Infomenia

Jumat, 26 Januari 2018

Berniat Menggurui Najwa Shihab, Cewek ini Malah Jadi Bahan tertawaan Netizen



Infomenia.net - Merasa pak Anies kelabakan menjawab beberapa pertanyaan pada acara talkshow Mata Najwa kemarin. Lalu pendukungnya membully Najwa Shihab, di medsos. 


Maklumlah, karena terbatasnya pemahaman mereka tentang news anchor. Begini penjelasan dari Nana pada tahun 2014 lalu, jauh sebelum acara itu;

"Narasumber yang doyan ngomong memang kerap menjadi isu pas kita sedang mewawancarai. Karena kita tampil di televisi yang berdurasi, biasanya news ancor kerap memotong pembicaraan. Itu tips yang selama ini dilakukan news anchor. Namun, terkait dengan memotong pembicaraan narasumber ini penonton seringkali enggak begitu suka. Penonton tahu kenapa news anchor memotong, misalnya karena narasumber berbicara berbelit-belit---sengaja atau tidak---sehingga narasumber lain tidak punya kesempatan berbicara. Penjelasan yang berbelit-belit itu pun terkadang enggak menjawab inti permasalahan, makanya dipotong. Lebih dari itu adalah soal durasi”.
[Brilianto K.Jaya; Berguru News Anchor Pada Najwa Shihab; Penerbit Republika; Cetakan I - 2014; Hal.65]

Jadi bukan karena sentimen pribadi antara host dengan narasumber-nya, begitulah pekerjaan profesional. Memang ada perbedaan dengan cara bang Karni Ilyas di ILC, dimana durasi acaranya cukup lama dibanding Mata Najwa. Sehingga narasumber cukup waktu juga untuk menjelaskan secara gamblang. Jadi ingat kata pepatah jaman Orba; "kalau bisa dipersulit, kenapa harus dipermudah?". Kalau gabener jaman now; "kalau bisa berbelit-belit, kenapa harus dipersingkat?".

Beginilah komentar Netizen:

Oleh: Muhammad Riza



Comments
0 Comments

0 komentar