Dikecam, Lihat Foto - Foto Pemuda Ini Saat Panjat Candi Borobudur Hanya Untuk.......

[Facebook/Ardia Arga Pramoedya‎]

Infomenia.net -Perilaku seorang pengunjung Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, membuat jengah warganet. Pasalnya, lelaki pengunjung tersebut berani memanjat langkan berukir dan stupa candi tersebut.
Alasan lelaki itu memanjat langkan dan stupa candi yang bisa merusak relief tersebut sepele, ingin berswafoto alias foto selfie.
Kecaman terhadap lelaki itu banyak dilontarkan warganet setelah foto si pengunjung viral di media-media sosial, sejak Senin (7/8/2017).
Foto pengunjung yang asyik berswafoto tanpa memedulikan kelestarian candi tersebut, kali pertama diunggaholeh Ardia Arga Pramoedya di laman komunitas Facebook bernama ”Info Cegatan Jogja” (ICJ), Senin siang.
“Dilarang memanjat Stupa di Candi Borobudur, semoga bukan orang Yogyakarta,” tulis Ardia sebagai keterangan tiga lembar foto pengunjung tersebut.
Dalam foto tersebut, tampak seorang pemuda berkacamata hitam berdiri di atas langkan candi untuk berfoto.
Sementara pada foto lainnya, lelaki bercelana panjang robek-robek tersebut juga asyik berswafoto di atas stupa.
”Pengunjung yang loncat-loncat sembarangan saja sudahdah diperingatkan, ini malah dipanjat Cuma untuk selfie? Tak tahu peraturan apa ya orang ini,” tukas akun Agus Rianto.
Sementara akun Riza Fadholi Pasha meminta pengelola candi menindak pengunjung seperti itu.
”PT TWC mohon ditindak, mungkin yang bersangkutan bisa 'magang' seminggu bersihkan candi,” pintanya.
Ardia juga sempat memberi keterangan lain dalam kolom komentar unggahannya. Ia mengatakan, pria tersebut sebenarnya sudah diperingatkan oleh pengunjung lain untuk menghormati candi tersebut yang menjadi tempat ibadah umat Budha.
"Sudah diingatkan banyak orang, bahkan wisatawan mancanegara juga, tapi tetap tidak mau turun," tuturnya.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dikecam, Lihat Foto - Foto Pemuda Ini Saat Panjat Candi Borobudur Hanya Untuk......."

Posting Komentar