Comments

0 komentar