Banyak Video Rapat Ahok di Youtube Pemprov DKI Hilang, Ternyata Lembaga Ini Penyebabnya...

Banyak Video Rapat Ahok di Youtube Pemprov DKI Hilang, Mengapa?

Infomenia.net - Video rapat dan kegiatan Pemprov DKI selama ini rutin diunggah di akun Youtube. Namun setelah dilihat lagi, banyak video yang kini tak muncul. Mengapa?

Di akun Youtube Pemprov DKI, tidak ditemukan lagi video dari dari 1 Januari 2015 sampai 4 Agustus 2016. Saat itu, Gubernur DKI Jakarta adalah Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Video terakhir yang diunggah adalah pada 31 Desember 2014 dengan judul '31 Des 2014 Wagub Djarot S. Hidayat menghadiri acara pengawalan penyapuan menggunakan street sweeper'. Video kemudian langsung 'loncat' lebih dari 1,5 tahun kemudian yaitu pada 5 Agustus 2016 dengan judul '05 Agst 2016 Kadis Kominfomas Dian Ekowati Menerima Komisi Informasi di JSC'

Saat dimintai konfirmasi, Kadiskominfotik DKI Jakarta Dian Ekowati mengatakan kalau video tersebut bukan dihapus, melainkan diturunkan sesuai arahan Bawaslu.

"Video dokumentasi rapat Pak Ahok diturunkan atas saran Bawaslu terkait masa kampanye Pilkada (DKI Jakarta)," kata Dian kepada detikcom, Kamis (26/10/2017).

Diskominfotik memang merekam setiap momen penting seperti rapat, kegiatan, hingga wawancara. Hingga jabatan Gubernur DKI beralih ke Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan, video-video itu tetap rutin diunggah. 
(imk/fjp)


Bawaslu yang Minta Video Ahok di YouTube Pemprov DKI Dihapus


Beberapa video rapat mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di YouTube Pemprov DKI hilang. Video itu diturunkan atas saran dari Badan Pengawas Pemilu DKI (Bawaslu) pada saat Pilgub DKI Jakarta.

Ketua Bawaslu DKI Jakarta Muhammad Jufri mengatakan, diturunkannya video rapat atau kegiatan Ahok di YouTube Pemprov dengan alasan Pilgub. Selama masa kampanye, Ahok dilarang memanfaatkan fasilitas dari Pemprov termasuk soal video kegiatannya.
"Betul kami pernah melarang untuk menampilkan (video di akun Pemprov) karena itu masa kampanye. Seluruh fasilitas kegiatan Basuki Tjahaja Purnama di Pemprov tidak boleh dijadikan sebagai tempat berkampanye," ujar Jufri saat dihubungi detikcom, Jumat (27/10/2017). 

"Ketika itu kami mengatakan kepada Pemprov DKI bahwa semua aktivitas Basuki Tjahaja Purnama yang dikaitkan pada masa kampanye itu yang tidak boleh. Itu masa kampanye ya. Setelah masa kampanye, Ahok kembali lagi gubernur, maka itu boleh-boleh saja," lanjutnya. 

detikcom melihat akun YouTube Pemprov DKI Jakarta dan menemukan memang sebagian video rapat Ahok tidak ada. Tidak ditemukan video dari dari 1 Januari 2015 sampai 4 Agustus 2016.

Video terakhir yang diunggah adalah pada 31 Desember 2014 dengan judul '31 Des 2014 Wagub Djarot S. Hidayat menghadiri acara pengawalan penyapuan menggunakan street sweeper'. Video kemudian langsung 'loncat' lebih dari 1,5 tahun kemudian yaitu pada 5 Agustus 2016 dengan judul '05 Agst 2016 Kadis Kominfomas Dian Ekowati Menerima Komisi Informasi di JSC'. 
(nkn/cim)



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Banyak Video Rapat Ahok di Youtube Pemprov DKI Hilang, Ternyata Lembaga Ini Penyebabnya..."

Posting Komentar