Aktivis Muslimat NU Skak Mat Rizieq Shihab Soal Tuhan Yesus Kok Beranak..???



Infomenia.net -"TUHAN KOK BERANAK???"
(Penjelasan seorang Muslimah NU kepada Habib Rizieq & para Wahabi yang suka memancing keributan)

 “Kalau Tuhan beranak, yang jadi bidannya siapa?”


Pertanyaan Habib Rizieq ini saya rasa lebih asyik untuk dibahas daripada pernyataan Ahok yang sudah jelas maksudnya apa, yaitu hanya mengkritisi politisi yang memanfaatkan ayat–ayat untuk kepentingannya sendiri.


Berbeda dengan pernyataan Ahok yang memang niatnya bukan menyinggung agama, tapi lebih kepada menyinggung politisi agama; pernyataan Habib Rizieq ini malah masuk ke dalam dan menyentuh dasar keimanan Kristen sendiri.


Namun sayang, sudah terlanjur basah tapi yang keluar hanya pertanyaan dangkal seperti itu. Pernyataan Habib Rizieq kemarin saya nilai tidak berbobot. Bobotnya tidak lebih dari kebanyakan salah paham muslim-muslim yang belum pernah belajar perbandingan agama sebelumnya. Muslim yang sama sekali tidak mengerti dengan apa yang ia bicarakan.


Dia masuk ke dalam, menyentuh dasar, tapi kualitasnya hanya setara dengan pertanyaan anak sekolah minggu / santri kecil. Muslimah seperti saya saja yang suka belajar agama bisa menjelaskannya dengan mudah.


*Siapa sih Yesus itu?*


Pertama–tama kita harus mengerti terlebih dahulu posisi Yesus di mata Kristiani. Ya, lepas dahulu kacamata Islam kita yang penuh dengan doktrin dan ayat-ayat Quran tentang nabi Isa agar dapat melihat dengan jelas perspektif Kristiani terhadap Yesus. (lepasin perspektif islamnya, bukan lepasin agama islamnya yach)


Bagi umat Kristen, Yesus adalah Tuhan yang berinkarnasi (=menjelma) menjadi manusia, bukan manusia yang diangkat menjadi Tuhan seperti yang selama ini disalah pahami ummat Muslim. (Red : menurut perspektif Kristen, manusia tak mungkin jadi Tuhan. Tapi Tuhan Maha Kuasa, jadi Tuhan bisa menjelma menjadi apapun, termasuk menjadi manusia. Menyangkal bahwa Tuhan bisa menjelma menjadi manusia, berarti menyangkal Kemahakuasaan Tuhan)


Hal ini bukan tanpa dasar. Mereka melihat banyaknya nubuatan mengenai kedatangan Messiah, sang pembebas, Tuhan yang mengambil rupa manusia ini dari kitab Taurat, kitabnya para Yahudi. Kitab yang sama yang juga memuat cerita mengenai nabi Adam AS, nabi Ibrahim, dan nabi Musa AS.


Ummat Islam mungkin akan sulit mengerti ajaran Kristen mengenai kodrat ganda Yesus : "sepenuhnya insani" (kamil bi al-nasut), sekaligus "sepenuhnya ilahi" (kamil bi al-lahut) sebagai Kalimatullah. 


Agar mengerti, kita mungkin dapat membandingkannya dengan ajaran Islam sendiri mengenai kitab suci al-Quran al-Karim


Bagaimanapun, sebenarnya konsep dalam Kristen ini juga ada dalam Islam, dengan posisi Yesus dalam iman Kristen dibandingkan sejajar dengan posisi al-Qur'an dalam iman Islam. 


Perbandingannya bukan Yesus dengan nabi Muhammad. Karena dalam Islam, nabi Muhammad sekedar penerima Firman Allah, padahal dalam Kristen Firman-Nya adalah Yesus itu sendiri

Sebaliknya, posisi nabi Muhammad sejajar dengan Maria (Maryam), karena keduanya adalah "sarana turunnya Firman ke dunia" menurut keyakinan masing-masing. 

Secara teologis, keperawanan Siti Maryam juga paralel dengan kebuta-hurufan nabi Muhammad (Nabi al-Ummi). Karena fakta bahwa Maria tetap perawan dan nabi Muhammad buta huruf, menegaskan kemurnian Firman Allah, tanpa intervensi atau campur tangan manusia


Jadi sebenarnya ada hubungan paralel antara keyakinan Kristen mengenai Firman Allah yang menjadi manusia dengan keyakinan Islam akan Kalam Allah yang kekal yang turun menjadi al-Qur'an atau nuzul al-Qur'an.


Kalau Yesus itu Tuhan/Firman Allah/Kalimatullah, kenapa dia butuh makan? Kenapa dia bisa mati? Kenapa..... 


Salah satu hal yang sering menjadi olok-olok kepada kaum Nasrani adalah ketika orang awam membenturkan sifat keTuhanan Yesus dengan kodratnya sebagai manusia. Rata-rata karena mereka tidak paham sifat "sepenuhnya insani" (kamil bi al-nasut) dan "sepenuhnya ilahi" (kamil bi al-lahut) yang dimiliki Yesus diatas. 


Yesus adalah 100% Allah (dlm kapasitasnya sbg Firman Tuhan) namun juga 100% manusia (dlm fisik insaninya). Sama persis dengan Al Quran yang 100% Kalimatullah dan 100% buku.


Secara fisik mungkin buku tersebut dapat rusak, robek, atau bahkan terbakar sampai habis, bukan? Namun ketika Al Quran rusak secara fisik, apakah artinya Firman Allah juga telah rusak? Tentu tidak. 


Yesus pun dalam rupanya sebagai manusia tentu dapat mengalami kerusakan secara fisik - merasakan rasa sakit, lapar, mati (namun bangkit lagi). Tapi kerusakan secara fisik tentu tidak berpengaruh apa-apa terhadap statusnya sebagai Firman Allah. Apalagi sampai hal-hal fisik ini dipandang sebagai bukti bahwa Yesus bukan Firman Allah.


Mungkin lho ya, olok-olok kaum awam ini dipandang oleh umat Nasrani sebagai hal yang tidak lucu sama sekali sekaligus menyedihkan. Bukan, bukan karena mereka sedang tersinggung sehingga merasa olok-olok itu tidak lucu. Tetapi lebih kepada rasa miris karena mengetahui pemahaman pengolok-olok itu terlalu dangkal.


Sama mirisnya ketika kita kedatangan orang yang niatnya menghina Al Quran yang kebetulan ketumpahan kopi: “Iiihh.... Kok lucu sih Firman Allah bisa rusak ketumpahan kopi? Bukan Firman Allah tuh namanya kalau bisa rusak!”.


Kalau kamu dengar olok-olok itu apakah kamu tersinggung? Apakah menurutmu olok-olok itu lucu? Tentu tidak. Kita tidak merasa lucu bukan karena kita merasa tersinggung. Kita merasa tidak lucu karena memang olok-olok itu sangat menyedihkan. Menggunakan sifat2 fisik sebuah buku untuk menyangkal Quran sebagai Kalimatullah adalah sesuatu yang sangat tidak nyambung. Ini menunjukkan dengan jelas kapasitas dan volume otak si pengolok.


Konsep ‘Dualisme’ Yesus (Kalimatullah-manusia) dan Quran (Kalimatullah-buku) ini juga bukanlah sebuah konsep yang dibuat-buat hingga terkesan unik bin antik, dimana suatu hal ternyata dapat memiliki 100% sifat A namun sekaligus juga memiliki 100% sifat B (sesuatu yang menjadi anggota himpunan sifat A dan B yang saling lepas).


Dalam dunia science, cahaya juga memiliki sifat 100% partikel namun secara bersamaan juga memiliki sifat 100% gelombang. Tapi bagaimanapun juga, kita tidak bisa membenturkan segala hasil eksperimen yang menunjukkan bukti cahaya adalah partikel untuk menyangkal fakta bahwa cahaya juga merupakan gelombang. Begitupun sebaliknya. 


Hal ini karena memang tidak nyambung. Yang mau diuji apa, parameternya apa

Ibarat kita yang adalah 100% anak ibu, namun juga merupakan 100% anak dari bapak kita. Fakta bahwa hidung kita mirip ibu tidak lantas bisa dipertentangkan untuk menyangkal bahwa kita bukan anak dari bapak. Begitupun dengan fakta bahwa mata kita yang mirip bapak tidak bisa dijadikan bukti bahwa kita bukan anak dari ibu.

Lebih tepat kalau mau mempertanyakan Yesus adalah Tuhan atau bukan, ujilah apakah Ia pernah berbuat dosa atau tidak (karena kodrat manusia adalah berdosa). Dengan unsur Ilahi pada beliau, adakah mukjizat besar yang Ia perbuat dimana mukjizat ini hanya bisa dilakukan Allah sendiri? Membuat sesuatu menjadi mahkluk hidup, misalnya. Dst, dst.


Sama halnya dengan jika kita ingin menguji Al Quran adalah Firman Allah atau bukan. Ujilah apakah Al Quran pernah bertentangan dengan sifat kemanusiaan atau tidak. Apakah ada ayat Al Quran yang isinya memerintahkan perbuatan jahat, seperti mencuri atau membunuh misalnya. Dst, dst.


*Lantas waktu Yesus turun ke dunia siapa yang ngatur alam semesta?*


Mengatur alam semesta tidak ada hubungannya dengan hadirnya Yesus di dunia. Kita ummat Islam juga percaya kan bahwa Allah memiliki sifat omnipotent (maha kuasa) dan omnipresent (maha hadir).


Begitupun dengan umat Kristiani. Saat kita percaya bahwa Allah sedang hadir menjawab doa kita sekarang, tentu tidak perlu menyangsikan kemampuanNya dimana pada saat yang bersamaan Ia juga bisa hadir di tengah-tengah saudara kita di belahan dunia lain. Bukankah Allah itu Maha Kuasa?


*Apakah benar Yesus adalah anak biologis Tuhan?*


Teman-teman harus paham bahwa ummat Nasrani memiliki pemahaman yang sama dengan Islam, yakni Tuhan itu tidak beranak. 


Bible tidak mengajarkan Allah melakukan hubungan biologis dengan Maryam sehingga melahirkan allah baru, yaitu Tuhan Yesus Kristus. Inilah pemahaman sebagian umat Muslim yang salah. 


Banyak dari mereka menganggap Tuhannya Nasrani itu ada 3: Tuhan Bapa, Tuhan Istri (Maryam), dan Tuhan Anak (Yesus). Mereka yang mempunyai pemahaman demikian, bahwa Yesus anak biologis Tuhan, sulit membedakan antara bahasa figuratif dan bahasa harfiah.

Tapi anehnya, bila mendengar kalimat “Muhammad adalah kekasih Allah” mereka tahu ungkapan tersebut hanya kiasan, sedangkan saat mendengar kata “Anak Tuhan” mereka langsung mengartikannya secara harfiah.

Kiranya kita mengerti bahwa Bible dan orang Nasrani manapun (bahkan bid’ah Nasrani paling melenceng seperti Saksi Yehuwa atau Mormon sekalipun) tidak ada yang mengajarkan Isa Al-Masih adalah hasil hubungan biologis antara Allah dan Siti Maryam!


*Kalau Yesus bukan anak biologis Tuhan, trus kenapa dia disebut “Anak Tuhan”?*


 Anak Tuhan itu hanyalah istilah, sayang. Sama halnya dengan anak kunci atau anak tangga. Kunci dan tangga tidak melahirkan anak kunci dan anak tangga bukan? 


Istilah “Anak Tuhan” disematkan kepada Yesus dalam kapasitasnya sebagai manusia. Patut dipahami oleh ummat Islam bahwa istilah anak Tuhan tersebut tidak hanya terbatas untuk Yesus saja. Tiap individu umat Nasrani menyebut dirinya anak Tuhan, oleh karena itu mereka memanggil Tuhan mereka dengan sebutan “Bapa”. Istilah anak dan Bapa ini digunakan untuk menunjukkan kedekatan ummat Nasrani dengan Tuhannya. Layaknya seorang bapak yang memelihara, membimbing, melindungi, dan mendisiplinkan anaknya, begitu pula sikap Tuhan pada ummatNya.


Akhirul kalam, seperti itulah Yesus. Bagi umat Nasrani dia adalah Tuhan yang menjelma menjadi manusia. Jadi tidaklah heran dalam dirinya terkandung atribut-atribut illahi yang tidak dimiliki oleh siapapun, bahkan oleh nabi manapun, seperti dapat menghidupkan orang mati. 


Pun demikian, sosoknya tidaklah lepas dari sifat-sifat kemanusiaan (karena Ia memang menjelma menjadi manusia) seperti dapat merasakan rasa sakit, kantuk, lapar, sekaligus atribut anak Tuhan juga tersemat padanya, sebagaimana umat yang mengenal Allah.


Sementara itu, kita ummat Islam memandang Yesus adalah suci (QS 19:19), dapat meniupkan nafas kehidupan pada tanah liat hingga menjadi burung (QS 3:40), dan banyak hal senada lainnya.

Hendaknya dari hal-hal yang sudah saya paparkan diatas dapat membantu teman-teman untuk memahami iman saudara kita yang beragama Nasrani, sehingga rasa saling menghormati dapat lebih terjalin. Aamiin...

(Aisha Nurramdhani)



Subscribe to receive free email updates:

675 Responses to "Aktivis Muslimat NU Skak Mat Rizieq Shihab Soal Tuhan Yesus Kok Beranak..???"

  1. Balasan
    1. Kenapa abal-abal? Ini gak menyinggung islam kok.
      Provokatif? Provokasi siapa buat nyerang / benci siapa? Coba tunjukin dasar2 pernyataan anda.

      Segitu benci nya sama agama sebelah, sehingga ada yg berusaha 'menjembatani' kesalahpahaman antara agama anda dan agama dia langsung anda serang? :b

      Hapus
    2. Loe yang anak anak dan provokatif. Situs ini dibilang provokatif, emang provokatif untuk rusuh dimana? Justru Elo yang dangkal otaknya. Pelajari dulu kata provokatif baru bicara. Jangan mengomentari, tata bahasa saja sujung kuku saja belum. Pantas dan hal otaknya berfikir.

      Hapus
    3. Anda terprovokasi? Sumbunya pendek sih, logikanya?

      Hapus
    4. Provokatif dari manee??? Wkwkwk sampeyan iku komentare aing provokatif.

      Hapus
    5. Dimana letak provokatifnya ? agak lucu saya liat komennya ini

      Hapus
    6. Mau saya belikan kaca? Mumpung diskon! Buruan, stok terbatas!

      Hapus
  2. tulisan ini untuk mereka yg memakai kaca rayben gelap di pagi jam sembilan dan berkata "selamat petang" ... tulisan ini mau berkata "lepas dulu lah kacamata kau" ... bagus

    BalasHapus
  3. Ilmu seperti mba di post ini pantas kita imani, sehingga kedua agama dapat saling di fahami kedua belah pihak dan tidak saling mengkafirkan, justru saling mengikat kedua duanya.

    Artinya yg islam tidak akan syirik menyebarkan rohanina dan yg kristen tidak salah kafrah terhadap ajaran islamnya dan begitu sebaliknya .
    Sehingga tujuan tetap satu yaitu TUHAN YG MAHA ESA.

    BalasHapus
  4. Saluttt buat Aisha... God bless u

    BalasHapus
  5. Sebaiknya juga perlu dibahas mengenai bahasa asli yg digunakan untuk menjelma itu adalah "inkarnasi" atau "morphe skemati", buat saya pakde Rijik itu itu suka "guyon Waton" mungkin hehehehe

    BalasHapus
  6. saya tidak setuju, anda mensejajarkan muhammad dengan maryam, terlalu banyak kekeliruan anda dalam membandingkan muhammad, islam, yesus dan nasrani, saya menghormati Isa Al Masih, sebagai salah satu rasul dengan mukzizat bisa menghidupkan makhluk hidup, itupun atas izin Allah SWT, saya tidak ingin berkomentar soal Habib Riziq, alangkah bijaknya kita menjaga lisan, dan bijaksana dalam memandang situasi yang ingin memprovokasi kerukunan kita warga negara ini. Masih banyak masalah di negara ini yang semestinya kita harus hadapi dan tangani dibanding perdebatan tak kunjung berakhir, Semoga kedamaian dan belas kasih selalu bersama kita semua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali Pak, kita memang harus sangat pintar memahami segala sesuatunya di situasi yang panas sekarang ini mengingat maraknya isu provokatif yang beredar.
      Namun mungkin maksud Penulis disini adalah bukan mensejajarkan Nabi Muhammad dengan Siti Maryam secara keseluruhan.
      Hanya saja Beliau berdua, menurut artikel ini, merupakan sarana turunnya Firman ke dunia. Tapi, cukup itu saja, sehingga Penulis saya rasa memang tidak membandingkan secara keseluruhan.
      Seperti halnya dengan seorang anak yang mempunyai hidung mirip dengan Ibu, dan mata mirip dengan Bapak. Ketika berbicara tentang konteks hidung si anak, kita bisa berbicara si anak mirip dengan Ibu. Tapi, secara keseluruhan wajah si anak, mungkin tidaklah demikian.
      Sepemahaman saya begitu pak. Semoga kita selalu dilindungi kasih Tuhan dan selalu dapat berdiskusi mengenai perbedaan dalam damai :)

      Hapus
    2. Ini sih bukan mensejajarkan Bro... Tetapi Ibu ini mencoba menjelaskan diantara dua Agama tersebut memiliki kesamaan dan ini ditunjang dari buku - buku Agama dan sejarah yang beliau telah pelajari. Intinya Beliau membuka mata kita yang Muslim ini untuk mengetahui kebenaran yang sebenarnya melalui dari pengetahuan Beliau. Agar kita bisa hidup dgn tenang dan penuh kebersamaan dgn Agama yg lain... Dan perlu di ingat Bro... Sebenarnya keluarnya Dajjal itu ada pada diri kita sendiri, kita sendiri yg membuatnya. Coba kalau kita bisa hidup saling memahami, tdk ada org yg mementingkan dirinya sendiri, mencintai, tdk ada kebencian dll.... Apakah ada yang namanya Dajjal....?? Saya sangat kagum dengan Ibu, yang telah menjelaskan dengan gamblang masalah diatas tadi. Saya juga telah sedikit banyak mempelajarinya akan tetapi tidak sedetail Ibu...! Terima kasih Ibu..

      Hapus
  7. Kita tunggu saja yah bu di padang Masyar...tq wassalam

    BalasHapus
  8. Lucu ya ... ku ga percaya kalo dia orang muslim ... toh pemahaman ALQURAN aja masih salah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa Anda sebagai orang islam mempunya pemahan pemikiran dan wawasan yang luas seperti Ibu Aisya? Buatlah sebuah tulisan mengenai topik ini, dan beritahu saya hasilnya. Silakan mencoba.

      Hapus
  9. Keren bu Aisya. Saya yang pengikut Yesus bahkan mungkin tdk bisa sesempurna itu menjelaskannya. Semoga dengan berani memandang dari perspektif orang lain, kita semakin berpikiran terbuka dan menghargai perbedaan.

    BalasHapus
  10. Pemahaman yg membuat Anda menyesatkan kan dlm mendukung faham2 Kristiani..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Astaga om....berhenti membenci agama nasrani kenapa? Dalam al-quran oom kan diajarkan untuk saling mengasihi dan mencintai....apa salahnya mencintai hal yg berbeda dengan oom....saya masih remaja....geli dengan pemikiran oom....

      Hapus
    2. Anda tidak menerima perbedaan. Anda tidak mendukung toleransi. Berbenahlah terlebih dahulu saudara/i.

      Hapus
  11. Bu Aisha, saya salut dengan ibu. Di saat banyak publikasi yang menyebar kebencian dan disintegrasi antar agama, Bu Aisha menyemai bibit persatuan, kebersamaan dan kasih antar agama.
    Terima kasih atas tulisannya...
    Saya berharap toleransi dan persatuan kita bisa langgeng dan diluputkan dari para pembenci, penebar teror dan pihak2 yang rela mengorbankan negara demi kepentingan pribadi dan golongan

    BalasHapus
  12. Terima kasih atas penjelasannya yg membuat mudah dipahami oleh semua umat.

    BalasHapus
  13. Tulisan yg luar biasa, gaya bahasa dan artikulasi yang jelas dan mudah di mengerti. Kiranya Damai sejahtera selalu menyertai mu bu Aisha. Salam hormat ku untuk mu.

    BalasHapus
  14. tiada yang mustahil bagi Allah... klo kita tau jin itu ada (sedangkan batu akik yg sebagian org ada yg yakin ada kodam /ada jin nya).. knp mesti heran klo kehendak Allah yg bagi pemeluk nasrani.. cara Tuhan menyelamatkan umatNYA Allah menjelma menjadi manusia..

    BalasHapus
  15. Yesus tidak bisa disamakan dengan alquran, karena alquran adalah firman ALLAH, FIRMAN itu artinya perkataan ALLAH, sementara yesus adalah manusia yg di lahirkan yg sama dengan nabi2 lain, jika yesus adalah firman, trus isi INJIL itu apa ???? , kalau memang yesus itu tuhan kenapa dia harus menjelma jd manusia dan rela disiksa dan di salip oleh manusia biasa hanya untuk mengampuni dosa manusia, kan dia tuhan untuk apa dia repot2 hanya untuk mengampuni dosa manusia, dia kn tuhan yg menentukan dosa dan kebaikan. Cukup di ampuni dosanya kn beres.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha.. tanyakan sendiri bro.. toh Yesus juga ada di alquran.. :)
      nah berdoa deh sama Allah, tanya apa maksud yesus turun ke bumi..
      toh Yesus juga bilang "Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal"

      kalo kurang jelas Tanyakan langsung om.. heehe

      Hapus
    2. Betul bro kyknya penulisnya bukan islam ini hanya namanya saja. Aneh bin ajaib pemahamannya ibu aisya ngaku2 NU.

      Hapus
    3. Bego nya dirimu 😂 kasihan saya liat anda 😂

      Hapus
    4. simpel bos. saat seseorang dikasih seekor ikan (pengampunan), dia hanya akan mikir ikan ini mau dimasak jadi apa.

      dia tidak akan mikir, si pemancing yang ngasih ikan itu mancingnya berapa lama, belajar meramu umpan sampe jadi manjur itu makan waktu/biaya berapa (proses pertobatan yg harus dijalani utk mendapat pengampunan).

      Hapus
    5. Pertanyaan Loe sudah ada di pistingan Mbak Aisha diatas. Eko buta atau babal? Atau memang keterbelakangan mental. Saya bisa jelaskan, tapi apa guna! Itu baca artikel diatas!

      Hapus
    6. Knapa dia rela sperti itu adalah karna cinta kasihNya yg sangat besar kepada umatNya. :)

      Oiya Mas, Injil itu adalah wujud fisik dari firman itu sendiri (alkitab/kitab injil)

      Hapus
    7. Coba di baca dulu Alkitab dari perjanjian lama dilanjutkan ke perjanjian baru ,, jawabannya ada di sana bung :)

      Hapus
    8. "Masuk" kristen maka anda akan mengerti apa yg anda pertanyakan itu.


      Klo baca uraian otaknya jgn lupa di bawa biar ngerti

      Hapus
    9. Masnya kok lucu ya. Berani ngatur" Tuhan segala hehee

      Hapus
    10. terlihat kan batas pemahamannya dimana..
      jangan pakai pemahaman hidung seorang koki untuk mengenali bau seperti tugas seorang pembuat parfum bang. Dan jangan memaksa lidah pembuat parfum bekerja seperti seorang koki yang pro di dapur
      Syalom. Tuhan berkati :)

      Hapus
    11. Yihanes 1 :1 : Pada mulanya adalah FIRMAN, dan FIRMAN itu bersama sama dengan ALLAH dan firman itu juga adalah ALLAH
      Yohanes 1: 14 : FIRMAN itu telah menjadi manusia dan diam diantara kita, dan kita telah melihat kemuliaanNya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada kepadaNya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.

      Hapus
    12. Mas sopian yang baik. Injil artinya kabarsukacita. Kabarsukacita yg di wujudkan melalui Jesus sang putera Allah. Jesus adalah firman Allah yg hidup. Melalui firman yg hidup itu Allah mengejawantahkan kehadranNya yg mnyelamatkan mengampuni menebus. Mengapa hrs mjd manusia,karena Allah bgtu mencintai manusia dan amat sangat mngenal sifat manusia. Maka melalui Jesus Allah hendak menyatakan diri bgm seharusnya mnjd manusia. Knp hrs siksa hina dan salib. Krn sifat mnusia mdh putus asa. Menyerah pd derita. Mudah berdosa saat di cobai. Melalui teladan Jesus manusia bs memandang penuh harapan atas kegagalan. Penderitaan. Pengorbaban. Perjuangan. Utk bs hidup penuh kemuliaan. Bangkit dari kejatuhan dan kematian. Iman mmg tdk bisa di paksakan krn bersifat personal. Yg bs di lakukan adlh dialog dan toleransi dg keterbukaan hati yg jujur murni dan bersih. Salam.

      Hapus
    13. Haha, itu sama artinya ketika anda menjadi Presinden kenapa tidak cetak uang di BI untuk melunasi utang-utang negara Indonesia, kan kita punya BI buat cetak Rupaih? haha pikir lagi mas.

      Hapus
    14. Pemikiran ente cetek bro :v

      Hapus
    15. Karena dunia sudah sangat kacau.
      Pernyataan mas itu pernyataan yg sama dengan kami umat kristiani, bedanya mas masih terheran heran bertanya "kenapa Tuhan mau repot jadi manusia?" Sedangkan yg kristen bangga karena "Tuhan mau rela repot jadi manusia".
      Dan mas nya belum mau terima bahwa Yesus itu benar benar mati, benar benar bangkit kembali, dan benar benar sudah di surga. Ini yg saya imani dari agama saya.
      Kalau mas gak mau imani, ya gpp, silahkan.
      Tapi jangan pernah ngulik agama orang di depan umum, mending ngulik agama sendiri aja atau ngulik agama org lainnya di forum pribadi sm para guru agama biar makin tebel iman nya. Bukan makin benci umat kristennya.

      Hapus
    16. 1. Yesus bukan nabi
      2. Injil (bahasa Yunani: ευαγγέλιον/euangelion - Kabar Baik) 4 kitab yang berisi kabar baik kelahiran Yesus. (Kitab, bukan Alkitab)
      3. Karena sorga adalah tempat yang suci, dan manusia sudah begitu hina dengan penuh dosa. Yesus hadir sebagai (penghubung) manusia dengan sorga, karena butuh pengorbanan yang begitu suci untuk menebus dosa. Kenapa ga langsung diampuni dosa nya biar beres? Toh Yesus Yesus juga yang di salib juga sama aja Tuhan juga yang mengampuni kan? Ampuni sekedar ampuni tidak mengajarkan apapun, dengan kedatanganNya sekaligus mengajarkan umat manusia.

      Tolong udah urus saja kepercayaan anda sendiri, gausah bikin opini opini dengan otak. Jika semua ditafsirkan dengan pemikiran dan logika berarti gajauh beda dengan teori orang ateis.
      Niat beliau hanya memaparkan yang keseringan orang salah menafsirkan
      Sekian.

      Hapus
    17. Jawabannya sdh ada dlm kontek tulisan artikelnya jk kita cerdas mencermati

      Hapus
    18. Karena Dia sayang sama manusia

      Hapus
  16. Salut buat ibu aisha. Tuhan Yesus memberkati ibu dlm sgala hal

    BalasHapus
  17. pengetahuan baru bagiku. makasih.

    BalasHapus
  18. Sudah jelas dari awal
    Alloh itu ESA

    BalasHapus
  19. Kejauhan mbak, Habib lg ngomong dgn jamaahnya, tentu analogi yg paling mudah lah yg dijelaskan.

    BalasHapus
  20. Siapapun km dan apapun agamamu kau adalah saudaraku,,,sesama manusia,, yg harusnya saling mengasihi dan menyayangi satu dengan yg lain,

    BalasHapus
  21. Siapapun km dan apapun agamamu kau adalah saudaraku,,,sesama manusia,, yg harusnya saling mengasihi dan menyayangi satu dengan yg lain,

    BalasHapus
  22. Apapun statement yg di buat seorang Rizieq..tentang Kristen..bagi saya itu hal bodoh yg tdk paham dgn agama..dan tidak menggoyahkan iman saya sbg Kristen..malah semakin kuat.kami tdk mengenal rizieq dan tidak akan pernah kenal org sprt dia.kami hanya mengenal KASIH yg di ajarkan YESUS KRISTUS utk sesama Manusia tanpa terkecuali.(batak cerdas)

    BalasHapus
  23. Supaya kita di Indonesia aman dan damai... sebaiknya Rizieg Shihab itu baiknya dibalikin aja ke Suriah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Habib Rizieq itu ulama kelahiran Jakarta, dia orang asli pribumi betawi! Baca dulu sejarahnya, jangan asal ngomong!

      Hapus
  24. Ulasan yg brilliant .. terima kasih Bu Aisha, semakin menambah wawasan saya sebagai org awam. Salam damai utk Indonesia kita.

    BalasHapus
  25. Wah.......
    Coba kalau semua muslim seperti beliau.saya pastikan kita akan saling sapa..dan saling membantu hngga gotongroyong sebagai fondasi bangsa kita tidak luntur seperti saat ini.
    Bagaimana saya cara saya membantu rejeki saya ke twmpat tempat amal di rumah makan di pembangunan rumah ibadah.kalau yang meminta itu saya tau dr kalangan yg benci saya atau anggap sata kafir?
    Coba ibu ini jd pencetus penerangan keagamaan...maka ga perlu ada yg tida tidak...(pangjangkan aja sendiri)

    BalasHapus
  26. Bahkan saya yang kristen saja tidak sedalam ibu untuk pemahaman ini. Salut luar biasa.... Habib Rzq perlu belajar sama Ibu...

    BalasHapus
  27. Supaya negeri ini tidak ribut dan pecah belah.... sebaiknya Rizieg Shihab itu dikembalikan ke Suriah aja.... karena pusing kita di Indonesia dibuatnya.

    BalasHapus
  28. Yesus juruselamat dunia/bukan hanya utk Israel & Dia layak disembah.

    Seringkali kita mendengar org non kristen mengutip perkataan Yesus bhw Dia diutus hanya utk bangsa Israel, yg tetulis dlm;
    Matius 15:24 (TB) Jawab Yesus: "Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel."

    Ket; sesungguhnya Yesus itu juruselamat utk seluruh bangsa. Tertulis dlm (berita kelahiran Yesus kpd gembala);
    Lukas 2:10 (TB) Lalu kata malaikat itu kepada mereka: "Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa. Lukas 2:11 (TB) Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud.

    Yesus utk seluruh dunia ketika dibangkitkan Allah & menerima sgl kuasa, maka Yesus disebut Tuhan yg layak menerima penyembahan.(Allah = Sang Pencipta. Tuhan = Sang penguasa/hakim).
    Matius 28:17-20 (TB) Ketika melihat Dia mereka menyembah-Nya, tetapi beberapa orang ragu-ragu.
    Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.
    Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,
    dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

    BalasHapus
  29. Luar biasa....perumpamaan yg matang sekali, tanpa dasar kutipan surat, tp bisa dicerna dan kena tepat sasaran logika.

    Salut buat Anda, kiranya Rahmat Barokah dan Hikmat dari Tuhan Allah Semesta Alam senantiasa meyertai Anda

    BalasHapus
  30. Ini sih bukan skak mat. Justru penulis tidak mengerti apa yang dia bicarakan.

    Dari kacamata Kristen sendiri. Tidak ada satu ayat pun dalam Injil (yang ditulis dengan tinta merah) di mana Yesus berkata bahwa dialah Tuhan. Yang ada justru Yesus berkata bahwa Allah itu Esa, sembahlah Allah. Yesus pun berdoa kepada Allah saat menghadapi kesulitan. Itu semua dari Injil.

    Tentang kenabian, mukjizat, bahwa Yesus dilahirkan tanpa ayah, nabi Adam as pun juga dilahirkan tanpa ayah ibu, jika ini yang dijadikan dasar keTuhanan Yesus, maka nabi Adam as justru lebih pantas dalam hal ini.

    Jadi penulis harus banyak belajar bahwa dalam kitab2 manapun, Allah tidak pernah dikisahkan menjelma menjadi manusia. Hanya malaikat yang dikisahkan menjelma menjadi manusia dsb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mas dewo...👍👍👍

      Hapus
    2. Setuju .. Karna yang saya baca dari awal sampai akhir .. Penulis dalam pemahaman alquran nya tidak benar .
      Nabi muhamad ko di samakan dengan maryam .itu aja udh salah

      Karna kita yg muslim mempercayai nabi isa adalah rasul

      Hapus
    3. simpel bro. Yesus tidak mengakui dirinya sebagai Allah (seperti yang bro bilang), publik sudah ramai dengan polemik, termasuk sampai Yesus disidangkan dan akhirnya disalib.

      apa jadinya kalau Yesus langsung terang-terangan mengakui, gue Allah. gitu? bisa dibayangkan apa yg bakal terjadi? hehe

      Hapus
    4. lagi lagi pemahaman dangkal :D

      "Dari kacamata Kristen sendiri. Tidak ada satu ayat pun dalam Injil (yang ditulis dengan tinta merah) di mana Yesus berkata bahwa dialah Tuhan. Yang ada justru Yesus berkata bahwa Allah itu Esa, sembahlah Allah. Yesus pun berdoa kepada Allah saat menghadapi kesulitan. Itu semua dari Injil."
      yakin pernah baca? atau lihat blog di internet yang nggk tau siapa yang nulis? atau malah kata orang? :D
      Iman kami nggk sekedar dari buku...

      "Tentang kenabian, mukjizat, bahwa Yesus dilahirkan tanpa ayah, nabi Adam as pun juga dilahirkan tanpa ayah ibu, jika ini yang dijadikan dasar keTuhanan Yesus, maka nabi Adam as justru lebih pantas dalam hal ini."
      kwkwkw... no comment :D

      "Jadi penulis harus banyak belajar bahwa dalam kitab2 manapun, Allah tidak pernah dikisahkan menjelma menjadi manusia. Hanya malaikat yang dikisahkan menjelma menjadi manusia dsb."

      Udah baca berapa kitab pak? hehe...

      Hapus
    5. lagi lagi pemahaman dangkal :D

      "Dari kacamata Kristen sendiri. Tidak ada satu ayat pun dalam Injil (yang ditulis dengan tinta merah) di mana Yesus berkata bahwa dialah Tuhan. Yang ada justru Yesus berkata bahwa Allah itu Esa, sembahlah Allah. Yesus pun berdoa kepada Allah saat menghadapi kesulitan. Itu semua dari Injil."
      yakin pernah baca? atau lihat blog di internet yang nggk tau siapa yang nulis? atau malah kata orang? :D
      Iman kami nggk sekedar dari buku...

      "Tentang kenabian, mukjizat, bahwa Yesus dilahirkan tanpa ayah, nabi Adam as pun juga dilahirkan tanpa ayah ibu, jika ini yang dijadikan dasar keTuhanan Yesus, maka nabi Adam as justru lebih pantas dalam hal ini."
      kwkwkw... no comment :D

      "Jadi penulis harus banyak belajar bahwa dalam kitab2 manapun, Allah tidak pernah dikisahkan menjelma menjadi manusia. Hanya malaikat yang dikisahkan menjelma menjadi manusia dsb."

      Udah baca berapa kitab pak? hehe...

      Hapus
    6. Yesus berkata kepadanya, "Akulah jalan, dan kebenaran, dan kehidupan. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

      Yohanes 14:6 (bukti kalo dia adalah Allah)

      Hapus
    7. Anda pengagum Dr Dzakir Naik :v :v

      Hapus
  31. Yang dpt menghidupkan org mati bukan hanya Nabi Isa ada juga nabi sebelumnya tapi tapi sy lupa namanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha lebih baik tidak usah sok tahu kalau memang tidak tahu mas.. lupa atau lupa wkwkw

      Hapus
    2. Saya pun bisa menghidupkan orang mati bila memang mendapat ijin dari Allah. Semua bisa. Tergantung siapa yang Allah perkenanankan untuk menjadi sarana penyalur kuasa-Nya yang ajaib.

      Hapus
  32. Kerjaan Taikers ngaku" Muslim.
    Di Al-Quran sudah ada ayat nya, dibicarakan di acara Muslim, kenapa di permasalahkan.
    Kecuali bicara di depan orang-orang Nasrani...
    Klo yg yg nama nya muslimah ini sudah murtad, dia kafir.

    BalasHapus
  33. Terima kasih utk penjelasannya dngn bahasa yg sngt sederhana sehingga mudah di mengerti. Semoga org2 non Nasrani dpt memahami penjelasan ini sehingga kita bias hidup saling berdampingan, saling menghargai tentunya saling mengasihi. GBU all...

    BalasHapus
  34. Penjarakan aja itu habib rizieq provokator otak rusak pemecah belah NKRI, hukum mati aja!!

    BalasHapus
  35. Terima kasih ibu Aisha semoga Tuhan Memberkatimu !

    BalasHapus
  36. Buat Ibu Aisha,pemahaman ibu luar biasa,dan memang spt ini yg ada pada pemahaman baanyak muslim di indonesia..Buat saudara2ku yg kristiani yg banyak mengisi komen di halaman ini,memang sdh spt inilah banyak muslim memahami kristen,yesus dll..utk yg sering anda lihat di socmed dgn portal berita itu hanya segelintir org dgn misi tertentu..mereka mmg berniat menjatuhkan nusantara dgn cafa menebar kebencian,padahal pemahaman spt ini sdh lama tertutupi oleh orang2 yg harusnya dipertanyakan "keislamannya"..semoga saudara2 mengerti bahwa Islam itu Rahamatan Lil Alamin..bahkan setahu saya Rasullullah sdh lama mengadakan perjanjian utk melindungi umat kristian di zamannya.. tp sumber dan literasinya saya krg ingat..krn saya msh lemah pendidikan agamanya.. smoga nusantara kembali bangkit dengan modal kerukunan umatnya..

    BalasHapus
  37. Trimakasih atas bantuan saudari yang menyampaikan hal Ini kepada semua pengguna media sosial...
    Dan saudari telah mengetahui iman kami pengikiut Tuhan Yesus....
    Semoga saudari diberkati Tuhan...
    Amin

    BalasHapus
  38. Mantap.. smga bisa lebih saling menghormati dan menghargai.

    BalasHapus
  39. penjelasan diatas bagi sy hampir mendekati 50% sebab jika pencapaiannya 50 koma nol persen sj. maka sy yakin anda yang menjelaskanpun akan bertekuk lutut dan mengakui Yesus juga adalah ALLAH bagi mu, bukan hanya ALLAH org nasrani. dan perlu di ketahui yesus lahir ke dunia bukan hanya untuk org nasrani, tetapi untuk seluruh umat manusia. percaya dan mengakui yesus saja tidak cukup. sebab jika kita masih bernafas/(hidup). kita harus hidup dgn firman/ meneladani Yesus. (percaya dgn iman dan perbuatan)

    BalasHapus
  40. Assalamu'alaikum...sy prihatin dgn AKIDAH santri yg dgn "kecerdasan"nya dpt menguraikan konsep agama lain (trinitas?). JikaDia harus me
    D

    Dia ha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebanyakan akidah.banyak baca injil

      Hapus
  41. Apakah menurut anda tidak salah Konsep ketuhanan demikian itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. simple. salah tidak salah, adalah hak asasi pribadi masing-masing. anda boleh utk mengingatkan, "bro, didepan ada jurang."
      tapi saat ybs yang diingatkan cuek2 aja dan memilih tetap melangkah, itu hak dia.
      bisa jadi, terakhir anda lewat jalan situ seblan yang lalu, ternyata semalam sudah ada yang bangun jembatan, dan teman anda tahu itu. makanya dia tetap melangkah. :)

      Hapus
  42. Suatu penjelasan yg baik sekali.
    (Namun ada hal yg tidak pas mengenai Tuhan Maria,itu tdk ada dalam keimanan orang Kristen)
    Hal" yg diluar kemampuan pemahaman atau pemikiran manusia, biarlah itu milik Tuhan yg maha kuasa.
    Sesama manusia harus menunjukkan bahwa kita semua berasal dari 1pencipta 1Tuhan hanya beda agama saja.
    Cara mengahasihi Tuhan adalah dengqn mengasihi manusia.
    Karna bagaimana mungkin mengasihi yg tidak kelihatan, kalau yg kelihatan saja tdak di kasihi.

    God Bless us..

    BalasHapus
  43. Penjelasan dan perbandingannya betul2 sgt sederhana dan bisa lgs dimengerti. Padahal klo buat yg satu lagi kayanya ngjlimettt dan ruwet plus dikasi bumbu kapir, haram, plus2.
    moga2 bnyk yg bisa terbuka mata hatinya, bisa bedain antara pemimpin yg bikin makin nyungsep dgn pemimpin yg betul2 sayang dengan Sang Pencipta. Amin

    BalasHapus
  44. Terima kasih penjelasannya . Semoga orang-orang menjadi paham kepercayaan nasrani lewat tulisan ini, karena kalau orang nasrani sendiri yang menjelaskan, orang-orang tidak ada yang mau mendengarkan

    BalasHapus
  45. Allah yg dikenal oleh umat Nasrani, Jesus Kristus/ Isa/ Yasue يسوع , adh Allah yg rendah hati. Tuhan Allah berbicara kpd manusia dg bahasa yg dipahami manusia supaya misinya difahami manusia berdasarkan kesadarannya sendiri. Bukan berdasarkan ancaman/ tekanan/ paksaan/ ketakutan. Apakah misinya? Dia mengutus Jesus ke bumi utk menyelamatkan umatNya dari perbudakan atas nama Allah & agama. Pemimpin2 agama yg korup memakai nama Allah utk menghasilkan duit/ memeras dg memakai kedok agama. ------Mengapa tdk langsung sj Allah menyatakan diriNya???? Katanya Allah Maha Kuasa??? Bgmn jika suatu hari pemimpin ngr adi kuasa/ super power, USA, Barrack Obama, dg semua pengawal & tentaranya tiba2 mengetuk pintu kita ? Kalau kita tinggal di ngr2 yg msh menganut sistem kerajaan (spt Brunei, Jordan, Arab Saudi, dll) tiba2 rajanya dg semua kemegahannya tiba2 mengetuk pintu rumah kita & mau bertamu ? Mungkin kita bisa lgs pingsan. Sdh sadarpun msh tetap gemetaran. Yg tdk kuat jantungnya mungkin bisa meninggal krn shock. ----------Marilah kita bertanya pd diri kita sendiri, "Apakah kita lbh besar/ hebat drpd nabi Adam ( آدم‎) & Hawa (حواء), Ibrahim ('iibrahim إبراهيم ) , Musa (musaa موسى ), Saul/ Paulus & Yahya Penginjil (John The Evangelist/ Yahia/ Yehia / Youhanna/ Yaḥyā / Yūḥannā ** يحيى / يوحنا ) ? Alkitab yg ditulis sjk 1450 BC (kitab Kejadian ditulis oleh Musa 2150 th sblm Muhammad lahir, 700 AD) sampai Wahyu/ Revelation (95 AD atau 605 th sblm Muhammad) mencatat tokoh2 tsb gemetar ketakutan ktk mrk berdiri di depan hadiratNya termasuk Musa jatuh terjerembab & hrs menanggalkan kasut/ sandalnya ktk dia berdiri di depan Allah (Kejadian 3: 5-6) kalau tdk Musa akan mati krn upah dosa adh maut/ kematian (Surat Paulus kpd umatnya di Roma 6:23). Rasul Paulus, atau Saulus, sblm dia bertobat mengejar umat Nasrani utk disiksa & diserahkan ke pemerintah Roma utk diadu dg singa, jatuh terjerembab ke tanah dan buta ktk Jesus menampakan dirinya dlm kilauan cahaya (Kisah Rasul/ Acts 9)---------Tdk ada seorangpun manusia yg suci krn segala niat baik & jahat ada dlm fikiran kita kecuali Jesus Kristus yg dikirim ke dunia ini sbg misi penyelamatan dari Tuhan Allah kpd umatNya. Oleh sebab itu dia dilahirkan bukan dari pertemuan sperma & sel telur/ ovum manusiawi ttp atas titah/ kehendak Allah sendiri. Semuanya ini ditulis dlm kitab Matius, Markus, Lukas & Yahya. Kok bisa????? Marilah kita lihat ke langit, "Bgmn alam semesta termsk kita sendiri diciptakan ???". Tiada yg mustahil jika Allah berkehendak.

    BalasHapus
  46. Luar Biasa bu, semoga saya memiliki teman2 yg memiliki kalapangan hati dan kecerdasan seperti Ibu, TUhan berkati bu

    BalasHapus
  47. Yesus tidak bisa disamakan dengan alquran, karena alquran adalah firman ALLAH, FIRMAN itu artinya perkataan ALLAH, sementara yesus adalah manusia yg di lahirkan yg sama dengan nabi2 lain, jika yesus adalah firman, trus isi INJIL itu apa ???? , kalau memang yesus itu tuhan kenapa dia harus menjelma jd manusia dan rela disiksa dan di salip oleh manusia biasa hanya untuk mengampuni dosa manusia, kan dia tuhan untuk apa dia repot2 hanya untuk mengampuni dosa manusia, dia kn tuhan yg menentukan dosa dan kebaikan. Cukup di ampuni dosanya kn beres.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pernah mempertanyakan itu juga Mas/Pak, kemudian dalam suatu diskusi teman saya menjawab dengan perandaian, 'kenapa seorang anak perlu belajar, dididik, dan bahkan orangtuanya rela berkorban ini itu untuk anaknya? Kenapa orang tua atau pemerintah tidak memberi anak itu makan sandang papan saja setiap hari? Toh dengan itu sebenarnya anak tetap hidup, biar dia hidup sesukanya sendiri.' Kalau seperti itu, anak susah mencari kebenaran, yang ada hanya bertengkar dengan saudaranya, dan menganggap diri paling benar. Begitupula dengan manusia.
      Sepertinya di Kristiani ada istilah Allah Bapa, itu juga katanya adalah kiasan, yang menggambarkan bahwa Tuhan itu selalu sangat dekat dengan manusia, shingga Tuhan selalu berusaha untuk membuat manusia tidak berlarut2 dalam dosa. Lalu, dalam pandangan Kristiani, Tuhan mengutus FirmanNya dalam wujud manusia untuk menolong orang berdosa.Kalau langsung diampuni, enak dong? Manusia tidak akan pernah belajar.
      Lalu kenapa manusia bisa larut dalam dosa? Knapa Tuhan tidak membuat semua orang suci saja? Mungkin sama halnya seperti murid yang tidak bisa diluluskan begitu saja tanpa ujian. Begitu Mas/Pak yang saya tangkap dari diskusi bersama beberapa orang Kristiani.

      Hapus
    2. mungkin saya bisa menjelaskan sedikit mengapa Yesus datang ke dunia,karena manusia di dunia tidak ada yang suci dan pasti pernah berbuat dosa maka Tuhan memberikan anak-Nya yang tunggal sebagai korban persembahan untuk menyucikan dosa manusia melalui Yesus yang tidak berdosa dia menanggung semua dosa manusia di dunia sehingga rela disalibkan, karena fisiknya adalah manusia maka Yesus bisa mati, tetapi karena Yesus adalah Firman Tuhan maka pada hari ke 3 Ia bangkit daripada orang mati. Mungkin anda mengetahui dahulu para nabi memberikan persembahan kurban kepada Allah, dipilih dari yang terbaik dan tidak ada cacad, seperti itulah Yesus menurut pandangan kaum Kristiani, Dia tidak bercacad dan berdosa sehingga bisa menanggung dosa semua manusia di dunia, kalau anda tidak sejalan dengan pemikiran tersebut pegang iman anda, karena iman seseorang bukan manusia yang menentukan tapi Tuhan, biarlah Tuhan yang jadi Hakimnya ketika kita tutup usia, salam Damai saudaraku.

      Hapus
    3. Bener sekali bro.. Mau nambahin bro.. Kalo Yesus itu Tuhan yang menjelma kenapa dia tidak pernah meminta agar pengikutnya berdoa kepadanya tetapi justru kepada Allah.. Matius 4:10. 7:21. 7:22. 7:23 19:16 19:17.. Jadi bukan yang mengolok yang dangkal mbak aisyah.. Pake logika jangan pake asumsi n khayalan tingkat tinggi.. Ga da yg bisa bener2 tahu dahulu hubungan Yesus dan pengikutnya seperti apa.. Semua harus kembali ke kitab suci.. Dan kitab injil semua jg sudah tahu sudah terlalu banyak perubahan.. Semntara Al Quran masih terjamin isinya.. Jd hendaknya membaca sejarah yang masih asli bukan yang telah dibelok2an..

      Hapus
  48. Hahaha ulasan yg lucu,semacam pendangkalan akidah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. reson yanglucu, dari yang akidahnya dangkal

      Hapus
  49. Salut bunda... Andai smua punya pemikiran dan pengertian seperti bunda insya alloh indonesia indah gak ada yg sok betul dan sok suci bunda...

    BalasHapus
  50. kami tidak diajarkan untuk membalas yang jahat dengan yang jahat....karena Allah adalah Kasih...kamu tidak akan berdemo besar2an memperjuangkan hak kami seb minoritas. Kami yakin n percaya...waktu Tuhan akan datang...Tuhan yang akan berperkara atas semua ini. Semoga pak Habib diberkati oleh Tuhan. Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantab boss!! Dr semua comment, cma ini comment yg paling bagus 👍👍 salam jempol

      Hapus
  51. Salut untuk mbak Aisha Nurramdhani! Semoga Tuhan menghadirkan lebih banyak lagi orang seperti mbak ini sebagai penyejuk dan pencerah di tengah² bangsa kita yg belakangan ini semakin buta dan intoleran.
    I wish you all the best...

    BalasHapus
  52. salut.. acung dua jempol. benar2 luatbiasa..

    BalasHapus
  53. Saya salut kepada Aisha R. Semoga penjelasannya memberikan pencerahan yang berarti bagi kita semua sehingga tercipta toleransi yang nyata

    BalasHapus
  54. Diberkatilah hari kelahiranmu dan ibu yang melahirkanmu, ibu Aisha Nurramdhani. Dan bukankah orang yang membawa damai disebut anak-anak ALLAH?

    BalasHapus
  55. Terima kasih sudah mewakili kami menganalisa dan menjelaskan siapa sebenarnya Tuhan Jesus itu, kiranya dapat meluruskan informasi dan pemahaman yg salah dan menjadi pencerahan bagi saudara2 muslim lainnya di seluruh Indonesia terutama yg berdomisili di Jabodetabek ini.

    BalasHapus
  56. Alhamdulillahirabbil alamiin... Semoga Riziek Shihab membaca ulasan Anda ini Bu, dan menyadari kesalahannya dan mau mengakui bahwa dia salah. Even though I doubt it strongly:)

    BalasHapus
  57. Aahhh, seandainya semua punya pemahaman seperti ibu Aisha.. pasti Indonesia semakin damai

    BalasHapus
  58. Amazing
    Perfecto
    Setara Zakir Naik,bahkan lebih baik.

    BalasHapus
  59. Terimakasih banyak ilmunya yang diberikan dengan cuma2. Semoga saudara tetap menjadi Islam yg beriman baik.sebab hanya pengertian seperti itulah yg dibutuhkan umat Kristiani seluruhnya. Amin.

    BalasHapus
  60. God bless you . Hope a joyfull and freedom from Jesus is on you .

    BalasHapus
  61. Kalau semua pemimpin umat mempunyai pemahaman teologis terhadap ajarannya seperti Ibu Aisha, niscaya negara kita akan aman dan tenteram. Karena pemahaman teologis yang sempit akan membawa kita pada penafsiran yang salah terhadap ayat-ayat suci dari kitab yang masing-masing kita pegang menurut agama dan kepercayaan kita masing-maaing. Penafsiran yang salah tersebutlah yabg kemudian akan bermuara pada perpecahan dan hancurnya bhineka tunggal ika yang kita banggakan selama ini sebagai akibat dari sikap tidak toleran yang lahir dari kegagalan kita memahami maksud Tuhan yang tertuang dalam kitab suci kita masing-masing. Mengenai posisi Yesus bagi kami umat Kristen sesungguhnya bukanlah hal yang perlu diperdebatkan sebab untuk memahami keberadaan Nya dalam keilahian Nya sebagai Tuhan dalan dalam kedagingan Nya sebagai manusia memang tidaklah mungkin dapat kita pahami jika kita hanya mencoba menalar dengan hikmat manusia semata melainkan dengan hilmat yang dari Tuhan. Karena itu bagi saya ajaran agama dan ayat-ayat suci dalam kitab bukanlah sesuatu yang pantas untuk dipertentangkan dan diperbandingkan. Yang terpenting adalah bagaimana kita memohon hikmat dan tuntunan dari Tuhan untuk dapat menjalankan petunjuk-petunjuk ilahi yang tertuang dalam kitab suci agar kita dapat menyelesaikan perjalanan kita di dunia dengan baik. Sesungguhnya tiap-tiap agama mengaajarkan tentang kebenaran kuasa Tuhan, hanya cara kita untuk mencapai Nya saja yang berbeda. Jadi permasalahan keyakinan adalah urusan masing-masing individu dengan Tuhan, sementara dalam hubungan horisontal kita sebagai anak bangsa sepatutnya kita berbangga bahwa dalam keberagaman kita dipersatukan Tuhan sebagai satu kesatuan bangsa yang mestinya menjadi modal dan kekuatan untuk berdiri kokoh sebagai bangsa yang berdaulat.
    Salam sejahtera dari selatan nusantara

    BalasHapus
  62. Penjabaran yg mencerahkan... Salut.
    Moga lebih mengerti dan dpt saling menghargai karena mengerti.bkn mencela seenal'a mlh memperlihatkan kebodohan.

    BalasHapus
  63. Rizieq ini gak layak dibilang habib..tapi layaknya dibilang BINATANG PELIHARAN IBLIS yang bisa mencari masalah mengatas namakan TUHAN DAN AGAMA

    BalasHapus
  64. bisa ga haters yg komen mikir dkit? ente pny agama, org laen jg pny agama, ente pny keyaknan, org laen jg pny. susahkah klo ente2 pade ngurusin diri sndiri? emang slama ini org laen yg beragama laen n pny keyakinan yg beda ngurusin ente? pernah ga mrk mengkafirkan ente? ente cb mkir pake akal sehat la, enak ga sih di kafir2in? di hina2? di olok2/ bully? apalg dipaksa untuk pny pemikiran, agama, dan keyakinan yg ga sesuai dengan hati mrk? so please dah, ga usa ngurusin, ga usah maksain, ga usa kafir2in org toh jg ente bakal nolak klo posisinya di balik.....

    BalasHapus
  65. Bacaan yg bagus! Tapi mau koreksi dikit nih.. 'Banyak dari mereka menganggap Tuhannya Nasrani itu ada 3: Tuhan Bapa, Tuhan Istri (Maryam), dan Tuhan Anak (Yesus)'. Harusnya Tuhan Bapa, Tuhan Anak dan Tuhan Roh Kudus. Gak ada Tuhan Istri (Maryam). But overall this is a really smart & witty article hahaha analogi ketumpahan kopi nya bagus banget!

    BalasHapus
  66. Mantap, GBU.
    Untuk teman2 yang masih punya pertanyaan2 tentang ke kristenan.Di search aja di internet ada banyak artikel2 yang mungkin dapat menjawab.

    BalasHapus
  67. LUAR BIASA..BISA DI MASUKAN DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN SEBAGAI ILMU TENTANG PENTINGNYA PEMAHAMAN KEBERAGAMAAN SEBAGAI WUJUD TOLERANSI..

    BalasHapus
  68. Pembelokan akidah dengan bahasa yang instan. Hati hati bu jika anda muslim. Ibu akan mempertnggung jawabkan semua ini di hadapan Nya nanti.

    BalasHapus
  69. bagus mbak. benar-benar membuka kacamata (melihat dari sudut pandang yang berbeda).
    meskipun mbak berusaha untuk menebarkan perdamaian, tapi akan masih ada orang yang kontra dengan pernyataan mbak... ya mungkin yang memang keras kepala (tidak mau melihat dari sudut pandang berbeda) dan sudah merasa paling benar (tidak tahu kalau isi kepala setiap orang berbeda-beda.
    dan yang paling penting, seperti apapun pemahamanmu, jika dilakukan dengan nama Alloh (islam) dan dengan niat baik pasti akan menjadi pahala. aamiin.
    wallohualam

    BalasHapus
  70. Penjelasan yang bagus, komplit dan pemilihan bahasa yang mudah dibaca dan dipahami. Semoga bisa menambah wawasan untuk yang lain sehingga bisa menumbuhkan rasa toleransi umat beragama.

    BalasHapus
  71. SAYA YAKIN PENULIS INI BUKAN MUSLIM, KRN GAK PAHAM DOGMA MUSLIM.

    ;Bagi umat Kristen,
    Yesus adalah Tuhan yang berinkarnasi (=menjelma) menjadi manusia, bukan manusia yang diangkat menjadi Tuhan seperti yang selama ini disalah pahami ummat Muslim;
    pemahaman muslim bukan sprti itu hahaha,,

    islam itu TAUHID.
    tau artinya tauhid gak?
    tauhid itu menyembah, berdoa, mempercayai hanya pada ALLAH. LANGSUNG PADA ALLAH.
    meminta langsung pada Allah.
    walaupun di dunia ada yg klaim yesus adalah jelmaanya, atau yesus adalah tuhan itu sendiri atau klo syech siti jenar bilang MANUNGGALING GUSTI,atau apalah, ISLAM TETEP FOKUS ARAH SEMBAHNY PADA ALLAH LANGSUNG, gak pake perantara ini itu atau segala rumit lainnya.

    BalasHapus
  72. meski tak sepenuhnya benar... namun setidaknya apa yang disampaikan oleh Ibu Aisah dapat membantu pembaca memahami konteks percakapan habib itu...

    salam damai...

    kita kristiani - islam, adalah satu...
    keturunan Abraham....

    BalasHapus
  73. provokatif.....asshadualaillahaillalah wa'asshaduannamuhammadarasulullah....

    BalasHapus
  74. Sejak kapan ada istilah Muhammad kekasih Alloh. Surat dan ayat berapa? Ah ngawur nih orang. Akun asli bukan nih?

    Yang menyebut Tuhan beranak itu alquran, bukan ulama.ini dogma umat Islam. Apa masalah anda?

    BalasHapus
  75. Kenapa saat disalib dia berkata "eli eli lama sabakhtani." , artinya "tuhan mengapa Engkau meninggalkan aku"
    Pertanyaan nya Yesus ngomong ke sapa? Katanya dia Tuhan yang reinkarnasi jadi manusia, kok bilang "tuhan" lagi? Brrti ada tuhan lain dong?
    1+1 = 2
    1+1+1 tidak mungkin hasilnya 1

    Cmiiw

    BalasHapus
  76. Hhaa, media tipu ini nih, ibu pernah belajar Injil kitab Kristiani ? Coba debat deh sama Dr Zakir Naik, di bible itu jelas Yesus itu menyebut Allah , dan Yesus tidak pernah menyatakan bahwa ia minta di sembah dan menyatakan ia adalah tuhan, dan lucu lagi, tidak ada umat muslim yang ilmunya dalam mengatakan hal yang bertentangan dengan Al-Quran, ga pernah baca Al Qur'an kali ini ya, dan media ini bisa dilaporkan loh, karena kontennya semua provokasi antar umat, hati hati nanti kena azab..

    BalasHapus
  77. Rizieq adalah perusak NKRI, semoga commetar saya ini di baca pemerintah , saya harap rizieq di penjara atau di coret nama nya dari NKRI ,orang seperti dia tidak cocok di katakan sebagai tokoh agama ,yg cocok sbgai tokoh agama seperti ibu ini yg tau tntang agama , seperti ibu ini lah di harapkan NKRI sebagai pemersatu sati dengan lainnya meski ada perbedaan...

    BalasHapus
  78. Wanita tidak akan bisa mengandung tanpa benih membuahi dan Islam pun percaya bahwa Maria mengandung tanpa hubungan biologis. Tidak ada wanita yang mau mengandung seorang anak tanpa pengakuan ayah dari anak. Siapa yg mau tidak diakui sebagai anak?.. Yesus terlahir sudah pasti karena ada benih yg dikerjakan Allah tanpa persetubuhan. Walaupun tanpa persetubuhan, tentunya harus ada pertanggungjawaban selain pihak pengandung yaitu siapa sesungguhnya pihak lain yg membuat anak tersebut terlahir... Ada anak dari ibu sudah pasti ada ayah dari anak.

    BalasHapus
  79. Apanya yg persatuan dan kesatuan apabila terjadi pencaci makian dimana mana..
    Mikir dan bermawas dirilah..

    BalasHapus
  80. biar bagaimanapun penyakit dan semua kburukan yg kita bicarakan saat ini mencerminkan hati mas dan mbak" masing" .. biarpun situasi kita sedang panas atas kputusan yg tidak" di media alangkah baiknya kita kembali ke agama yg kita yakini ... seburuk buruknya orang adalah dia yang mempunyai agama tapi tidak bisa menghargai agama yang lain ..
    salam damai saudara"ku ..

    BalasHapus
  81. Terkadang kita terobsesi dengan yg namanya agama, sehingga ketika masalah berhubungan dengan agama, kita begitu cepat bertindak menggunakan pikiran yg panas dan hati yg membenci, tanpa sadar Iman kita semakin menghilang karena godaan dari sifat permusuhan yg kita miliki sebagai manusia. Semoga saja apa yg di tulis oleh saudara kita ini, bisa kita ambil dari segi positifnya. Buatlah suasana damai dalam cinta dan kasih yg diajarkan agama kita masing masing. Tuhan memberkati Kita Semua. Amin

    BalasHapus
  82. Mdh mdhan kita mendapatkan hidayah Dan taufik aamiin

    BalasHapus
  83. allah sudah menjelaskan siapa dirinya (di surah al ilkhlas) gak perlu penjelasan yang mbulet kayak itu yang malah mendangkalkan iman, katakan tuhan itu satu, allah tempat betgantunya segala sesuatu, allah tidak beranak dan tidak diperanakkan dan tidak ada sesuatupun yg setara dengan Nya. yang percaya silakan yg tidak silakan tidak ada paksaan.

    BalasHapus
  84. Saya kok ga yakin orang yg nulis ini ada ya dan namanya bnr itu...saya aja baru denger ada aktivis muslimat NU dan setau saya kalo emang ini aktivis muslimat NU dia tau betul siapa Nabinya dan ga akan berani dia nulis kaya gini bagi saya ini artikel sampah jd penasaran jg saya bisa tau ga penulis dimana alamat aktivis muslimat NU biasa ngebase dimana mba biasa ngebase saya mau kenal lebih jauh dgn mba penulis

    BalasHapus
  85. "Teman-teman harus paham bahwa ummat Nasrani memiliki pemahaman yang sama dengan Islam, yakni Tuhan itu tidak beranak."

    Kalau memang keyakinannya mereka adalah Tuhan tidak beranak, saja jadi gagal paham, kenapa kalimat "Tuhan tidak beranak dan tidak diperanakkan" menjadi sebuah bentuk penistaan. Kan sama keyakinannya? Hmmm.

    BalasHapus
  86. "Teman-teman harus paham bahwa ummat Nasrani memiliki pemahaman yang sama dengan Islam, yakni Tuhan itu tidak beranak."

    Kalau memang keyakinannya mereka adalah Tuhan tidak beranak, saja jadi gagal paham, kenapa kalimat "Tuhan tidak beranak dan tidak diperanakkan" menjadi sebuah bentuk penistaan. Kan sama keyakinannya? Hmmm.

    BalasHapus
  87. Karna andalah sebetulnya yg iblis..

    BalasHapus
  88. Ngga yakin penulis artikel ini seorg muslimah..maaf yah

    BalasHapus
  89. Mf sya kira anda salah memberi penjabaran, coba anda buka kitab addasuqi jgn terjemahan.

    BalasHapus
  90. apapun yang terjadi mari kita sama sama berdoa bagi keutuhan bangsa dan negara kita ini. terimakasih untukmu ibu/ ny. Aisha Nurramdhani, Tuhan Yesus Kristis Allah Tritunggal akan memberkatimu sll. salam hangat dari Timur Indonesia.

    BalasHapus
  91. apapun yang terjadi mari kita sama sama berdoa bagi keutuhan bangsa dan negara kita ini. terimakasih untukmu ibu/ ny. Aisha Nurramdhani, Tuhan Yesus Kristis Allah Tritunggal akan memberkatimu sll. salam hangat dari Timur Indonesia.

    BalasHapus
  92. apapun yang terjadi mari kita sama sama berdoa bagi keutuhan bangsa dan negara kita ini. terimakasih untukmu ibu/ ny. Aisha Nurramdhani, Tuhan Yesus Kristis Allah Tritunggal akan memberkatimu sll. salam hangat dari Timur Indonesia.

    BalasHapus
  93. apapun yang terjadi mari kita berdoa untuk kerukunan umat beragama di NKRI lita yg tercinta ini. dan kepadu ibu/ ny. Aisha Nurramdhani Tuhan Yesus Kristus Allah TriTunggal akan senantiasa meyertaimu. salam hangat dari Timur laut Indonesia

    BalasHapus
  94. Jawabannya ya itu: lam yalidu, wa lam yuuladu. (Allah itu) tidak pernah beranak dan (Allah itu) tidak untuk dianak-pinakkan.

    BalasHapus
  95. Mohon maaf bagi saya pribadi pernyataan seperti ini keliru...... Konsep tuhan menjelma sebagai manusia sangatlah keliru..... Sebagai muslim saya wajib menolaknya.. Pertanyaan sederhananya, tidak ada satu ayat pun dalam kitab injil yg menyatakan bahwa yesus itu tuhan.... Dan harus disembah manusia.. Kesamaan yesus itu kalamullah dengan buku alquran kalamullah adalah persamaan yg keliru, dengan kuasa Allah, bisa dengan mudah Allah menjadikan manusia menyembahNya tanpa harus menjelma sebagai manusia....
    Mohon maaf pribadi tidak dapat menerima penjelasan ketuhanan seperti ini, sangat bertentangan dengan alquran yg sudah jelas melarang mengatakan yesus adalah anak tuhan, terlebih lagi dikatakan tuhan yesus.... Terimakasih bnyk atas usahanya....

    BalasHapus
  96. Ni baru penjelasan yg jelas
    Tapi masih banyak tu yg gagal faham, tapi gpp semoga semakin banyak mempelajari lagi n akhirnya faham

    BalasHapus
  97. HAHAHAHA.... kalau saya bukan tertarik dengan penjelasannya namun saya tertarik... SIAPAKAH Aisha Nurramdhani itu ya... belajar drmana beliau... karena penjelasannya sgt dalam dan identik dengan apa yg saya pernah dengar dr seorg kristen... tolong kalau ada video tentang Aisha Nurramdhani bisa di tampilkan.....

    BalasHapus
  98. hahaha... siapakah ya Aisha Nurramdhani.... mohon klau ada videoonya di upload donk.... karena ulasannya dahsyat bgt n identik dengan penjelasan seorg pendeta...

    BalasHapus
  99. Kalau yesus itu tuhan, Jadi yesus berdoa sama siapa waktu jadi manusia.?

    BalasHapus
  100. perang logika haha, tapi sebenarnya yang benar sangat terlihat dan sesuai logika bukan dibuat buat agar sesuai logika. tapi tujuan anda good semoga satu yang benar tertanam dalam hati anda

    BalasHapus
  101. Dan dengan demikian tidak berarti yesus adalah tuhan..... Allah adalah tuhan yg satu / ahad....

    BalasHapus
  102. org yg komen negatif please keep in mind klo agama tu bukan untuk diperdebatkan, diributkan, dipaksakan. klo ada merasa bnr, ya uda bnr aja sendiri jgn suruh org lain yg pny pendapat supaya harus setuju ama ente brur... in the end jgn ganggu org laen dah, urus aja diri masing2...

    BalasHapus
  103. Semoga sang Habib Rizieq diampuni karna dia tdk tau yg dia katakan...aminnnn

    BalasHapus
  104. Semoga sang Habib Rizieq di maafkan karna dia tidak tau apa yg dia katakan..aminnnn..

    BalasHapus
  105. Semoga sang Habib Rizieq diampuni karna dia tdk tau yg dia katakan...aminnnn

    BalasHapus
  106. Trimakasih atas share pengetahuannya... Yesus slama hidup mengajarkan kasih.. Dan kasih itu yg mnguatkan kami.. Ibarat pribahasa anjing menggonggong kavila berlalu.. Orang mengaku pandai dan mngaku paling saleh tp menebar kebencian dan pembenaran tanpa dia sadari mendangkalkan dirinya sendiri di sesama kaumnya..

    BalasHapus
  107. SEbaiknya jangan jadi provokator, kalau tidak suka fpi, bisa keluar dari indonesia kok, ngak ada yang larang. Jangan buat fitnah fitnah terus, kasihan fpi.. Mereka sudah berjuang demi islam, sedangkan anda cuma bisa koment ngak bermutu sama sekali. Kayak anda sudah terprovokator dengan postingan hoax.

    BalasHapus
  108. Gak ada yg menyamakan, itu perbandingan spy lbh bisa dipahami. Yesus adl Firman Allah yg hidup, sang Logos,Firman yg menjadi manusia. Injil itu artinya kabar baik. Kabar baik itu yaitu kabar ttg Tuhan yg berinkarnasi mjd manusia utk menebus dosa umat manusia, sang Mesias/messiah/yang diurapi, Juru Selamat. Kabar baik ini ada di 4 kitab dlm Alkitab,Matius, Markus, Lukas, Yohanes yg disebut 4 kitab Injil. Jd kitab Injil hanya bagian kecil dari Alkitab. Jk Yesus adalah Firman yg mjd Manusia, maka Alkitab (isinya keseluruhan) adalah Firman yg tertulis. Keseluruhan Alkitab i tisarinya adalah menyatakan Kristus/Mesias yaitu Yesus. Mengapa hrs mjd manusia dan mati di kayu salib? Krn iman Kristen sesuai Firman mengatakan bhwa seluruh umat manusia telah kehilangan kemuliaan Allah. Artinya sejak Adam dan Hawa jatuh ke dlm dosa, manusia secara keseluruhan pun mjd berdosa. Alkitab memandang Allah begitu suci hingga perbuatan baik, amal, persembahan tak cukup utk menebus dosa manusia di hadapan Allah yg suci/kudus.Di masa Perjanjian Lama, bgs Israel diberikan hukum Taurat utk mrk sadar apa itu dosa sehingga mrk setiap kali berbuat dosa harus melakukan ritual penebusan dosa/pendamaian dg korban hewan yg tanpa cacat cela dipimpin oleh imam, berkali-kali seumur hidup mrk. Korban hewan itu adalah perlambang dr korban Yesus kelak. Perlambang terbesar ttg korban Yesus adalah ketika org Ibrani/Israel diluputkan dari tulah ke-10 yaitu matinya seluruh anak sulung laki-laki di Mesir dg korban anak domba yg darahnya dioleskan di ambang pintu rumah rumah mereka. Dg melihat tanda darah itu malaikat maut melewati rmh mrk tanpa mengambil nyawa anak sulung laki-laki di rumah itu. Itulah Padkah Yahudi. Pada masa Perjanjian Baru, perlambang ini digenapi saat Yesus disalibkan. Darah-Nya mjd korban penebus dosa sekali utk selamanya. Korban hewan tdk diperlukan lagi.ps hari Paskah Yahudi Yesus disalibkan dan menurut Alkitab Ia bangkit pd hari ke 3 sebagai kemenangan atas maut.Sejak itu barang siapa percaya & menerima Yesus sbg Tuhan dan Juruselamat, ia diampuni dosanya dan diselamatkan dari maut yaitu hukuman kekal. Orang yg telah percaya ini lalu dituntut utk mau hidup menurut firman & teladan Yesus sbg wujud imannya. Inilah yg disebut org Kristen. Jd kekristenan adl ttg iman percaya & hidup mengikut Yesus bukan semata ttg agama. Tdk ada pemaksaan. Kalau seorang percaya, ia adalah Kristen. Tapi kl ia tdk percaya, meskipun misalnya ia tinggal di gereja, ia bukan Kristen.

    BalasHapus
  109. Ente buka Al-Qur'an baca dan pahami isi dari surah al ikhlas biar gag asal ngomong.

    BalasHapus
  110. Silahkan dibaca dan dipahami kembali isi dari surah Al-Ikhlas.

    BalasHapus
  111. Saya bingung dgn orang2 yg selalu menyudutkan, mengejek, menjelekan agama/keyakinan/kepercayaan orang lain dan selalu suka meng-usil-kan.
    Klo anda2 yg tidak bisa menerima bahwa Yesus itu adalah Tuhan, dan Yesus itu adalah anak Allah.
    Biarlah orang Nasrani/Kristen meyakinkan dan mempercayai hal tsb.
    Jadi tolonglah jangan diusilkan & diperdebatkan....dong.
    Tolong difahami ayat yg isinya: LAKUM DINUKUM WALIYADIN artinya UNTUKMULAH AGAMAMU, UNTUKULAH AGAMAKU.
    Salam Damai

    BalasHapus
  112. Tulisan ini sesat dan menyesatkan perlu untuk dilaporkan kepada yang berwajib agar menjadi pelajaran bagi setiap orang yang mencoba memecah belah suatu umat agama.

    BalasHapus
  113. Sepakat om.. situs apaan ini..

    BalasHapus
  114. Ibu, lebih mirip seperti umat nasrani dari pada seorang santri.

    BalasHapus
  115. Sungguh semua kelak akan mendapatkan pertanggung jawaban atas perkataan masing2, mudah2an kalian semua mendapat hidayah dr ALLAH SWT.. amiin

    BalasHapus
  116. Apaan ni lucu bnget...
    Ibu mngkritik tp blum tau lebih dalam agama sendri.. kn konyol.
    Sekarang ni kau nasrani. Di dalam bible ad g yesus/ nabi isha As mengatakan "saya adalah tuhan dan sembahlah aku" sy minta carikan dalam fersi yg mana pun d'bible. klo ad sy pindah Agama. Ke'2 firman tuhan mana yg mengakatakan bahwa yesus/ nabi isha As itu wujud dari tuhan yg reinkarnasi jadi manusia? Bible yg mana? Ayat berapa? Klo bisa yg umat kristiani mohon itu biblenya dibaca dri awal smpe akhir jngn cuman dengar 2-3 ayat sekali semunggu... ingat y baca sampai habis! Anda akan tau apa yg kontradiksi dalam iman dan bible anda.
    Kemudia untuk saudara muslim ku.. dipahami lg keimanan kita. Islam anda.. seperti apa diri anda? Seperti itulah islam. Jdi jagalah keislaman Anda. Assalamualaikum wr. Wb.

    BalasHapus
  117. Moga aisha menjadi muallaf.dan dapat hifayah

    BalasHapus
  118. Konsep Allah/Tuhan dalam Islam.Dalam Q.S Al Ikhlas 1-4. Kalaupun ada berbeda dengan konsep Tuhan agama yang lain,ya untukku agamaku dan keyakinanku,untukmu agamamu dan keyakinanmu.Gak usah diperdebatkan tapi kalaupun mau diskusikan saja dengan damai. Tanpa harus saling menyalahkan.Selami saja dengan hati seperti kamipun menyelami uraian Aisha Nurramdhani. Nggak tabu koq.

    سْمِ اللَّهِ الرَّحْمَـٰنِ الرَّحِيمِ

    قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ ﴿١﴾ اللَّهُ الصَّمَدُ ﴿٢﴾ لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ ﴿٣﴾ وَلَمْ يَكُن لَّهُ كُفُوًا أَحَدٌ ﴿٤﴾

    Qul huwa allaahu ahad(un), allaahu alshshamad(u), lam yalid walam yuulad(u), walam yakullahu kufuwan ahad(un).


    Translate:
    1). Say : He is Allah , the One!
    2). Allah , the eternally Besought of all!
    3). He begetteth not nor was begotten
    4). And there is none comparable unto Him


    Artinya:
    1). Katakanlah: Dia-lah Allah, Yang Maha Esa
    2). Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu
    3). Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan
    4). Dan tidak ada seorangpun (makhluk) yang setara dengan Dia (Allah)

    BalasHapus
  119. Ibu Aisha, konsep ke Tuhanan dalan Islam di jelaskan dlm Al Quran Surat Al Ikhlas.. " Dialah Allah, yang Maha Esa, Tidak beranak dan tidak pula di peranakan (dilahirkan) dan Tidak ada sesuatupun yang setarah dengan Dia " dan disebut di Al Quran dengan jelas Muhammad & Isa adalah Nabi / Rasul pembawa ajaran Allah, Aqidah tidak bisa dicampur adukan dengan membanding bandingkan, " Lakum Diinukum Waa Liya Diin.. Bagimu agamamu, bagiku agamaku " Jadi stop komentar2 yang mendangkalkan Aqidah karena ketidakpahaman..

    BalasHapus
  120. Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini,sehingga Ia mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal supaya setiap orang yang percaya kepadanya tidak binasa melainkan beroleh hidup yang kekal

    BalasHapus
  121. Nabi pernah berkata pada Sahabatnya" aku diturunkan ilmu itu ada 2 karung, yg satu karung hanya kubisikkan kepada ahliku, dan yg satu karung lagi di baca oleh seluruh ummat (kafir, yahudi, qurais) dan yang satu karung itu jangan lah engkau sampaikan ke pada org lain akibatnya bisa dipenggal kepalamu..
    Artikel ini sangat hebat dan hanya bisa di fahami oleh org2 sufi/tasawuf..
    Jadi kalau di baca ama org yg ga faham akibatnya berantem kayak gini dah..
    Salam damai sejahtera kawan2, mari kita saling mengasihi antara sesama manusia..
    Urusan sesat, kafir, dosa dan apalah namanya biar TUHAN saja yg menilai..
    Kita ini apalah hanya Tai semua isinya, mata berTai, hidung berTai, telinga berTai apalagi pantat lubangnya Tai..
    Jadi uruslah diri masing2 atau bahasa lainnya uruslah Setan masing2, ga usah urusin setan orang lain, pada gondut2 itu di perut masing2..

    BalasHapus
  122. Saya akan mencoba menjelaskannya dgn cara saya dalam namaNya. Sederhananya: Allah berkehendak menjadi manusia. Lalu Dia menciptakan manusia yang pasti suci dari keturunan yang Dia kehendaki dan roh yang Dia kehendaki untuk mengemban kebesaranNya. Itulah Isa atau Yesus bagi Nasrani. Saat tertentu, Yesus tetap di uji oleh Allah dan harus berdoa kepadaNya (saat disalib, saat berpuasa, saat di goda iblis, dll). Sungguh Allah itu Esa dan Maha Segalanya. Tapi saat iya menghidupkan yang mati, menyembuhkan orang buta, berbicara kepada badai, dll, saat itu Allah yang berkehendak dalam diri Yesus.
    Semoga penjelasan td membuat kami dimaafkan. Amin

    BalasHapus
  123. Penjelasan yang bagus...
    maaf sebelumnya saya cuma capek lihat comment-comment yang bilang ini salah itu salah dan berunsur kebencian...

    saya pernah membaca sebuah perumpamaan yang sangat keras untuk anda semua yang merasa benar dan berusaha mencampuri kehidupan orang lain...
    dengan tidak ada maksud menistakan agama manapun.

    Agama itu seperti kemaluan anda, hanya untuk anda atau mungkin orang yang selayaknya saja menurut anda perlu tahu dan hanya milik anda, sama seperti agama, hanya anda yang perlu tahu dan hanya milik anda.

    Kalau anda secara langsung atau tidak langsung memaksa orang lain menggenggam agama anda, sama kaya anda memaksa orang untuk menggenggam kemaluan anda...

    pertanyaannya, apakah anda mau digituin?
    AGAMA hanya untuk pribadi masing-masing, di jaga masing masing, dan sekali lagi saya mohon, TOLONG HORMATI orang lain yang berbeda...

    Dan yang buat sangat marah, orang sering kali mengaku TIDAK MEMAKSAKAN keyakinan, tapi berkelakuan yang MENYUDUTKAN orang yang berkeyakinan berbeda agar tidak nyaman dan akhirnya pergi atau TERPAKSA memaklumi perbuatan anda

    terakhir kali saya minta tolong buat saudara2 dengan keyakinan apapun... respect respect respect

    BalasHapus
  124. Karena keyakinan kita berbeda, maka faham kita berbeda, sudut pandang kita berbeda. Al-Quran sebagai tuntutan hidup seorang muslim sudah jelas memberi arah tentang Isa Al-Masih, untuk bab ini jelas sudut pandang kita berbeda. Apa perbedaan ini harus jadi pemicu konflik? TIDAK. Kita harus menghargai dan menghormati. Apa perbedaan ini harus dilihat dari sudut pandang yang sama agar tidak berbeda seperti yang dilakukan penulis? TIDAK. Karena iman kita berbeda dan tuntunan hidup kita berbeda. Toleransi itu bukan mengakui keimanan agama lain, tapi menghargai dan menghormati keyakinan nya, memberi kebebasan dan kenyamanan untuk menjalankannya ajaran. Untuk bab Agama kita berbeda, jangan dipaksakan menyatu, mungkin ada tema lain yg perlu didiskusikan untuk membuat kita satu, tapi TIDAK dalam hal keyakinan. Bagimu Agamamu dan bagiku Agamaku.

    BalasHapus
  125. ngga yakin yang nulis ini orang muslim..

    BalasHapus
  126. Jangan samakan Tuhan n Firmanx.. Tuhan apa yg kita sembah sedangkn firmanx apa yg kita dngar/tau.. kalian sebut Yesus/Isa & Al-Qur'ar itu Firman.. tpi kami tdk mnyembah Qur'an krn itu syirik kami tdk mnyembah muhammad.. kalian menyembah Yesus yang katanya itu Firman..

    BalasHapus
  127. Kebanyakan Beritanya gak berimbang. Hati2 ya kawan muslim muslimah

    BalasHapus
  128. saya rasa kurang setuju tentang hal itu insan( kamil bil nas-ut) bahwa yesus adalah reikarnasi tuhan, Tuhan adalah tuhan, dia nyata senyata nyatanya,: karna kemampuan manusia lemah ataopun mataatopun jasad dll dari manusiasangat lemah ( so Weakness), maka manusia tidak bisa melihat tuhannya, (when the time has come u will see,Cause The God has Promised) . lihat mahluk kecil saja susah. dengar suara yang berlebihan saja rusak. jadi hanya dengan ruh saja, ato minimal rasa/ hati kecil baru bisa terasa walo halus. untuk Isa atopun nabi rasul yang lain itu adalah utusan utusan dari sang pencipta yang dipilih. antara PENGUTUS dengan utusan berbeda. antara Raja dengan dengan penyampai pesan itu beda. seperti layaknya seorang Raja, dengan seorang utusan , apakah sama? tentu saja tidak sama, bro. menghina utusan berarti menghina yang mengutus. untuk masalah reinkarnasi . sang pencipta tidak perlu bereinkarnasi karna dia sudah ada, dan tolong jangan disamakan tentang bentuk, seperti malaikat mikail berkata tak ada yang sama dengan Tuhan, dan tidak perlu bereinkarnasi karna The God Ada dan nyata,, Dia hanya perlu mengutus, nah karna utamanya manusia , maka utusannya harus dari bangsa manusia juga agar efisien dan efektif, jika bukan manusia nanti malah timbul kaget, misal malaikat ato mahluk halus . tidak efektif. dan terakhir mengapa selalu saja utusan utusan di bilang Sang Pencipta? dahulu Krisna juga katanya reinkarnasi Tuhan, Uzair juga adalah anak allah, Isa adalah Anak Allah/reikarnasi Allah menurut anda. semua di bilang Anak Allah/ Allah para orang suci itu. Oh God aku hidup dimana? jaman apa ini? mengapa begitu banyak yang mengaku Tuhan? kacau amayt yah? lalu tuhan mana yang aku sembah? lalu yang mana Penciptaku? adduh surram, Oh God so Headache.

    BalasHapus
  129. anak buah bukanlah buah...demikian juga dg istilah anak tuhan....anak tuhan bukanlah tuhan tapi dia hanyalah sekedar sebutan buat anak buah bagi tuhan yg di utus TUHAN buat menyelamatkan domba2 israel,,,,,demikian maksud ibu AISYAH...

    BalasHapus
  130. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  131. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  132. Tolong yg ini saja diposting dan yg sebelumnya ada beberapa kesalahan kalimat yg bisa disalahpahami: ini yg sudah saya perbaiki

    Begini saudari Aisha. Dalam Kristen banyak sekali pengertian ttg Yesus anak Tuhan. Tapi memang pengertiannya bukan Yesus dilahirkan oleh Tuhan tapi salah satunya adalah penjelmaan Tuhan tapi juga ada yg mengartikan adalah memang bener anak Tuhan, meski tidak melalui proses secara biologis, seperti pada penjelasan surat matius yg menyatakan ttg 'son of God' meski sepertinya ada lain pemaknaan bhw son of god diganti dgn GOD the SON di galatia 2:20.

    Jadi memang pemaknaanya banyak tapi iya orang kristen juga beranggap bhw Yesus memang bener2 anak Tuhan seperti yg dikatakan Al Qur'an, meski tidak dilahirkan secara fisik biologis. Maksud saya Qur'an mengkritik orang nasrani (bukan bible) yg menganggap bhw Yesus itu anak Tuhan (dalam Qur'an padahal tidak begitu maksudnya).

    Juga ada beberapa perbedaan pendapat di kalangan atas kristen ttg Mary itu juga dikatakan punya sifat keTuhanan juga ada yg bilang tidak. Jadi memang banyak konsep di sekte2 Kristen itu Sendiri.

    Saya menanggapi anda dgn Al Qur'an itu sendiri yg punya dikatakan dari firman Tuhan. Iya firman Tuhan itu suci tapi Qur'an sendiri benda biasa. Ini tidak sama dgn Yesus sebab Yesus dalam bentuk fisiknya juga sudah Tuhan yaitu sebagai Tuhan anak dan yesus pun suci.

    Jadi di Kristen juga menyebut Injil firman Tuhan ini baru sama dgn Qur'an yg firman Tuhan. Injil dan Qur'an itu benda biasa tapi firman Tuhannya yg suci.

    Sdgkan Yesus dalam fisiknya juga sudah suci dan ketika katanya disalibkan utk menebus dosa umat yg percaya maka juga suci. Apapun bentuknya jesus itu suci. Jadi anda tidak bisa mempersamakan dgn kitab Al quran atau kitab injil dan firman Tuhan dalam penjelasan kesucian betuk fisik dan ruh dari yesus itu sendiri.

    Jadi anda salah disana.

    Masalah Habib Rizieq: begini kita harus melihat konteksnya, iya saya setuju dgn pendapat beliau ttg AHOK, dari mempelajari berbagai tafsir, sirah Nabi Muhammad serta praktek dari para sahabat. Jadi saya setuju dgn Habib Rizieq.

    Tapi setelah saya melihat Habib rizieq yg dikatakan penodaan itu memang saya kira dia juga ada mengolok2 nya meskipun kalau kita lihat video itu secara penuh, sebenrnya beliau justru menghimbau ke Umat Islam utk mensucikan aqidahnya dgn menghindari apapun dari perayaan natal tapi tidak membolehkan utk bertindak agresif kepada orang yg merayakan Natal. Tidak boleh kita mensweeping orang merayakan ritual natal bagi yg mempercayainya itu kan himbaunnya di Video nya.

    Tapi betul Habib disitu ada indikasi mengolok2 iman kristen dalam perkataaan 'Bidannya'. Saya tahu Habib itu paham ttg Bible, saya yakin itu, dan dia tahu bhw yesus menurut orang kristen tidak lahir secara biologis meski orang kristen meng imani bhw Yesus adalah bener2 anak Tuhan, dari yg saya sebutkan sebelumnya.

    Jadi menurut saya tidak mengapa utk dilaporkan karena ini memang sepertinya bisa melanggar pasal2 SARA di Indonesia. Saya kira habib juga pernah dipenjarakan tahun 2013 dulu jadi tidak ada masalah. Kalau salah ya salah, dan saya kira Habib akan legowo kalau memang terbukti bersalah tetapi saya minta agar FPI juga legowo.

    Saya kira tidak mengapa: Lihat ini orang2 non-muslim pun bisa melaporkan orang kuat saat ini dalam artian habib rizieq yg lagi naik daun yg bisa mengumpulkan jutaan umat di 411 dan 212. Justru ini peluang bagi Indonesia yg bener2 melindungi semua umat.

    Da bagi saya ini justru bagus bagi Habib sendiri kalau beliau legowo dan saya dengar dia akan legowo dan tidak ada masalah kalau memang dilaporkan bersalah.

    begitu dari saya.

    Salam

    faisal

    BalasHapus
  133. Hmm, intinya itu saling menghormati, tapi kok saya masih bingung ya, yesus disama paralelkan dengan Al-Qur'an, kalau begitu yesus tidak harus disembah dong kan al Qur'an juga ga disembah tuh sama umat muslim, al-Qur'an itu pedoman hidup untuk umat muslim, sama halnya terus yang seharusnya dijadikan pedoman hidup bukan dijadikan tuhan, ya intinya jangan saling campur mencampuri, dan menurut saya mengenai olok-olok habib rizieq itu memang harusnya tidak diucapkan seperti itu, tapi balik lagi, beliau itu kan mengucapkan itu di depan jamaah muslim juga, bukan jamaah kristen jadi memang itu ranahnya beliau, begitulah kira2, mari kita saling menghormati

    BalasHapus
  134. Ga usah ribet kapan dan apa buktinya yesus ngomong aku ini tuhan, mohonlah kpdaku dan sembahlah aku..uraian si fulan ini g mendasar hanya imajinasi dan menyambung2xkan cerita hingga menjadi suatu bentuk situasi soal tuhan...aneh dan sy cuma bisa tepok jidad, mencari ketuhanan cuma bisa diraba2x dgn otak dan khayalan tp tdk dg hati batin...kasihan

    BalasHapus
  135. Untuk mempelajari agamanya kembali kitab suci masing2. Ketika kitab suci ada yang salah (bertentangan) atau memiliki kalimat yg tdk pantas, maka pertanyakanlah. Jangan melihat org2nya.. Hehe

    BalasHapus