Foto KTP Ganda Viral, Dinas Kependudukan DKI: Kacau, Hoax Banget!



Infomenia.net -Beredar foto tiga e-KTP warga Jakarta dengan nama berbeda namun memuat foto diri orang yang sama atau mirip. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyatakan itu palsu. Kini pihak Pemerintah Provinsi DKI memberikan penjelasan.

"Kacaulah itu. Hoax banget itu," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pemprov DKI Edison Sianturi kepada detikcom, Minggu (5/2/2017).

Saat gambar itu pertama kali bikin heboh, koordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum langsung dilakukan. Penelusuran data penduduk DKI dijalankan untuk menelusuri kebenaran nama dan data yang tercantum di gambar KTP itu.

"Saya sudah cek ke database saya di provinsi. Kita juga cek ke data nasional," kata Edison.

Kesimpulannya, nama dan identitas orang di KTP itu memang benar ada. Namun, foto pemilik KTP itu diganti dengan foto orang lain. Maka jadilah berita hoax itu.

"Itu KTP orang ditimpa dengan foto orang lain. Wajahnya bukan wajah pemilik asli KTP itu. Entah itu wajah siapa, saya tidak tahu," kata Edison.

Hoax itu muncul di tengah suasana Pilgub DKI 2017. Edison memastikan nama orang yang tercantum di KTP itu sudah masuk ke daftar pemilih tetap (DPT). 

Meski demikian, Edison belum memastikan apakah pihaknya akan melaporkan penyebar berita hoax itu ke polisi. Dia juga akan berkoordinasi dulu dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri. 



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Foto KTP Ganda Viral, Dinas Kependudukan DKI: Kacau, Hoax Banget!"

Posting Komentar