Melemahkan KPK, Ini Langkah Kengawuran DPR Saat Datangi BPK

Hasil gambar untuk pansus hak angket vs kpk

Infomenia.net -Panitia Khusus Hak Angket Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mulai menyelidiki laporan keuangan KPK. Berkaitan dengan hal tersebut, Pansus akan mendatangi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Anggota Pansus, Muhammad Misbakhun, menyatakan pihaknya akan bertandang ke BPK, Selasa (4/7) ini. ”Besok (Selasa) kami akan ke BPK. Kami undang rekan-rekan jurnalis untuk hadir di BPK. Kami pukul 13.00 akan bertemu dengan pimpinan dan anggota BPK,” kata Misbakhun usai rapat internal Pansus di kompleks Parlemen, Jakarta, kemarin.
Menurut politisi Partai Golkar tersebut, kedatangan Pansus dipimpin langsung oleh Ketua Pansus Hak Angket KPK, Agun Gunandjar Sudarsa. Pansus berharap BPK memberikan laporan lengkap yang mereka butuhkan. ”Kami berharap apa yang kami butuhkan dapat diberikan BPK, sehingga kami bisa cepat bekerja dalam menyelidiki laporan keuangan KPK,” ujar Misbakhun.
Narapidana
Selain menemui BPK, Pansus juga akan menemui beberapa narapidana kasus tindak pidana korupsi di Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin Bandung dan Rumah Tahanan Pondok Bambu Jakarta Timur, Kamis (6/7) lusa.
”Tanggal 6 Juli Pansus akan ada dua kunjungan, yaitu ke Lapas Sukamiskin (Bandung) dipimpin Pak Agun (Ketua Pansus) dan Pondok Bambu Jakarta dipimpin saya,” kata Wakil Ketua Pansus, Risa Mariska, di Gedung Nusantara III DPR Jakarta Keputusan tersebut sesuai hasil rapat internal yang berlangsung tertutup, kemarin.
Risa menjelaskan, maksud kunjungan tersebut adalah mendapatkan informasi tentang apa saja yang dialami para narapidana korupsi. Dia mencontohkan, mengenai proses penyelidikan dan penyidikan kasus ketika masih ditangani KPK. ”Apakah ada penyimpangan atau hal-hal yang dirasa merugikan atau melanggar HAM, kita sering dengar.
Tapi kami tidak bisa bilang itu menjadi fakta sehingga Pansus harus mencari faktanya,” ujarnya. Politikus PDI Perjuangan itu menjelaskan, sebelum mendatangi kedua tempat tersebut, Pansus telah mengirimkan surat ke Dirjen Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) soal data narapidana korupsi. Menurut dia, Pansus menunggu surat balasan dari Kemenkumham. 



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Melemahkan KPK, Ini Langkah Kengawuran DPR Saat Datangi BPK"

Posting Komentar