Pengelola Masjid Istiqlal Sebut Peserta Aksi 313 Lebih Sepi Peminatnya



Infomenia.net -Aksi 313 segera digelar Forum Umat Islam (FUI) pada Jumat 3 Maret 2017. Ini merupakan aksi keempat. Aksi 313 ini berpusat di Istana Merdeka dengan titik kumpul di Masjid Istiqlal.

Protokoler Masjid Istiqlal, Abu Hurairah Abdul Salam mengatakan koordinator aksi sudah mengirimkan surat lagi ini, Kami, (30/3). Jumlah peserta aksi dari surat diterima diprediksi mencapai 200 ribu peserta. Namun, hingga Abu mengaku belum membalas surat dari FUI

"Jadi begini, aksi yang akan dilaksanakan besok, koordinator sudah mengirim surat ke kami tadi pagi. Peserta aksi akan mampir ke Istiqlal untuk melakukan salat Jumat dengan jumlah 100 - 200 ribu orang yang tertulis di surat," ungkap Abu Hurairah kepada merdeka.com, Kamis (30/3).

Dibandingkan dengan aksi sebelumnya, lokasi Masjid Istiqlal masih sepi. Padahal pihaknya memberikan izin bagi para peserta akan menginap. Pantauan merdeka.com, hingga menjelang magrib hanya terlihat beberapa peserta aksi datang ke Masjid Istiqlal untuk mengikuti aksi 313 esok hari. 

"Melihat pengalaman sebelumnya jam segini sudah ramai. Malah sudah ada yel-yelnya. Kalau dibandingkan sebelumnya termasuk sepi. Meskipun surat belum kami balas, bilamana nanti malam saudara kita yang akan melakukan aksi akan menginap nggak mungkin kami usir, toh mereka hanya ibadah," ungkapnya. 

Menurut Abu, peserta 313 hanya akan melaksanakan salat Jumat saja. Masjid Istiqlal akan tetap melaksanakan aktivitas seperti biasa, yaitu kajian fiqih tiap Jumat. "Tidak ada orasi, hanya untuk mampir ibadah. Kami melakukan aktivitas seperti biasa, kajian setelah Jumat, kajian fiqih Jumat terakhir," paparnya. 

Pihak masjid tidak mengizinkan diadakannya orasi berbau politik. Masjid Istiqlal berharap aksi 313 tidak menimbulkan kesan menakutkan di mata masyarakat secara umum. "Kami ingin menampilkan yang sejuk-sejuk. Kami melarang orasi dan menjelekkan kelompok tertentu. Kita ingin menampilkan yang rahmatallilalamin. Kalau ada yg ingin menampilkan Islam itu mengerikan kami bertolak belakang," terangnya. 

Abu Hurairah juga meminta agar peserta menjaga kebersihan selama beraksi dan menggunakan Masjid Istiqlal. Sehingga FUI juga mengutamakan ajaran Islam dalam menjaga kebersihan.

"Kami dari Istiqlal yang kami ingatkan kebersihan masjid. Aksi sebelumnya kami direpotkan dengan bersih-bersihnya. Mudah-mudahan besok tidak seperti itu," tegasnya.

Selesain kebersihan, Abu juga mengimbau peserta aksi menginap di masjid untuk menghemat air. Mereka juga dilarang tidur di karpet tempat salat. "Masalah air sehemat mungkin karena airnya terbatas. Tidur jangan di karpet utama tempat orang salat, karena kan mengganggu bagi yang akan beribadah," tegasnya. 



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengelola Masjid Istiqlal Sebut Peserta Aksi 313 Lebih Sepi Peminatnya"

Posting Komentar