VIDEO: Anies Mendadak Ribut Soal Integrasi Stasiun Kebayoran Lama dan Koridor 13 Yang Dibangun Ahok, Dia Lupa Ada Anggaran Ini?

Anies Mendadak Ribut Soal Integrasi Stasiun Kebayoran Lama dan Koridor 13, Lupa Ada Anggaran Ini?

Infomenia.net -

Anies Mendadak Ribut Soal Integrasi Stasiun Kebayoran Lama dan Koridor 13, Lupa Ada Anggaran Ini?


Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mendadak ribut soal koridor 13 Transjakarta yang tak memperhatikan integrasi dengan Stasiun Kebayoranlama, Jumat (22/12/2017).
Anies mempermasalahkannya saat naik kereta dari Stasiun Kebayoranlama menuju Stasiun Tanahabang, pagi tadi.
Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Trisakti, Trubus Rahadiansyah, menyebut Anies sedang mempertontonkan komunikasi publik yang buruk
Trubus menyebut Anies seolah terus menyerang proyek-proyek yang dikerjakan di zaman Ahok.
Menurut Trubus, seharusnya Anies tak perlu seperti itu karena soal integrasi moda dari Stasiun Kebayoran lama ke koridor 13 sedang dalam proses.
"Kan sudah masuk ke Raperda APBD 2018 soal pembangunan skywalk penghubung stasiun dan Kebayoranlama," kata Trubus.
Bahkan Dinas Bina Marga Pemprov DKI sudah merencanakan skywalk akan dibanvun pertengahan 2018 dengan anggaran untuk perencanaan saja mencapai Rp 389 juta.
Kepala Seksi Pembangunan Jalan Tak Sebidang Dinas Bina Marga DKI, Imam A Nugraha, mengatakan, skywalk membuat masyarakat tak perlu turun ke jalan raya untuk berganti moda transportasi.
"Jadi kalau mau berpindah dari KRL ke Transjakarta cukup melewati skywalk itu saja. Begitu juga kalau mau ke halte bus biasa dan sebaliknya," ujar Imam ketika dihubungi Wartakotalive.com, beberapa waktu lalu
Menurut Imam, panjang skywalk terbilang fantastis untuk Jakarta.
"Diperkirakan skywalk akan dibangun sepanjang 600 sampai 700 meter," ujar Imam.
Lelang akan dimulai pada semester pertama 2018 mendatang. Makanya diperkirakam pertengahan 2018 proyek mulai dikerjakan.



Saat ingin mendatangi Tanah Abang, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memilih naik kereta menuju Stasiun Tanah Abang. Namun, Anies memilih Stasiun Kebayoran sebagai stasiun keberangkatannya meskipun ada stasiun lain yang lokasinya lebih dekat dari Tanah Abang.
Anies turun di pinggir jalan dan berjalan kaki menuju Stasiun Kebayoran dengan didampingi Dirut Transjakarta Budi Kaliwono.
Saat di dalam stasiun, Anies tidak langsung turun tangga untuk naik kereta. Dia malah berjalan sampai ke ujung stasiun yang memperlihatkan pemandangan Jakarta lengkap dengan jalan layang koridor 13 rute Ciledug-Tendean.
Anies pun mengkritik pembangunan koridor itu.
"Contoh yang tidak terintegrasi, ini contoh paling sempurna. Dibangunnya baru, tapi tidak memikirkan integrasinya," ujar Anies di depan Budi Kaliwono, di Stasiun Kebayoran, Jumat (22/12/2017).
Anies mengatakan, pembangunan koridor itu seharusnya memikirkan integrasi dengan moda lainnya. Warga yang menaiki bus transjakarta koridor 13 tidak bisa langsung pindah ke moda transportasi kereta di Stasiun Kebayoran. Mereka harus berjalan dulu dari Halte Kebayoran Lama ke stasiun.
"Dari Halte Kebayoran Lama dia jalan kaki ke sini. Coba ketika dulu merancang, dipikirkan dekat sini. Apa yang terjadi? Dia bisa dengan mudah turun ke kereta," ujar Anies sambil menunjuk ke arah koridor 13.
Ke depannya, Anies ingin semua rancangan pembangunan transportasi harus memikirkan integrasi. Dia tidak mau ada pembangunan yang tak memperhatikan integrasi antarmoda sehingga menyulitkan warga ketika pembangunannya selesai.
"Semua perencanaan sekarang harus memasukan faktor integrasi antarmoda," kata Anies.
Setelah selesai menunjukan kekurangan koridor 13, Anies melanjutkan perjalanannya menuju Tanah Abang. Anies menaiki salah satu peron kereta dan bergabung dengan penumpang lain.
Adapun, koridor 13 dibangun pada masa pemerintahan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat. Peresmiannya dilakukan pada saat Djarot menjadi gubernur.

KOMPAS.COM/Jessi Carina



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "VIDEO: Anies Mendadak Ribut Soal Integrasi Stasiun Kebayoran Lama dan Koridor 13 Yang Dibangun Ahok, Dia Lupa Ada Anggaran Ini?"

Posting Komentar