Infomenia

Jumat, 22 Desember 2017

Terungkap Ada 5 Alasan Rasional Pemindahan Ibu Kota, Nomer 4 Menohok Banget

Narasumber Seminar Nasional “Pemindahan Ibu Kota Negara, Pengaruh Kebijakan dan Masa Depan Indonesia”

Infomenia.net -Pemerintah semakin serius menggarap rencana pemindahan ibu kota Jakarta ke Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) sebelumnya menargetkan tahun 2018 rencana tersebut akan dilakukan. Ada sejumlah alasan yang menjadi pertimbangan rasional terkait urgensi pemindahan ibu kota.
Hal itu disampaikan dalam acara kerja sama yang dilakukan Pemerintah Kota Palangka Raya dengan Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) dalam Seminar Nasional “Pemindahan Ibu Kota Negara, Pengaruh Kebijakan dan Masa Depan Indonesia”. Dalam keterangan tertulis UI, Jumat (22/12), Ketua tim kajian pemindahan ibu kota negara Kementerian PPN/Bappenas Imron Bulkin mengatakan, terdapat beberapa hal kuat yang menjadi pertimbangan rasional pemindahan ibu kota dari Jakarta.
Pertama, mengurangi beban Jakarta dan Jabodetabek. Kedua, mendorong pemerataan pembangunan. Ketiga, mengubah mindset pembangunan Java sentris menjadi Indonesia sentris. Keempat, memiliki ibu kota yang mencerminkan identitas bangsa. Kelima meningkatkan daya saing secara regional maupun internasional.

Menanggapi rencana ini, Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Saban yang diwakili oleh Wali Kota Palangka Raya, Riban Satia mengatakan Kalimantan Tengah sudah dan terus bersiap menyambut rencana ini dengan melakukan langkah-langkah strategis. Salah satunya dengan mengembangkan potensi wilayah seperti pengembangan komoditas unggulan baru.
"Acara ini diharapkan menjadi wadah diskusi publik terhadap wacana pemindahan ibu kota pemerintahan Republik Indonesia ke Provinsi Kalimantan Tengah, serta pengaruh kebijakan pemerintah terhadap daerah dan masa depan Indonesia," ujar Riban.
Wakil Direktur Bidang Sumber Daya, Ventura, dan Administrasi Umum Program Vokasi UI, Anthony Sihombing, mengatakan pemindahan ibu kota akan memberikan dampak positif bagi masyarakat asli daerah. Wilayah itu akan berkembang menjadi kota baru.
"Tentunya wilayah yang menjadi ibu kota baru akan mengalami kemajuan pesat di bidang tata kota, infrastruktur, maupun ekonomi," katanya.
Dalam acara itu, Pemerintah Kota Palangka Raya juga mengundang para ahli dari seluruh Indonesia untuk memberikan kontribusi pemikiran terkait pemindahan ibu kota negara. Hal itu disampaikan dalam bentuk kajian yang mencakup tema-tema perkotaan.jawapos.com

Comments
0 Comments

0 komentar