Mahfudz MD Bongkar Ngototnya SBY Saat Pengangkatan Patrialis Akbar Untuk Jadi Ketua MK


Infomenia.net -Tertangkapnya Patrialis Akbar dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak bisa terlepas dari tanggung jawab moral Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Pasalnya, saat itu, SBY yang menjabat sebagai presiden RI kelima menunjuk Patrialis sebagai hakim Mahkamah Konstitusi (MK).


Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, Minggu (29/1) mengatakan, penunjukan Patrialis saat itu terkesan dipaksakan.
Pada Agustus 2013, tanpa seleksi yang transparan dan melibatkan publik, SBY mengangkat Patrialis menjadi hakim MK. Proses pemilihan Patrialis dianggap tidak transparan dan tidak membuka peluang bagi masyarakat untuk turut menyumbangkan pendapat.
Padahal, berdasarkan Pasal 19 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2003 tentang Mahkamah Konstitusi diatur mengenai pencalonan hakim konstitusi secara transparan dan partisipatif.
Keputusan Presiden No 87/P Tahun 2013 tentang pengangkatan Patrialis juga digugat dan akhirnya dibatalkan oleh Pengadilan Tata Usaha Negara.
Menurut Mahfud, SBY tak bisa lepas dari tanggung jawab moral. “Dialah yang mengangkat Patrialis dan kemudian ngotot mempertahankannya, sehingga menimbulkan musibah bagi bangsa ini,” ucap Mahfud seperti dikutip Kompas.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mahfudz MD Bongkar Ngototnya SBY Saat Pengangkatan Patrialis Akbar Untuk Jadi Ketua MK"

Posting Komentar