Tamparan Keras Untuk FPI........Imam Besar Masjid Istiqlal: Ucapan Ahok Bukan Penistaan Agama


Infomenia.net -Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar menyatakan pernyataan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengenai Al Maidah 51 bukanlah penistaan. Menurut dia penistaan tidak tergambar dalam kalimat Ahok. Kalimat Ahok menyatakan surat Al Maidah digunakan orang lain untuk mempengaruhi pilihan politik.

"Saya juga menyimak betul apa yang disampaikan bapak gubernur. Saya memahami bahwa konteksnya tidak dalam arti menghina ayat ya," jelas Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar  kepada KBR, Selasa (01/11).

"Tetapi bagaimana pun juga statement misalnya 'dibohongi oleh surat Al-Maidah' macam-macam - redaksinya persis seperti itu - memang bisa menyakiti telinga orang lain, terutama yang beragama Islam," tambahnya.


Nasaruddin menyerukan kepada umat muslim agar lebih arif menghadapi situasi ini. Kata dia, seharusnya umat muslim tidak terpancing emosinya. Sebab, dalam kasus ini contohnya Ahok, bukanlah orang yang mendalami ayat-ayat Al Quran.


Selain itu, dia juga mengimbau seluruh politisi untuk tidak menggunakan ayat-ayat kitab suci dalam kegiatan politik. Sebab, hal itu bisa berakibat pada kemarahan. 


"Jadi dibohongi itu kan kalimat pasif. Sebetulnya ada subjeknya yang dihilangkan. Di dalam konteks sebelumnya itu adalah bapak ibu gitu ya, bapak ibu dibohongin itu sebagai predikatnya pakai surat itu adalah keterangan. Dalam konteks itu berarti yang dimaksudkan dibohongin dengan menggunakan. Jadi itu ayat itu dipakai sebagai alat membohongi bapak ibu yang di dalam konteks sebelumnya itu, gitu," papar Yeyen kepada KBR, Selasa (1/11/2016).


"Jadi dibohonginnya tidak mengacu pada ayatnya sebetulnya, tapi ayat itu dipakai sebagai alat untuk membohongi. Permasalahannya apakah yang membuat pernyataan itu, kan tidak menyatakan bahwa surat itu bohong kan gitu ya, tetapi menggunakan alat dengan ayat itu. Jadi memakai ayat itu sebagai alat membohongi orang, kan gitu maksud sintaksisnya," ujarnya. 
Dalam transkrip yang beredar seputar ucapan Ahok  di pulau Seribu tertulis, "Jadi jangan percaya sama orang. Kan bisa saja dalam hati kecil bapak ibu enggak bisa pilih saya. Karena Dibohongin pakai surat Al Maidah 51 macem-macem gitu lho (orang-orang tertawa). Itu hak bapak ibu, ya."  


"Dan untuk umat Islam juga ada kehati-hatian juga dalam merespon," katanya.
"Janganlah sering dibawa ke politik," tandasnya lagi.  
Badan Reserse dan Kriminal  (Bareskrim) akan mendatangkan ahli bahasa, agama dan pidana untuk menangani kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan Gubernur Ahok. Kata Direktur   Tindak Pidana Umum Bareskrim Brigadir Jenderal Agus Andrianto seusai pemeriksaan Ahok di Bareskrim, Jakarta Pusat, Senin, 24 Oktober lalu, pemeriksaan itu untuk melengkapi keterangan saksi yang sudah diperiksa sebelumnya.  

Menurut Kepala Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Badan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Yeyen Maryani, kata dibohongi adalah kalimat yang pasif. 

Yeyen  menjelaskan  dari sisi bahasa harus melihat konteksnya mengacu kemana.m.kbr.id



Subscribe to receive free email updates:

196 Responses to "Tamparan Keras Untuk FPI........Imam Besar Masjid Istiqlal: Ucapan Ahok Bukan Penistaan Agama"

  1. innalillah , kamu akan dituntut diakhirat karena membolak balik ayat ALLAH ,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Islam mengkritik dunia barat nomor satu, tapi kalo agamanya dikritik marah..Islam menghina Yesus bukan Tuhan dan kristen kafir melalui toa jumatan nomor satu tapi kalo nabinya dikritik hrs dibunuh...uu macam apa ini?..kok kesannya tdk adil?..uu penistaan agama thn 1965 shrsnya dicopot krn tdk sesuai lagi dgn kebhinekaan indonesia tapi sepertinya nasi sdh menjadi bubur kecuali kalo ada revolusi..kalo buat uu hrs dipikirin dulu baik2 masa depannya seperti apa?..jgn asal sembarangan..ide siapa sih yg memasukkan uu itu?..pancasila yg demokrasi jgn dipaksa utk tunduk kpd uu syariah yg jelas2 bukan demokrasi..syariah itu bukan demokrasi ingat itu, syariah tidak sama dgn demokrasi...syariah itu dari timur tengah, sedangkan demokrasi itu produk dari filsafat yunani...zaman skrg adlh zaman kebebasan berekspresi..di indonesia yg majemuk tdk cocok uu penodaan agama 1965..uu itu cocoknya di timur tengah sana.

      Hapus
    2. Semoga Allah memberikan hidayah buat anda... amin

      Hapus
    3. Sesama manusia aja udh berani mengkafirkan orang lain... MENYEDIHKAN!!!!!!!

      Hapus
    4. Maaf ya... Sebenarnya Islam itu Demokratis kenapa muncul Pemilihan kepala daerah bahkan kepala Negara melalui PEMILU? Kan diawali dr Islam... Ketika Shahabat Umar RA di baiat atau di dukung oleh Umat dgn cara berjabat tangan.. Mereka bersumpah setia.. Yg satu bersedia menjadi pemimpin dan yg lain bersedia dipimpin... Mereka bukan paksaan, mereka rela demi kesatuan dan persatuan.
      Satu lagi Syariat itu merupakan metode pelaksanaan saja dan bukan pula dr Timur Tengah..

      Hapus
    5. Lauric Acid, baca injil baik baik, cari kalimat yang tidak ambigu yang menyatakan bahwa yesus adalah Tuhan, dan Yesus minta disembah.

      Hapus
    6. Mungkin kita masih ingat pada pernyataan AM Sefuddin dan AMIN RAIS yang getol menjegal Megawaty Soekarno putri menjadi PRESIDEN dengan POROS TENGAH nya , mereka mengutip ayat ayat Alquran dan mengaharamkan wanita sebagai pemimpinnya . Akhirnya jadilah GUS DUR sebagai Presiden RI . lawan politik Megawaty saat itu sangat getol membodoh bodohi masyarakat dengan mengutip ayat ayat Alquran . Hal seperti inilah yang diingatkan oleh AHOK , agar tidak terjadi lagi ... sebab tidak sedikit pemimpin agama / Ulama atau politikus memanfaatkan ayat Alquran demi kepentingannya dan kelompoknya . jauh sebelum kasus dugaan penistaan Agama yang dilakukan oleh Ahok ( kasus yg bergulir sekarang ) kelompok FPI telah menolak AHOK , bahkan FPI memunculkan GUBERNUR TANDINGAN ( walaupun tidak memiliki dasar hukum ). wajar saja masyarakat CURIGA pada FPI yang memanfaatkan situasi untuk mendiskreditkan AHOK . he he he ... pesanan ..?

      Hapus
    7. @Dhanang saya seorg kristiani, perkenankan saya berbagi pandangan pribadi saya serta beberapa referensi dari Alkitab yang sudah dirangkum oleh narasumber dalam video di youtube. Bagi saya, apabila memang benar ada pernyataan dari Yesus yg berbunyi spt "Aku adalah Tuhan maka sembahlah Aku", mungkin hari ini saya tidak akan menganut Katolik lagi. Ungkapan demikian, menurut saya lebih cocok/tepat/lazim digunakan pada jaman dahulu ketika begitu banyak dewa yang meninta untuk disembah, sebut saja jaman Yunani lampau. Lebih lanjut, perlu dipahami konsep Triniti dalam kekristenan sebelum mencerna konten video tsb krn sangatlah krusial. Yg utama bagi saya adalah iman dan pendalaman yg kuat, bukan memaksakan jawaban (ada/tidak) menurut kehendak kita maupun berkutat pada pertanyaan yg sama yg kerap kali saya dengar dari umat agama lain di Indonesia dan menurut saya agak kurang dewasa. Contoh, seorang bocah manja yg meminta pembuktian kasih sayang dari orang tua nya dengan memaksakan agar diberikan apa yg dikehendaki (katakanlah mainan) dan bocah tsb baru akan mengakui bahwa org tuanya benar tulus menyayangi dia, padahal kita tahu betul bahwa hal tsb mungkin bukanlah yg terbaik buat si kecil. Saya tidak akan berpanjang lebar namun banyak sekali referensi dari 1 kitab ke kitab lainnya yg akan dijelaskan pada video tsb, di mana dulu saya juga sempat mendalaminya (pemahaman Alkitab) ketika duduk di bangku smp. Berikut tautannya semoga dapat memberi pencerahan..

      https://youtu.be/t7fh4wmhhtU

      Hapus
    8. @Dhanang saya seorg kristiani, perkenankan saya berbagi pandangan pribadi saya serta beberapa referensi dari Alkitab yang sudah dirangkum oleh narasumber dalam video di youtube. Bagi saya, apabila memang benar ada pernyataan dari Yesus yg berbunyi spt "Aku adalah Tuhan maka sembahlah Aku", mungkin hari ini saya tidak akan menganut Katolik lagi. Ungkapan demikian, menurut saya lebih cocok/tepat/lazim digunakan pada jaman dahulu ketika begitu banyak dewa yang meninta untuk disembah, sebut saja jaman Yunani lampau. Lebih lanjut, perlu dipahami konsep Triniti dalam kekristenan sebelum mencerna konten video tsb krn sangatlah krusial. Yg utama bagi saya adalah iman dan pendalaman yg kuat, bukan memaksakan jawaban (ada/tidak) menurut kehendak kita maupun berkutat pada pertanyaan yg sama yg kerap kali saya dengar dari umat agama lain di Indonesia dan menurut saya agak kurang dewasa. Contoh, seorang bocah manja yg meminta pembuktian kasih sayang dari orang tua nya dengan memaksakan agar diberikan apa yg dikehendaki (katakanlah mainan) dan bocah tsb baru akan mengakui bahwa org tuanya benar tulus menyayangi dia, padahal kita tahu betul bahwa hal tsb mungkin bukanlah yg terbaik buat si kecil. Saya tidak akan berpanjang lebar namun banyak sekali referensi dari 1 kitab ke kitab lainnya yg akan dijelaskan pada video tsb, di mana dulu saya juga sempat mendalaminya (pemahaman Alkitab) ketika duduk di bangku smp. Berikut tautannya semoga dapat memberi pencerahan..

      https://youtu.be/t7fh4wmhhtU

      Hapus
  2. Intinya sudah jelas dalam kontek perkataan "dibohongi pakai Surat...." ini berarti memaknai memakai surat....untuk membohongi kenapa gak pakai yg lain,
    Misalnya pakai kayu atau pakai batu jangan sebutin ayat Al Qur'an
    Dan tersebut sudah merupakan pelecehan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan jadi PROVOKATOR kacangan Bung..!!! Statemen Imam Besar Nazaruddin Umar sudah BENAR..! Hormat saya Kpda Bpk. Nazaruddin, sedikit banyak tlah MELURUSKAN apa yg menjadi Perselisihan diantara umat, krn sesungguhnya banyak yg Terprovokasi oleh Kepentingan kelompok tertentu demi tujuan mereka utk Memecah belah NKRI..!(ys.pengamat prilaku & fenomena, gresik jawa timur)

      Hapus
    2. pemahaman seorang Muslim jangan cetek #saran

      Hapus
    3. Kalau pakai benda atuh ngga nyambung mas yg ada malah jd fitnah toh yaa, pada kenyataanya orang muslim jg ada yg bilang patung kok di sembah itu bukan jg penghinaan terhadap agama lain kalau ahok itu cm rakyat biasa apa bakal ada yg ngungkit* jelas ngga ada!!

      Hapus
    4. Pinter banget sik.
      Ayah ibumu pasti bangga bahkan se kelurahan bangga sama kamu

      Hapus
    5. Betul bgt ,,cb klu org kecil yg blg pasti gk akan ada respon,,, ini cm

      Hapus
    6. ehm mas @Blue Lencung minta tolong kalau baca hati nurani dan flash back sama pelajaran bahasa indonesia kelas SD.. Tidak usah terburu2 emosi.. ingat bersama emosi syetan ikut tepuk tangan.. kalimatnya "Jadi jangan percaya sama orang. Kan bisa saja dalam hati kecil bapak ibu enggak bisa pilih saya. Karena Dibohongin pakai surat Al Maidah 51 macem-macem gitu lho (orang-orang tertawa). Itu hak bapak ibu, ya."."

      Dibohongin disana bukan berarti surat al maidah nya berbohong.. tetapi seseorang yg pernah menyampaikan kepada masyarakat ttg surat al maidah.

      Terimakasih.

      Hapus
    7. Sudaah,, gak usah ribut,,mari kita bersatu menjaga NKRI ini, jngn krn kita beda agama, atau suku trs kita terpecah belah,,,

      Hapus
    8. Walaupun ahok sdh minta maaf proses hukum harus tetap berjalan krn dlm KUHP pasal enistaan agama itu deliknya umum , klo dengan minta maaf bisa menghapus proses hukum semua narapidana di LP akan minta maaf

      Hapus
    9. Masih belum terbuka otaknya...masih seperti katak didalam tempurung. Kalau tidak suka damai..pergi saja ke Syria sana

      Hapus
    10. Syukur deh..., msh banyak soudara2 saya yg tdk berfikiran sepit..
      Jadilah muslim yg smart, agama kita mengajarkan kedamaian....

      Hapus
    11. Demonya yg rapi yakk gan jan ribut" (biasa kalo ada FPI rame sih) kasihan yg mU berkegiatan jadi kehambat demo kalo rusuh... #NKRIHargaMati #LovePeace

      Hapus
    12. Besok yg damai" aja yakk kasihan orang lain yg ga ikutan demo kena macet.... (kalo ada FPI biasanya rusih sih) jaga NKRI ini tetap utuh #NKRIHargaMati #LovePeace

      Hapus
    13. Boleh komen ya.....
      Perkataan "jangan percaya sama orang " jika ini di maknai bahwa orang yang menyampaikan ayat itu kan ULAMA.
      terus ada kata kata"dibohongi pakai ayat " berarti Apakah ULAMA ITU BOHONG?
      terus apakah sang Pemimpin itu meyakini kalo ayat itu BENAR?
      orang dia juga bukan dari golongan org yang meyakini Ayat itu?
      Coba mari kita bisa memahami dgn kearifan... Bukan karena emosi berlebihan dan bukan pula mencintai berlebihan....,
      Ada sebuah Kata "MULUT MU HARIMAU MU "

      Hapus
    14. Adalagi suatu hal yg Ironi... Setelah ayat di sebut terus di ketawain.... Itu kan miris rasanya ya....
      Ayat kok buat bahan ketawaan... Dimana ya Hati para Umat yg katanya mengakui AYAT itu KARIIM, AYAT itu SUCI. AYAT itu BENAR. AYAT itu FIRMAN TUHAN yang setelah Umatnya selesai Membacanya di akhiri dgn MAHA BENAR ALLAH YG MAHA AGUNG DGN SEGALA FirmanNya?

      Hapus
    15. Hoiii...mumun...tau gak bedanya elu sama monyet? Kagak ada bedanya...

      Hapus
    16. Ahok sudah minta maaf maka ayo kita maafkan dan doakan supaya dapat hidayah.tapi,hukum harus DITEGAKKAN,AGAR TAK ADA LAGI TOKOH MASYARAKAT YG SEENAKNYA MENCACI ALQURAN...AYO SIDANG AHOK!!

      Hapus
    17. mari kita coba tenang sejenak..
      1.saat ini kita sedang mengkomentari pendapat kh.nassarudin umar yg insyaAllah memiliki pemahaman dasar2 ilmu bahasa dan aqidah yg mumpuni jauh sebalum beliau terpilih sebagai imam besar masjid istiqlal. ada baiknya sebelum mengkomentari pendapat orang kita lihat dulu siapa beliau,bagaimana rekam jejaknya lalu dlm konteks apa dia berbicara. saya kira sangat tepat jika polri meminta pendapat beliau..mengingat rekam jejak dan gelar yg beliau sandang saat ini. https://id.wikipedia.org/wiki/Nasaruddin_Umar
      2.bukankah selama ini sudah banyak orang2/oknum/ustad yg sudah memanfaatkan ayat2 Al-Qur'an untuk kepentingan politik/pribadi/golongan yg dia kehendaki.contohnya.. para dukun berkedok kyai yg memBODOHI korban2nya dengan menyelewengkan makna dari qur'an hadist. contohnya lagi..oknum2 reqruitmen teroris islam yg mengajak/merekrut anggota2 baru untuk berjihat.bukankah mereka jg memakai Qur'an untuk membodohi korban2nya agar mereka mau menyerahkan harta dan nyawanya..jadi.. bukankah sangat wajar jika kemudian ada orang yg mengingatkan agar ''jangan mau dibodohi dukun dgn ayat2 qur'an" atau "jangan mau dibodohi teroris dgn memakai ayat2 qur'an.
      ..kira2 sperti itulah menurut saya makna dari perkataan ahok jika dilihat dri segi tata bahasa dalam konteksnya sebagai gubernur DKI.
      3.pernahkah kita bayangkan,,bagaimana jika sdr ahok atau mereka kaum yg minoritas berbalik menyerang kita dengan melaporkan ustad/ustadzah kita yg juga sesekali pernah menyudutkan bahkan mungkin menistakan agama lain dlm dakwahnya yg bisa kita lihat di youtube.. bayangkan jika hal itu terjadi..maka perpecahan negeri ini tak bisa lg dihindarkan..apakah itu yg islam inginkan sebagai RAHMATAN LIL 'ALAMIN..???
      namun jika kita bersikeras bahwa ini tentang aqidah yg harus ditegakkan,maka saran saya pakailah cara2 baik yg sesuai dgn yg dicontohkan rosullulah..agar baik pula hasilnya.

      Hapus
    18. Semua kembali ke kesadaran masing2. Tdk satupun agama mengajarkan menghina dan menjelekkan agama lain. Semua agama adalah sama. Menuntun umat menuju jalan Tuhan dengan sifat2 Tuhan dan menciptakan kedamaian dlm perbedaan. Kebencian tdk akan berakhir jika trrus dibalas dengan kebencian. Balaslah dengan cinta kasih dan percayalah bahwa kebencian akan hilang. Semoga Tuhan memberkati NKRI tercinta ini. Salam damai selalu saudara2 sebangsa dan setanah airku. Jayalah Indonesiaku

      Hapus
  3. agama itu indah dan tidak mengajarkan menyalahkan orang lain jadi yg menyalahkan berarti dia iblis

    BalasHapus
  4. Coba tengok deh track record imam besar istiqlal....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba tengok kata2 aa' gym dan ustad arifin ilham ;)

      Hapus
    2. aa Gym sm Arifin Ilham kalah senior broo... ente baru kenal mereka berdua aje sihh.. coba sekali2 ngobrol gih sama Prof.DR. KH Nazarudin Umar, tak kenal maka tak sayang.. kenali dulu dari dekat baru komeng..

      Hapus
  5. Hanya orang orang yang berhati IBLIS yang mau merusak kerukunan agama dan pancasila...
    Orang orang berhati JAHAT yang mau menghancurkan Akhok krn orang orang itu IRI melihat keberhasilan dan kesuksesan Akhok...
    Tuhan tidak pernah Tidur..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Justru karena Allah tidak pernah tidur lah maka hal ini terjadi ..karena sang Gubernur terlalu kasar dalam bertutur kata ..

      Hapus
    2. Iri, dengki itu penyakit hati
      Iri pasti..emm mereka iri
      Iri..iri

      Hapus
    3. Fokus dulu bung ke al maidah

      Hapus
  6. Agama muslim menghina non muslim gk apa2 tapi knp di saat non muslim salah mengucapkan ayat alquran aja di blg penistaan agama.
    Saya heran dengan negara kita ini tidak ada kerukunan dan saling menghargai,
    Wahai engkau umat Tuhan yang setia, saya hanya mengingatkan kpd kalian semua kuatkan lah iman mu dlm menghadapi sgl persoalan yg terjadi saat ini karna benahi lah diri mu dan iman pcya mu kepada Allah mu karna bukan agama mu yang menyelamatkan masuk ke surga tetapi iman dan percaya mu lah yang menyelamatka mu.
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak anna orang non muslim banyak banget yang menghina islam dari jaman dulu, jangan pernah bilang tidak dan itu kenyataan, apalagi dinegri yang muslim nya minoritas, Alquran dibakar di injak mesjid dibakar, apa mbak ana lupa, ngak usah jauh di papua aja seperti itu. kita muslim hanya menuntut keadilan hukum, hukum di indonesia jangan asal tajam ke bawah tapi tumpul keatas, semua harus sama siapa berbuat salah harus tanggung akibatnya

      Hapus
    2. kasih tau dong kapan dan bagaimana kejadian seorang muslim menghina agama laen trus ga di proses...pleaseeeee...

      Hapus
    3. yang menghina itu sapa? klo ada yg menghina ya dilaporkan saja..

      Hapus
    4. Sudahlah
      Aku gak ikutan nyalahin agama lain loh..
      Cuman kebetulan mereka itu bego..
      Udah maklumi aja bangsa kita rata rata pemalas. Jadi dr pada nganggur ya bikin masalah

      Hapus
    5. Raden wibowo yang kau bicara itu salah, kau sdh stress atau gila ni, kau pikir di papua sperti itu, apa tdk terbalik faktanya dgn kejadian di wilayah Indonesia Barat, yg selalu bakar gereja dan hancam nasrani smpai bahkan membunuh dan membakar gereja,,

      Sadar ya dgn apa yg kau ucapkan itu, , kalau sdh stresss dan pusing belajar la ke papua tentang kerukunan umat beragama,,,,

      Ngomong itu jgn ngawur ya,,

      Hapus
    6. Emang Orang2nya Habib Brisik Ini goblok Semua Ya... otaknya udah di Tutup Pake Kain Cebokan Habib brisik

      Hapus
  7. Yang jelas ada pihak yg berkepentingan ongin memecah belah NKRI.Harusanya umat muslim bersatu dan mengedepankan peraatuan dan perdamaian...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan NKRI tapi ini masalah perut dan gengsi.
      Sudahlah

      Hapus
    2. Kalo masalah perut ngapain jauh2 dari medan dan aceh,tekor yg ada.tapi ini demi akherat kami.. ;)

      Hapus
    3. Hanya 1 sebab yg ngomong Ahok.. coba yg lain saya yakin pada masa bodoh.
      Ibaratnya Ahok nginjek Kecoa saja pasti di laporkan pembunuhan binatang yg merusak ekosistem...

      Hapus
  8. masih ingat kasus yg di Bali? nah sebenarnya simple.. jika Presiden dan aparat penegak hukum bisa menindak lanjuti kasus si alot eh maaf si ahok maksudnya saya rasa tidak akan terjadi 4 nofember ini.. kalo masalah memaafkan ya so pasti dimaafkan Allah SWT aja maha pemaaf koq, tp hukum terus berjalan bray.. lantas klo Presiden dan aparatur negara lainnya gak bisa ambil keputusan so.. maaf ya intinya Islam adalah agama yang rahmatan lil'alamin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Proses hukum kan sudah berjalan bu Maya, jadi tuntutan demo 4 november utk apa???

      Hapus
    2. Jadi gimana?
      Menurutmu si ahok harus masuk bui gitu?
      Kamu di rugikan? Ato ahok melakukan pelecehan ke kamu?
      Yasudah hukum dia

      Hapus
    3. Lah klo udah memaafkan napa jg masih nuntut proses hukum ampe mau demo besar2an gitu, ikhlas nga memaafkan? Biarkan saja hukum akhirat yg berjalan,,lla khan maha adil

      Hapus
    4. Lah kalo ikhlas memaafkan ya ngapaen lg pake demo2 ampe besar2an gitu? Ikhlas nga memaafkan? Tanyakan pada hati nurani. Kalo pun misalkan hukum manusia tdk adil, apakah masih sangsi dengan hukum akhirat yg abadi? Penting manakah seorang Ahok dibandingkan kerukunan dan perdamaian di masyarakat? Mending Sucikan hati dan pikiran, dan perbanyak berbuat baik

      Hapus
    5. Sudah tau ahok tdk penting,malah ngedukung ahok..

      Hapus
    6. @Nuansa Putra, Proses Apanya?!
      Baru setelah ada rencana 4 November, pura - pura terus panggil saksi dan ahli agama dan bahasa.
      Coba apa urusannya Ahok dgn Ayat itu?
      Kalau ada Orang Islam menyampaikan ayat yang diayakini kebenarannya(karena ini Firman Tuhan) kepada orang lain jangan bilang SARA dong, dan jangan bilang dibodoh - bodohi dong.

      Hapus
    7. Yg ngerusakin taman wajtu demo juga gak di proses hukum, minta maaf jg ngk. Apanya proses hukum hatus ttp berjalan?

      Hapus
    8. Hanya 1 penyebabnya krn yg ngomong Ahok.
      Coba kalau yg lain saya ragu terjadi hal yg sama.
      Ahok ibaratnya kepleset saja di salahin koq nggak usah heran...

      Hapus
    9. Biar indoneaia rukun, FPI harus di bubarkan/lenyappppp, yakin indonesia psti aman.

      Hapus
    10. Hahaha..seru..seru..!!
      Klo soal memaafkan...pnista sblum ahok sudah dimaafkan,nurcahaya mnyebut prabowo titisan allah,ahmad dhani mnginjak2 asma allah,dan bnyak lgi..
      Munkin ahok minta maafnya g iklas dan anti kasih amplop sma rizieq.. hahaha.!!
      Ujung2nya di tuntut 470M.. ahok bner salah..!! :-D

      Hapus
  9. Rakyat sudah pintar bro. Yang ikut demo kan yang hanya terpancing aja dan mudah dihasut. Dripada ikut demo mending cari duit yg banyak .

    Menurut gue ga perlu kita bela agama kita. Toh kalau benar bp.Ahok terbukti bersalah juga dia akan d hukum. Hukuman dr hakim dan dr Yang Maha Kuasa. Toh untuk apa kita yg menghukum. Apa kalian yang sok" mau menghukum/bahkan membunuh ahok sudah suci ? Sudah tidak berdosa ? Kalian siapa ? ALLAH ?? Biarlah Allah sndiri yg menghukum org yg bersalah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indonesia butuh banyak manusia seperti kau kawan..

      Hapus
    2. Kata anda tidak perlu membela agama,tapi Tuhan semesta alam mengatakan seorang muslim harus membela agama.jadi kami harus ikut siapa nih,omongan anda ato Tuhan dari alam semesta..dasar aneh

      Hapus
    3. tergelitik ane dengan statement ini....maaf ya kawan, yg dateng ikut demo disana bukan terpancing apalagi mudah dihasut, tp orang yg berfikir...klo yg dateng itu ulama2 yg keras, disini hanya orang2 FPI yg terkenal keras...mungkin iya, nah skr AA Gym yg kalem dan santun, Ustadz Arifin Ilham yg sabar juga ikut turun tangan...

      Agama gak perlu dibela? apa artinya sama dengan gak harus beragama? kalo meyakini agama tertentu menurut ane mesti membela agama tersebut dong...pandangan ane dalam suatu agama, yg memerlukan itu bukan Tuhannya melainkan ummatnya, alias manusianya...agama untuk mendamaikan manusia kan? bukan mendamaikan Tuhan.


      Hapus
    4. Siapa Lu, @ AEgidius Halim?!

      Hapus
  10. Saya percaya pak imam masih ada iman dihatinya insyaAllah gak akan dukung ahok.karena islam diatas segalanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walau sdh minta maaf proses hukum harus tetap berjalan krn penistaa agama deliknya umum, kalo dgn minta maaf trus gak bisa d proses , semua narapidana d LP bakal minta maaf

      Hapus
    2. Pebuatan salah (menurutnya) dibalas dengan perbuatan salah apa jadinya ya

      Hapus
    3. Perbuatan salah (menurutnya) dibalas dengan perbuatan salah apa jadinya ya

      Hapus
  11. SOAL KALIMAT AHOK

    • Ahmed Zainul Muttaqien

    Saya sudah nonton videonya dan saya dengar redaksi asli perkataan Ahok berikut:

    *"Jadi jangan percaya sama ORANG. Kan bisa aja dalam hati kecil bapak ibu ga bisa pilih saya, karena dibohongin "PAKAI" surat almaidah 51 macem-macem itu. Itu hak bapak ibu ya..."*

    Saya tidak ingin menjelaskan perkataan ini dengan istilah-istilah filsafat yang rumit. Tapi cerna saja dengan AKAL SEHAT tanpa tendensi.

    Ahok sebelum sampai pada kalimat "dibohongin pake surat almaidah 51", dia mengatakan "jangan percaya sama orang".

    Berarti jelas yang dia maksud berbohong adalah ORANG-nya bukan ayatnya. "Orang" adalah subjeknya dan "Almaidah 51" adalah objek yang dibawanya. Yang dia maksud berbohong adalah subjeknya bukan objek yang dibawanya. Dan objek yang dimanfaatkan untuk berbohong tertera pada kalimat selanjutnya "PAKAI surat almaidah 51".

    Ini sama seandainya saya berkata "Jangan percaya sama Aa Gatot. Kamu di bohongin PAKE ayat-ayat Qur'an". Yang saya maksud disini tentu bukan jangan percaya sama Qur'an, tapi jangan percaya sama Aa Gatot karena ia berbohong dengan MEMAKAI ayat-ayat Qur'an. Bukan berarti ayat Qur'annya yang salah, tapi subjek yang membawa dan menggunakan ayat Qur'an tersebut untuk berbohonglah yang salah.

    Ini sama seperti teroris yang menggunakan ayat jihad untuk berbuat barbar atau wahabi yang menggunakan ayat istiwa' untuk berkeyakinan mujassimah terhadap Allah. Bukan ayatnya yang salah, tapi subjek yang menggunakan dan memelintir tafsir ayat itu yang salah.

    Itulah kenapa Ahok menggunakan kalimat *"dibohongin PAKAI surat almaidah 51", bukan kalimat "dibohongin OLEH surat almaidah 51".*

    Sebenarnya menafsirkan kalimat ini gampang, hanya ego kebencian yang mempersulit dan memelintirnya.

    Saya bukan pendukung Ahok. Bukan urusan saya jika ia terpilih nanti atau tidak, karena KTP saya bukan Jakarta. Tapi saya merasa terpanggil untuk meluruskan hal sederhana yang tidak dipahami oleh otak, kelewat sederhana yang ditutupi tendensi.

    Dan mau saya kasi tau satu lagi? Ternyata orang yang memelintir tafsir perkataan Ahok ini adalah orang-orang yang sama yang memelintir tafsir perkataan Prof. Quraish Shihab soal Nabi tidak dijamin masuk surga karena amalnya.

    Ternyata orang itu juga yang memelintir perkataan Grand Mufti Suriah; Syaikh Ahmad Badruddin Hassoun bahwa ia menyeru pemusnahan rakyat Aleppo.

    Kalau ulama-ulama besar islam saja perkataannya ia pelintir, kenapa bingung perkataan 'kafir' seperti Ahok mereka pelintir? Ini baru permulaan ya...

    Fb: Ahmed Zain Oul Muttaqin.
    -------------------------------------------------

    Sangat perlu disebarluaskan.... 😇

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah.. Cerdas ni. Saya setuju. Masyarakat harus lebih banyak belajar bahasa Indonesia,makna kalimat, dll..
      SARA di Indonesia emang ga ada matinya

      Hapus
    2. Bpk Ahmed sudah menjelaskan secara jelas tegasan kalimat itu semoga teman2 yg berpendidikan tinggi memahaminya, demi tegaknya persatuan NKRI. Jadi jangan jadikan negara ini seperti negara suriah. Jarang negara yg seperti indonesia yg bisa menyatukan beragam agama ras dan etnis.

      Hapus
    3. ya ahok tetep salah.. krn dia seroang public figur, di biayai pake uang rakyat.. dlu ada yg bilang popularitas ahok luar biasa, bahkan ada yg bilang siapapun pesaing ahok dalam pilkada DKI pasti akan kalah.. yg bisa mengalahkan ahok adalah ahok itu sendiri.. kita liat nanti apakah dia akan kalah bukan krn lawan politiknya tp karena kesombongannya sendiri.. sekian

      Hapus
    4. Salut Pak. Saya mengusulkan Anda untuk menjadi salah satu saksi Ahli. Ulasan yang bijak. Tolong terima saya sebagai teman FB Anda

      Hapus
    5. Kalo emang udah benci ya, benar pun salah. Apalagi salah..
      Itu sik inisial f ituloh fpi ya? Itu apasik front pembela islamkah?
      itu kasih nasi bungkus sama vcd miyabi ajalaah..
      Ga berguna!

      Hapus
    6. mungkin yg mendengar ucapan Ahok nilai bahasa indonesianya jeblok..salah menafsir kata2 bisa bumerang jadinya..Apalagi dalam masa kampanye..

      Hapus
    7. Keren bro...
      Gua suka cara brpkir anda..
      Gk sprti yg lain ny. Sling mnghujat sling mnghakimi dn mrsa pling bnar!!

      Hapus
    8. Yg menyampaikan surat Al Maidah tukan Ulama"skrng dan para Penceramah bkn para politikus. Jadi Ahok ngatain ulama bohong dong dan itu jg disampaikan para Ulama" terdahulu sampai Rosulullah dan para sahabat.

      Hapus
    9. Saya percaya masih banyak muslim" seperti bapak yang arif dan bijaksana..... Terima kasih pak pencerahannya....Tuhan Memberkati ✌

      Hapus
    10. Waktu sekolah tu ketua FPI nilai BInya berapa ya??

      Hapus
    11. Alquran adalah Firman Allah yang terakhir turun ke dunia, yang menyempurnakan kitab-kitab Allah sebelumnya, tidak ada keraguan didalamnya. Semua yg menyangkut kehidupan manusia di dunia dan akhirat tersurat dalam Alquran. Apapun itu seperti tata sosial,budaya,hukum, ekonomi, kesehatan, ilmu pengetahuan, pertahanan,termasuk masalah politik. Dan surat Almaidah ayat 51 adalah tatanan kehidupan politik bagi seorang muslim.jangan kita perdebatkan itu..!

      Hapus
    12. pak Ahmed...
      Kalaupun saya pake QS Al Maidah : 51, utk mengajak org lain yg muslim agar tdk memilih pemimpian kafir, apakah saya termasuk membohongi.... ? Padahal tafssir para ulama dari dulu hinggga saat ini emang begitu...
      Jadi sebaiknya mari kita melihatnya secara utuh, walaupun secara susunan kalimatnya "DIPAKAI" membohongi. Menurut pak Ahmed yg "MEMAKAI" ayat tersebut siapa ... ? Jelas bukan sembarangan orang, tapi para ulama, tokoh2 agama, dll. Nah.. ini sama saja menuduh org2 tsb sbg pembohong sekaligus isi pembicaraannya yg dalam hal ini adalah QS Al Maidah ayat 51. Wallaahu a'lam, hadiyallahu laka

      Hapus
    13. Jadi maksud ahok surat almaidah adalah alat untuk membohongi..? Ckckck
      Dasar pengganggu kerukunan umat lu hok!

      Hapus
  12. SOAL KALIMAT AHOK

    • Ahmed Zainul Muttaqien

    Saya sudah nonton videonya dan saya dengar redaksi asli perkataan Ahok berikut:

    *"Jadi jangan percaya sama ORANG. Kan bisa aja dalam hati kecil bapak ibu ga bisa pilih saya, karena dibohongin "PAKAI" surat almaidah 51 macem-macem itu. Itu hak bapak ibu ya..."*

    Saya tidak ingin menjelaskan perkataan ini dengan istilah-istilah filsafat yang rumit. Tapi cerna saja dengan AKAL SEHAT tanpa tendensi.

    Ahok sebelum sampai pada kalimat "dibohongin pake surat almaidah 51", dia mengatakan "jangan percaya sama orang".

    Berarti jelas yang dia maksud berbohong adalah ORANG-nya bukan ayatnya. "Orang" adalah subjeknya dan "Almaidah 51" adalah objek yang dibawanya. Yang dia maksud berbohong adalah subjeknya bukan objek yang dibawanya. Dan objek yang dimanfaatkan untuk berbohong tertera pada kalimat selanjutnya "PAKAI surat almaidah 51".

    Ini sama seandainya saya berkata "Jangan percaya sama Aa Gatot. Kamu di bohongin PAKE ayat-ayat Qur'an". Yang saya maksud disini tentu bukan jangan percaya sama Qur'an, tapi jangan percaya sama Aa Gatot karena ia berbohong dengan MEMAKAI ayat-ayat Qur'an. Bukan berarti ayat Qur'annya yang salah, tapi subjek yang membawa dan menggunakan ayat Qur'an tersebut untuk berbohonglah yang salah.

    Ini sama seperti teroris yang menggunakan ayat jihad untuk berbuat barbar atau wahabi yang menggunakan ayat istiwa' untuk berkeyakinan mujassimah terhadap Allah. Bukan ayatnya yang salah, tapi subjek yang menggunakan dan memelintir tafsir ayat itu yang salah.

    Itulah kenapa Ahok menggunakan kalimat *"dibohongin PAKAI surat almaidah 51", bukan kalimat "dibohongin OLEH surat almaidah 51".*

    Sebenarnya menafsirkan kalimat ini gampang, hanya ego kebencian yang mempersulit dan memelintirnya.

    Saya bukan pendukung Ahok. Bukan urusan saya jika ia terpilih nanti atau tidak, karena KTP saya bukan Jakarta. Tapi saya merasa terpanggil untuk meluruskan hal sederhana yang tidak dipahami oleh otak, kelewat sederhana yang ditutupi tendensi.

    Dan mau saya kasi tau satu lagi? Ternyata orang yang memelintir tafsir perkataan Ahok ini adalah orang-orang yang sama yang memelintir tafsir perkataan Prof. Quraish Shihab soal Nabi tidak dijamin masuk surga karena amalnya.

    Ternyata orang itu juga yang memelintir perkataan Grand Mufti Suriah; Syaikh Ahmad Badruddin Hassoun bahwa ia menyeru pemusnahan rakyat Aleppo.

    Kalau ulama-ulama besar islam saja perkataannya ia pelintir, kenapa bingung perkataan 'kafir' seperti Ahok mereka pelintir? Ini baru permulaan ya...

    Fb: Ahmed Zain Oul Muttaqin.
    -------------------------------------------------

    Sangat perlu disebarluaskan.... 😇

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju bgt dgn pendptnya itu inti dari semuanya kebencian yg mendlm jd mudah di hasut

      Hapus
    2. Betul banget!! Hanya orang bodoh yg nga ngerti dan nga paham soal ucapan ahok di rekaman video itu.. udah jelas kata "PAKAI" PAKAI SURAT ALMAIDAH 51. BUKAN "OLEH" OLEH SURAT ALMAIDAH 51. kesimpulannya, sudah jelas,secara logika, bahwa pesaing2 ahoklah yg dengan entengnya memanfaatkan sara dan rasis untuk menggaet warga dengan mejabarkan makna dari lafads yg terdapat dalam surat Almaidah 51 sebagai objek pemikat yg paling jitu.. ya Allah. Sungguh suatu hasrat dan keinginan yg "JAHAT MELEBIHI DARI SEORANG PEMBANGKANG DAN PENGHIANAT" jika ajaran agama di duetkan dengan urusan politik demi meraih ambisi menjadi seorang pemimpin.

      Hapus
    3. klo dalam Konteks tersebut ORANG yg di maksud itu adalah para ULAMA gimana ? berarti para ULAMA tersebut pembohong dong hahahaa

      Hapus
    4. Jadi maksud ahok ayat alquran adalah alat untuk membohongi...ckxkxkxkckckckc

      Hapus
    5. Trima kasih buat pak Ahmed, ijin share ya pak. Penjelasan bapak jelas sekali, dan saya harap apa yang bapak tulis dan jelaskan bisa dibaca dan direnungkan oleh setiap orang yang mengaku mencintai tanah air mereka. Saya non muslim, kalau saya lihat apa yang sedang terjadi di Indonesia, dan di negara lain, kebetulan saya tinggal di Perancis, dimana mana orang yang menamakan dirinya muslim tapi suka bikin onar saya percaya itu bukan Islam sejati, mereka memakai agama Islam untuk memuaskan keinginan pribadi mereka, di negara saya tinggal sekarang punya masalah yang sama , mereka berusaha menghancurkan negara yang dengan begitu baiknya menerima mereka dan memberi mereka kesejahteraan hidup. Akibatnya....kebanyakkan orang tidak lagi bisa membedakan mana Islam yang menghargai damai dan yang sebaliknya, sehingga dengan begitu mudahnya orang memberi label bahwa Islam sama dengan kekerasan. Jujur saya sangat kasihan kpd saudara/ i muslim yang menjadi korban dari para radikal ini. Saran saya , baca kembali apa yg bpk Ahmed sudah bagikan diatas, renungkan dan beri waktu kepada otak masing2 utk mencerna dan mengerti apa yang sudah dijelaskan. Negara kita butuh damai , cinta dan kecerdasan untuk maju, negara kita tidak butuh kemarahan dan kebodohan untuk membangun masa depan bangsa dan negara .

      Hapus
    6. Saya muslim.sejati nya seorang pemimpin seperti Ahok bersih dgn kinerja nyata.saya benci radikal dan kekerasan. Semua agama bernilai sama dimata Tuhan tergantung individu nya
      Setuju dg mba Rini Indraati.saya Islam yg cinta damai. Menghormati perbedaan !!! Semua sama dimata Tuhan tergantung amal &perbuatan nya. Jangan merasa paling benar!!

      Hapus
  13. Sekarang orang2 indonesia selalu mau di adu dombakan satu dengan satu yang lain, ada yang merasa suci dan pintar dan benar tapi tidah ada Kasih Dari Tuhan, apakah tidak ada bijaksana dalam hikmat dari Tuhan saling mengasihi dalam hati kita?berkaca dan berdoalah tanya dalam hati kita masing2, dan apakah kalian jalankan ajaran Tuhan ' Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri' dan Damai itu indah apakah sudah dijalankan itu di kehidupan kita,Iblis sekarang sedang tertawa melihat prilaku kita tidak mengasihi, Tuhan menangis karena umat manusia tidak lagi Mengasihi satu dengan yang lain tanpa kita sadari, apakah anda Tahu di kebanyakan tertulis di semua Kitab Suci di kita bila datang Murka Tuhan itu terjadi kepada kita? tidak bisa di bayangkan, kalau kita semua tidak mau Tuhan Murka kepada kita marilah kita semua manusia haruslah bersatu saling mengasihi satu dengan yang lain, berlomba-lombalah berbuat kebaikan dan mengasihi dan memaafkan musuh kita dan minta pengampunan dari Tuhan agar Tuhan berkenan kepada kita dan kita di berikan Tempat di Surga kelak yang sudah di janjikanNYA.
    HOPE FAITH LOVE.
    Tuhan Memberkati kita semua. Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tuhan menangis bukan karena umat manusia tidak saling mengasihi.
      Tapi tuhan menangis karna manusia smakin bego
      Sudahlah kawan..

      Hapus
    2. Yg benar itu ada tokoh diindonesia yg menyulut pertengkaran antara umat.dialah ahok..

      Hapus
  14. Sekarang orang2 indonesia selalu mau di adu dombakan satu dengan satu yang lain, ada yang merasa suci dan pintar dan benar tapi tidah ada Kasih Dari Tuhan, apakah tidak ada bijaksana dalam hikmat dari Tuhan saling mengasihi dalam hati kita?berkaca dan berdoalah tanya dalam hati kita masing2, dan apakah kalian jalankan ajaran Tuhan ' Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri' dan Damai itu indah apakah sudah dijalankan itu di kehidupan kita,Iblis sekarang sedang tertawa melihat prilaku kita tidak mengasihi, Tuhan menangis karena umat manusia tidak lagi Mengasihi satu dengan yang lain tanpa kita sadari, apakah anda Tahu di kebanyakan tertulis di semua Kitab Suci di kita bila datang Murka Tuhan itu terjadi kepada kita? tidak bisa di bayangkan, kalau kita semua tidak mau Tuhan Murka kepada kita marilah kita semua manusia haruslah bersatu saling mengasihi satu dengan yang lain, berlomba-lombalah berbuat kebaikan dan mengasihi dan memaafkan musuh kita dan minta pengampunan dari Tuhan agar Tuhan berkenan kepada kita dan kita di berikan Tempat di Surga kelak yang sudah di janjikanNYA.
    HOPE FAITH LOVE.
    Tuhan Memberkati kita semua. Amin

    BalasHapus
  15. Klo dr video komplitnya si Ahok di pulau Seribu ya saya rasa tujuan dia bukan menghina ayat Alqur-an tersebut. Ayat itu benar adanya dan bukan pembodohan. Masalahnya ada beberapa oknum yang suka menggunakan ayat itu untuk menakut2i orang-orang terutama muslim sendiri (mengingat NKRI ini mayoritas muslim) dengan dasar jika memilih pemimpin non-muslim bisa masuk neraka. Dan ayat itu memang sering dingiang2kan saat ada pemilihan pemimpin apalagi ada calon yang non muslimnya.coba kalau Ahok ngmg gitu tetapi dia muslim, apakah masih ada tuh demo2? Paling kritik sebentar terus isu hilang ditelan bumi. Makanya Ahok bilang jangan mau dibodohi oleh ayat tersebut. Tolong yang pada panas ya, jangan nonton video yg dipotong-potong. Cari yang full versionnya terus tonton dah tuh. Diulang-ulang terus kalau memang masih panas baru Anda2 cermati semuanya. Karena kalau sudah nonton yang full, harusnya Anda yang panas2 mengerti dan gajadi panas hati. Kalau memang yg chinese n non-muslim ini lebih kerja keras daripada pemimpin sebelumnya, kenapa kita tidak malah angkat topi dengan beliau itu? Apakah calon gubernur lainnya bisa dibilang dapat lebih dari Ahok? Saya rasa juga tidak. Saya harap orang2 muslim khususnya di Jakarta yang gampang panas hatinya, cobalah merenung. Klo semisal Ahok ternyata mengundurkan diri dari cagub jkt, RUGI BESAR LOH!!! Siap2 banjir lagi soalnya calon yang lain masih dipertanyakan keseriusan janjinya. Ngomong janji pas kampanye tuh semanis madu semuanya. Salim dan beretikat baik. Keliatan nampak domba putih semua. Coba kalian pilih, tetap seputih domba, atau malah jadi serigala. (Mengambil kalimat dari Cak Lontong) MIKIR!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memainka logika dlm urusan Agama gk bakal jumpa ttk temu.
      "coba kalau Ahok ngmg gitu tetapi dia muslim, apakah masih ada tuh demo2?"
      saya yg gagal faham apa situ ya..???
      "kalau" si ahok muslim mustahil keluar ucapan spt dr mulutnya !!!
      itu ayat kan ditujukan utk non muslim !!!
      Gagal Faham !!!

      Hapus
    2. Ya kalau ada orang muslim, mempermasalahkan Ayat itu tanya dia muslim beneran apa tidak?!

      Hapus
  16. klo ada yg menghina injil, umat kristen marah ga??
    klo ada yg menghina catur weda, umat hindu marah ga??
    klo ada yg menghina Tripitaka, umat budha marah ga??
    klo ada yg menghina wu jing/si shu/xiao jing, umat Kong hu cu marah ga??
    klo yg menghina minta maaf apa sdh cukup ????
    Pikir lagi bro/sist . . . .
    ini bukan soal umat apa menghina umat apa, tapi org yg terbukti menistakan agama lain harus dihukum sesuai UU yg berlaku.

    Think again ;-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg punya video lengkap tlg disebarluaskan supaya supaya provokator patah sayap

      Hapus
    2. Silakan anda menghina kitab suci agama lain terutama Injil, kami umat Kristiani TIDAK AKAN MARAH apalagi membalas. Sebab ada tertulis "Pembalasan adalah hak-Ku, Akulah yang akan menuntut pembalasan, firman Tuhan". Pun begitu kami tidak akan mendoakan supaya Tuhan membalaskan untuk kami. Justru kami akan berdoa supaya kiranya Tuhan berkenan untuk memaafkan orang itu dan membuatnya bertobat sebelum ajalnya tiba supaya lebih banyak lagi jiwa-jiwa yang dapat menghuni Surga.

      Hapus
    3. Kami sudah kenyang dihina bung kaos item, anda mengatakan kafir kafir pun sudah merupakan hinaan, kuping kami sudah terpiasa panas mendengar kotbah di mesjid mesjid sekitaran rumah yang selalu mengkafir kafirkan kami, kami sudah biasa mendengar gereja dibakar, pelarangan ibadah dengan alasan tidak ada ijin atau IMB, tapi kami selalu berpikir dingin, karna semua Tuhan yang menilai pada saatnya nanti amal perbuatan manusia. jadilah manusia beragama yang bijak, anda mengkafir kafirkan orang belum tentu juga anda masuk surga...

      Hapus
    4. Bro kaos item..
      Penghinaan nircahaya mnyebut prabowo titisan allah..ahamad dhani mnginjak2 lafadz Alllah...
      Pertanyaanya indonesia waktu itu blom punya UU ya.?!

      Hapus
  17. Hindu is my life..bangga menjadi hindu

    BalasHapus
  18. ini bawaan dari dulu, belanda bisa menjajah kita karena mudah di adu domba, sampai sekarang pun demikian, mari kita bersuma buka akal sehat kita, Bhineka Tunggal Ika beragam bahasa, adat, agama dan suku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Termasuk dalam hal cari uang atau kekuasaan pak ya

      Hapus
  19. FPI itu perusak nama baik islam....
    Sekolah smpai tingkat yg tinggi tp tdk bs menapsir dgn baik....ini bukti klo tdk ad karunia dr yg mahaesa kpd mereka...krn FPI adlh penghasut antr umat beragama....tdk ad itu d dlm alquran mnyuruh kt ntk menilai agama lain kafir....yg bs blg suatu agama kafir hx Allah..... Bukan menurut manusia....smua d dlm bumi ini adlah manusia yg penuh dosa....perusak negara ini adalah org2 yg pintar sperti FPI itu yg sdh berhasil memprovokasi umat beragama d bumi pertiwi ini.....klo bgt pulau jawa merdeka trs yg lain jg merdeka ajch kan beres masing atur negara sesuai keinginannya.....bapa gusdur blg itu aja kok repotttttt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan sampe ketua FPI presidennya pak ya

      Hapus
  20. Aku ikut ketawa aja orang islam indonesia lagi sensitif ahok malah ngeledek jadinya begini ini.,..

    Tapi saya acungi jempol hanya satu orang bisa menggegerkan dan mendatangkan jutaan orang....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jutaan orang imdonesia yg tdk mampu berbahasa indonesia

      Hapus
    2. itulah ahok , tetap ahok lah menurut aku yg terbaik

      Hapus
  21. Coba tanya si ahli tafsir itu....kitab tafsir apa yg dia jadi kan rujukan sehingga tetap membela kafir ahok tidak menistakan alquran....jangan2 tafsir pakai kitab khopingho

    BalasHapus
  22. Jangan2 si koplak ahli tafsir itu pakai rujukan khopingho.....sehingga tetap menganggap nyahok gak menistakan alquran....gak perlu pandangan ahli tafsir untuk mengetahui penistaan agama atau tidak di dalam kasus ngahok......
    jualan kambing kek...atau serabi kek jangan agama loe jual goblok

    BalasHapus
  23. Indonesia hari ini,, mengalami banyak kerusakan sistem tatanan bernegara, akhlak, mental, aqidah, moral, dll yang kesemuanya terliputi kerusakan NIAT, SIFAT, & PERBUATAN. Kalau kita lihat banyak insan yang mengaku beragama ISLAM tetapi menukar kebathilan dengan petunjuk untuk kesenangan dunia. Itulah yg sebenarnya orang2 yg menistakan agama melalui sifat dan perbuatan. Mari kita sadar,,,, TUHAN MAHA TAHU atas segalanya, tentang siapa yg kafir dan siapa yg beriman. Walau diri ini mengaku beragama islam......, akan tetapi belum tentu sama menurut TUHAN. Mari banyak2 berdoa meminta petunjuk,, dan berbuat yg benar benar benar. Wallahu...

    BalasHapus
  24. sedikitpun gk ada kata2 dari Ahok menistakan itu ungkapan bohong seandainya,jadi gk ada ketegasan dari makna ini dan Ahok sadar betul mayoritas penduduk kep.seribu muslim apalagi dia sudah memaafkan..apa dlm ajaranmu gk ada kata maaf ??

    BalasHapus
  25. Ya gitu lah kalo rasa benci trhadap sesama manusia...akal sehat pun hilang...tdk bsa memahami konteks kalimat nya sperti apa....

    BalasHapus
  26. Islam ngajarin kebaikan,
    Kristen ngajarin kasih,

    Trus kalian yang keluar dari track ini masih layak bawa nama agama kalian?

    Jangan cuman karna di adu domba sedikit langsung emosi, gempar gempor kaya orang gak ada pendidikan. Think smart bro!

    BalasHapus
  27. @PRINCE MENK
    "Jadi jangan percaya sama ORANG. Kan bisa aja dalam hati kecil bapak ibu ga bisa pilih saya, karena dibohongin "PAKAI" surat almaidah 51 macem-macem itu. Itu hak bapak ibu ya..."
    Ini bukan masalah pd subjek dan objek dr perkataan tsb...tp...kenapa sih hrs sampai menyebutkan nama salah satu surat d Al-Qur'an.
    Anda jg...anda tahu gk tata penulisan surat d Al-Qur'an yg benar itu kyk gmn. Anda tulis "almaidah"...sampeyan NGAWUUURRR...
    Mohon maaf...sy trpaksa hrs meralatnya dan sbg pembelajaran bg kita smua bagaimana kita saling menghormati...

    Al-Maidah

    atau..tulis dg huruf besar semua...
    itu lbh aman.


    Wassalam

    BalasHapus
  28. MASUK SURGA ATAU NERAKA BUKAN KARENA AGAMA

    "Heaven is real, but so is Hell".
    Surga begitu nyata, demikian juga Neraka.
    Jika Anda dan saya berhasil masuk Surga,
    itu bukan karena AGAMA yang kita anut,
    melainkan karena "kasih ALLAH".

    Demikian juga sebaliknya,
    jika Anda dan saya harus masuk ke Neraka,
    itu juga bukan karena AGAMA yang kita anut,
    melainkan karena "dosa kita" sendiri.

    Dengan demikian, maka poinnya adalah;
    masuk Surga karena kasih ALLAH,
    masuk Neraka karena dosa kita sendiri.
    Sama sekali bukan karena alasan AGAMA

    Karena Hukum utama yang diajarkan TUHAN adalah,
    bukan mendirikan AGAMA melainkan mendirikan KASIH.
    Hukum yang lain hanyalah sekedar "komplementer",
    namun bukan "determinant".

    AGAMA itu bersifat "segmental",
    sementara KASIH itu bersifat "universal".
    Maka membanggakan AGAMA dan mengabaikan KASIH,
    hanya akan membuat kita terlihat sangat "hipokrit".

    Dan yang lebih runyam lagi, sejarah dunia mencatat bahwa;
    fanatisme buta terhadap AGAMA yang kita anut,
    hanya akan membuat kita berubah menjadi "kaum barbarian".
    Karena antara "fanatisme buta dan tindakan barbarisme",
    jaraknya hanya setengah langkah".

    BalasHapus
  29. Aku orang muslim...,cuma ngk terlalu mempermasalhkan itu....,harusnya kita lebih bijak menyikapi permasalahan itu, ......sayangnya politik lebih kejam dari pada hal yang paling kejam di dunia ini....,kaisan orang2 yang ikut ikutan doang

    BalasHapus
  30. muslim skrng anehh.
    msh mending jaman pak harto.
    gk ada satu pun pemimmpin yg non muslim.
    mungkin pak imam besar lbh tau.
    sya dukung FPI.
    allahhu akbar.

    BalasHapus
  31. Sahabat2....
    Kalaupun Ahok yg salah dan menyinggung perasaan umat muslim...kan beliau sudah minta maaf dgn tulus ikhlas ke seluruh umat muslim. Dan kita muslim jg wajib memaafkan, Trus kenapa mau demo dan pengerahan massa? Jelas jelas ini ditunggangi oleh kepentingan politik.

    BalasHapus
  32. Heran, kenapa sih ketakutan banget cuma beginian aja.. liat agama laen di hina kek di apain kek, kayaknya gak pernah semarah ini deh.. lu pada ketakutan apa sih sebenernya? agama lu di katain kek di apain kek, cuek aja kali.. lu kan beriman, ya sah sah aja orang laen mau bilang agama a ga bener lah apa lah, urusan sama lu apa? lu urus diri sendiri dulu aja blom bener mau ngurusin orang,, dia kaga pecaye ya ude itu kan emang hak dia milih pecaye apa engga.. yang penting kita beriman. itu aje

    BalasHapus
  33. Heran ye, begini aje lebae bener, lu liat agama laen mana pernah marah gede begini diejek diapain juga, lagian yang ngata2in ya terserah die mau pecaye apa kage ya ude, yang penting kite beriman aje, urus diri sendiri dulu aje blom bener mau ngurus orang laen, cuek aje urusan kalian ape?? yang penting beriman dan gak goyah gitu aje

    BalasHapus
  34. Jihad sy siap didepan barisan.. tapi setelah sy tau cerita tentang perkataan pak Ahok.. menurut sy pak Ahok tdk bermaksud menistakan surat Al Maidah, dia hanya salah menempatkan perkataan saja.. sehingga jika tdk kita tdk pahami.. bisa berakibat fatal.. itulah yg terjadi skrg..mestinya Ahok berkata begini.. "jgn percaya sama orang kan bisa sj dlm hati bapak ibu engga bisa pilih sy karena LAWAN POLITIK SAYA MEMANFAATKAN DAN MENGGUNAKAN surat Al Maidah sebagai perbandingan.." itu maksud Ahok..tdk mungkin Ahok berani menistakan ayat suci Al Quran didpn umat Rasulullah di pulau seribu.. Ahok jg kan menganjurkan jgn menggunakan ayat suci dlm dunia politik krna akan menimbulkan kemarahan.. mari kita mencegah terjadi kekacauan hanya karna Ahok salah menempatkan kata2 yg sesuai .dgn maksud yg berbeda.

    BalasHapus
  35. Jihad sy siap didepan barisan.. tapi setelah sy tau cerita tentang perkataan pak Ahok.. menurut sy pak Ahok tdk bermaksud menistakan surat Al Maidah, dia hanya salah menempatkan perkataan saja.. sehingga jika tdk kita tdk pahami.. bisa berakibat fatal.. itulah yg terjadi skrg..mestinya Ahok berkata begini.. "jgn percaya sama orang kan bisa sj dlm hati bapak ibu engga bisa pilih sy karena LAWAN POLITIK SAYA MEMANFAATKAN DAN MENGGUNAKAN surat Al Maidah sebagai perbandingan.." itu maksud Ahok..tdk mungkin Ahok berani menistakan ayat suci Al Quran didpn umat Rasulullah di pulau seribu.. Ahok jg kan menganjurkan jgn menggunakan ayat suci dlm dunia politik krna akan menimbulkan kemarahan.. mari kita mencegah terjadi kekacauan hanya karna Ahok salah menempatkan kata2 yg sesuai .dgn maksud yg berbeda.

    BalasHapus
  36. Dan perlu kalian Catat " Dihati Orang Muslim Ada Alqur'an ". Jadi bukan masalah surat Almaidah atau Qur'an nya. Mau suruh buang itu ayat2 Allah yg sdh mengalir dlm darah umat Muslim?

    BalasHapus
  37. Hoi. liatdong, greja aja di bakar, ibadah dilarang dan dirikan greja aja di persulit tpi nggak ada tu org kristen yg heboh kayak gni, malahan mreka mendoakan. ini smua karena mreka mengenal kasih dan mreka percaya bahwa Tuhan yang akan membalas. ayo comen ini coy.

    BalasHapus
  38. SetipAgama itu punya kita suci masing,j Adi bahas aja kitab suci masing,jgn dibahas kitab suci org lain,jadi bingung sendiri.bagimu agamamu bagiku agamaku

    BalasHapus
  39. Damai dan kasih itu lebih indah, klo mw bahas tentang soal penistaan agama, coba ingat dan bandingkan dengan kejadian di beberapa tmpat dimana org kristen dilarang beribadah, greja dibakar, membangun greja di persulit tpi toh nggak ada yg heboh tu, malahan nggak ada tindakan apapun pada yg melakukannya.

    BalasHapus
  40. Kita bngsa dng kultur dan agama yg beda. Harapan saya adalah agr indonesia tentram dan damai. Demo wajar itu mnyuarakan. Tapi tetap jngan anarkis dan mrusak. Klo kampanye juga jngan bawa bawa agama dng bicara agama lain timbul syara. Jadi jadilah pribadi yg berakhlak. Andai besok demo. Demolah secara baik dan teratur. Smoga bisa trcipta negara yg akur tpi juga negara yg berprinsip.

    BalasHapus
  41. Tengok saja reputsasi Politisi Indonesia.. banyak yang menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan... coba hitung.. berapa banyak politisi yang menjadi tahanan KPK.. it's fact... jangan bawa bawa agama dalam urusan politik... karena politik itu kotor....

    BalasHapus
  42. Indonesia gk kacau, ini cara tuhan kami menguji keimanan kami umat muslim, apakah diam saat orang berkata al-qur'an membodohi, atau akan membela habis-habisan, kita boleh cinta tanah air, kita boleh cinta pancasila, kita boleh cinta bineka tunggal ika, tapi kita harus lebih cinta kepada agama kita, karena itulah tujuan setiap manusia dalam meyakini adanya tuhan dan alam setelah kehidupan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin...tapi kita harus imbangib..antara dunia dan akhirat jangan memaksakan kehendak....tauhid itu lebih berpasrah kepada Tuhan YME berdasar kepercayaan kita masing masing bukan..menilai opini politik orang lain...apalagi jihad..anda bisa mudah di pengaruhi kepentingan tersembunyi...lebih tauhidlah dengan membangun diri kita sendiri...amin.YRA

      Hapus
  43. Semangat pak ahok, Kami slalu mendoakan bapak dan Tuhan Yesus slalu memberkati.

    BalasHapus
  44. Kami berdoa untuk pak ahok, dan Tuhan pasti memyertai bapak...tetap semangat pak, walau 10000 rb rebah ingin menjatuhkan bapak yakin tangan Tuhan sanggup menolong bapak. GBU pak Ahok

    BalasHapus
  45. - KRISTEN adalah agama yg penuh dengan KASIH SEBAB BUAH ROHLAH yg Menjadikan seorang NASRANI DEKAT dengaNYA KARENA
    NABI ISA AS MEMBIMBING DAN MENGAJARKAN UMATNYA UNTUK SELALU MENGASIHI SESAMA DAN JANGAN PERNAH MENYAKITI ATAUPUN MELUKAI SESAMA serta selalu mengucap syukur dalam segala hal dan masih banyak lagi ajaran tentang kebaikanNYA

    - Sedangkan Islam adalah agama yg Penuh KEDAMAIAN dan KESEMPURNAAN AKAN CINTA DAN KASIH SAYANG SANG PENCIPTA KITA YAITU ALLAH S.W.T

    Pernah Kita Umat islam berpikir dan mengkaji lagi Makna Dari setiap awal kita membaca Surah selalu Mengucapkan " Bismillahirrohmanirrohim "
    "Dengan Nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang."
    Dari situ KITA sudah bisa mengkaji bahwa KITA memiliki sang pencipta yg MAHA MENGASIHI DAN MAHA MENYAYANGI.SERTA MEMILIKI AGAMA YG PENUH DENGAN KEDAMAIAN,CINTA DAN MENGASIHI

    Jika ada yg Keluar dri Konteks TERSEBUT Mungkin DIA HANYA KRISTEN ATAUPUN ISLAM KTP Yang tidak tau apa2 sama skali tentang AGAMANYA SENDIRI..

    BalasHapus
  46. - KRISTEN adalah agama yg penuh dengan KASIH SEBAB BUAH ROHLAH yg Menjadikan seorang NASRANI DEKAT dengaNYA KARENA
    NABI ISA AS MEMBIMBING DAN MENGAJARKAN UMATNYA UNTUK SELALU MENGASIHI SESAMA DAN JANGAN PERNAH MENYAKITI ATAUPUN MELUKAI SESAMA serta selalu mengucap syukur dalam segala hal dan masih banyak lagi ajaran tentang kebaikanNYA

    - Sedangkan Islam adalah agama yg Penuh KEDAMAIAN dan KESEMPURNAAN AKAN CINTA DAN KASIH SAYANG SANG PENCIPTA KITA YAITU ALLAH S.W.T

    Pernah Kita Umat islam berpikir dan mengkaji lagi Makna Dari setiap awal kita membaca Surah selalu Mengucapkan " Bismillahirrohmanirrohim "
    "Dengan Nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang."
    Dari situ KITA sudah bisa mengkaji bahwa KITA memiliki sang pencipta yg MAHA MENGASIHI DAN MAHA MENYAYANGI.SERTA MEMILIKI AGAMA YG PENUH DENGAN KEDAMAIAN,CINTA DAN MENGASIHI

    Jika ada yg Keluar dri Konteks TERSEBUT Mungkin DIA HANYA KRISTEN ATAUPUN ISLAM KTP Yang tidak tau apa2 sama skali tentang AGAMANYA SENDIRI..

    BalasHapus
  47. Ahok memang pemimpin yg di cari rakyat, kesalahan ahok cuma satu, seharusnya gak usah bawa ayat ayat alquran dalam segala hal, ibarat pedagang babi yg mengatakan kepada konsumen " jangan mau di bohongin alquran klo babi itu haram, makan babi itu hak anda" , seperti halnya dengan ahok yg mengatakan jangan mau di bohongin pakai ayat almaidah kalo pilih pemimpin non muslim itu di larang, karena memilih ahok adalah hak anda ".
    Silahkan di renungkan, seandainya ahok tidak menyinggung ayat al quran tentu ahok tidak seblunder ini.

    BalasHapus
  48. Pura2 nggak ngerti bahasa Indo itu membodohi diri sendiri dan memang otaknya juga bodoh mau membodohi diri sendiri. Orang macam begitu itu percuma disekolahkan! Mesti nya masuk sekolah orang cacat baru ntar kelihatan hasilnya!

    BalasHapus
  49. Ttp aja si ahok tuh salah, jd hrs ttp di proses hukum yg adil sesuai uu yg berlaku..!!!??

    BalasHapus
  50. Hahaha..
    Pola pikir yg aneh buat imam masjidil ny..
    Dah jelas2 dy bilang "jgn mau di bohongin sama al maidah"
    Dlu saya fans pak ahok, jujur tegas dan berwibawa, tpi ketika dy menghina al quran, di snilh kemurkaan saya muncul..
    Kemana telinga dan akal anda wahai imam masjidil istiqlal ???

    BalasHapus
  51. Semua kepercayaan di negeri ini Tuhan Yang Maha Pengasih dan penyayang,kok umatnya nggak kasih dan penyayang,amarah,bengis,memusuhi orang seperti iblis,tdk akan didengar sama sang Khalik apa yg kau bela dengan cara iblis,tunjukan dengan welas asih seperti kepercayaan kita yg mengasihi

    BalasHapus
  52. Ttp aja si ahok tuh salah, jd hrs ttp di proses hukum sesuai uu yg berlaku..!!!??

    BalasHapus
  53. saya bukan pendukung atau yg diuntungkan ahok,
    saya cuma menyayangkan dan merasa miris melihat nasib bangsa kita yang tidak pernah mau belajar dari penderitaan nenek moyang kita selama 350 tahun silam.
    karena bangsa kita mudah percaya tanpa fakta, mudah mengamini tanpa memahami, sehingga mudah sekali dimafaatkan oleh orang lain dengan kepentingan mereka sendiri.
    dulu kita mudah dibohongi dan diadu domba penjajah,
    sekarang jangan kita terjerumus oleh ilmu yg kita pelajari.
    banyak orang yang pintar, tapi sedikit orang yang arif dan bijaksana.
    mari perbanyak istiqfar, kita doakan agar islam dinegeri kita bisa bersatu seperti dulu.
    mari sama sama memohon pada yg Khaliq agar kita semua diberi hidayah.

    BalasHapus
  54. Kalian jgn pada bego berantem mulu,,, islam agama yg memaafkan dan cinta damai

    BalasHapus
  55. Para Pendahulu RI Menangis dengan cara berfikir Penerus Bangsanya. Tanpa membawa nama agama mari berpikir dengan pendidikan yang telah anda dapatkan.

    BalasHapus
  56. Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah kamu sendiri menuntut pembalasan, tetapi berilah tempat kepada murka Allah, sebab ada tertulis: Pembalasan itu adalah hak-Ku. Akulah yang akan menuntut pembalasan, firman Tuhan.

    BalasHapus
  57. ITU BERITA HOAX
    ini Klarifikasi Ust.Arifin Ilham di TVOne :
    Mengenai imam besar Masjid Istiqlal Nasarudin Umar, beliau difitnah di media sosial seolah2 membuat pernyataan yg menyatakan bahwa Ahok bukan penista Al Qur'an.
    "Saya bersama MUI dan para alim ulama"
    Demikian pesan beliau kepada Ust.Arifin Ilham via telephone.

    Alhamdulillah....semoga statement beliau ini dapat memberikan ketenangan dan kesejukan kepada seluruh umat muslim...

    Wallohu'alam

    #tabayyun

    BalasHapus
  58. Itumah agama di susupin politik

    BalasHapus
  59. Itumah agama yg di susupin politik

    BalasHapus
  60. apa benar sang imam besar ngomong brpendpt begitu???

    BalasHapus
  61. apa benar sang imam besar ngmong gitu

    BalasHapus
  62. Lu goblog pads. Intinya lu rela ayat suci digituin . lo Islam bukan . alquran ayat suci Allah swt.jadi jgn dipakai untuk hal hal bgini. Perjalanan kehidupan Ada disitu. Dari lo masih dalam kandungan emak lo sample lo mati .ITU tertulis dalam alquran. JD jgn lo Bela penista ayat suci alquran . .

    BalasHapus
  63. https://www.youtube.com/watch?v=hwd6p-K6aAE&feature=youtube_gdata_player

    Dengar ceramah diatas akan tau posisi kita termasuk orang mukmin atau orang munafik dalam menyikapi masalah penistaan agama.

    BalasHapus
  64. https://www.youtube.com/watch?v=hwd6p-K6aAE&feature=youtube_gdata_player

    Dengar ceramah diatas akan tau posisi kita termasuk orang mukmin atau orang munafik dalam menyikapi masalah penistaan agama.

    BalasHapus
  65. INI MEDIA NYA AHOK ATAU PENDUKUNG AHOK PASTINYA, SEMUA BERITANYA YANG MENDUKUNG AHOK...POKOKNYA SEKARANG KELIHATAN MANA MEDIA YANG BENER DAN YANG SALAH, YANG INI PASTINYA YANG SALAH YA

    BalasHapus
  66. Yang masih belum terima, Selamat anda telah terprofokasi oleh oknum politik!!!!

    BalasHapus
  67. Mukzizat itu untuk Nabi kalo kita Hidayah bro

    BalasHapus
  68. Mukzizat itu untuk Nabi kalo kita Hidayah bro

    BalasHapus
  69. Ini Indonesia yg waktu berjuangnya bukan karena jasa orang Arab,Cina,Yahudi,Inggris atau lainnya. Ini adalah Indonesia yg merdeka dg darah perjuangan para pehlawan yg pemberani. Yg menyatukan segala perbedaan menjadi satu bangsa Indonesia yg berdaulat,ini bukan negara Islam,Kristen,Hindu,Budha atau yg lainya,ini negara demokrasi yg dmana keyakina beragama dibebeskan. Ini jg bukan negaranya orang Jawa,Batak,Sunda,Dayak atau yg lainnya,tpi ini adalah negara kita semua,Negara Kesatuan Republik Indonesia,terus siapa yg harus menjaga kalau bukan kita,bukankah kita ingin negara yg damai,aman dan sejahtera. Jihat gk harus perang,menjaga keamanan dan ketentraman suatu negara jg termasuk jihad. Mari kita damai atas nama Indonesia yg berwarna,mari bergandengan tangan mnjaga agar Indonesia ini nyaman.

    BalasHapus
  70. Banyak yg adu domba dan fitnah kecam busuk dari dulu begitu setelah melawan oposisi

    BalasHapus
  71. Saya berharap, mari tinggalkan sikap & sifat kebencian atas nama SARA untuk Indonesia Raya. Dari zaman penjajahan sampai sekarang nenek moyang kita sudah menanamkan bibit kebencian SARA. Dan kita siap atau tidak siap harus diakui atas hal demikian. Demi Indonesia Raya mari kita lebih bijak untuk melepaskan pakaian lama, mari kita berbaju corak warana_warni untuk menghargai perbedaan. Ini adalah Indonesia Raya bukan negara satu agama atau negara satu suku. Indonesia bisa maju untuk jaya karena menghargai kemajemukan. Menelaah lebih nyaman daripada menelan semuanya tanpa ada filter dalam otak, hati dan mulut kita. Bila hidup kita terus pendek cara berpikir kita, maka Indonesia Raya tidak pernah jaya karena kebetulan yang salah jalan. Percayalah bahwa Indonesia bukanlah negara dari kemayoritasan suatu agama atau suku. Tapi Indonesia Raya terbentuk dari berbagai kemajemukan yang indah. Marilah berjiwa pemenang, bukanlah berjiwa pecundang.

    BalasHapus
  72. DIbohongi pakai surat.....itu artinya ada orang yang menggunakan surat tsb untuk berbohong dgn tujuan tertentu...itu yang demo2 apa ga sekolah dulunya ato dulu pas belajar bahasa pada becanda2 aja di kelas ya..koq segitu bodohnya ga bisa mencerna bahasa sendiri...dasar kerbau..mau aja di cokok idungnya

    BalasHapus
  73. Aduh jadi lieur euy, kumaha maraneh weh

    BalasHapus
  74. Saran buat ahok,
    Buat mesin giling besar trus masukin semua musuh ente. setelah kalis baru bikin pakan ikan.

    BalasHapus
  75. Siapakah Sebenar Panji Hitam Dari Timur Yang Dimaksudkan?

    Coba cari d google..

    BalasHapus
  76. Siapakah Sebenar Panji Hitam Dari Timur Yang Dimaksudkan?

    Klik google.com

    BalasHapus
  77. BERSATU KITA TEGUH,BERCERAI KITA BERANTAKAN...
    jaya lah negriku dngan perdamaian,,,,

    BalasHapus
  78. Dibohongin al-maidah : 51 ..sebagai pelaku yang berbohong, artinya allah yang berbohong

    Dibohongin "PAKAI" al-maidah : 51 ..sebagai alat untuk berbohong, artinya Rasulullah SAW dan para ulama yang berbohong,

    so...dengan atau tanpa kata "PAKAI" sama2 penistaan agama..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas ridho, analogi sederhana menurut seorang ustadz,
      dipukul "pakai" tongkat. itu sama akibatnya dengan dipukul tongkat. Itu ada kata pakai atau tidak sama-sama sakit. semoga mas Ridho selalu diridhoi Allah SWT, dan jangan melaksanakan kalimat di atas, sebab sakit kalau dipukul pakai tongkat ataupun dipukul tongkat. teruskan perjuanganmu bro..

      Hapus
  79. saudara dan saudari semua nya,, ingat dan sadar dari semua 5 agama di dunia ini ( islam,kristen,katholik,hindu dan budha) itu semua sama di mata Tuhan,, hidup klo dgn mndengarkan provokator yg mau mecah belah kn qt semua gk ad untung nya qt hrus beljar memaafkn n menerima setitik kecil apapun kesalahan orang,,, ingat ajh manusia hidup di dunia ini tidak pernah luput dari kesalahan,,,

    BalasHapus
  80. menista agama kitab suci suatu agama, bakar rumah ibadat, bom gereja, adalah Dosa Sakralegis. ahok melakukan dosa,krn dia sdh menista agama (kta kmi org Muslim) dia akn berurusan dgn Tuhan, kta sesama umat Tuhan tdk punya kepentingan utk menghakimi ahok. krn agama itu milik Tuhan. kta hanya sbgai pengikut.

    BalasHapus
  81. menista agama kitab suci suatu agama, bakar rumah ibadat, bom gereja, adalah Dosa Sakralegis. ahok melakukan dosa,krn dia sdh menista agama (kta kmi org Muslim) dia akn berurusan dgn Tuhan, kta sesama umat Tuhan tdk punya kepentingan utk menghakimi ahok. krn agama itu milik Tuhan. kta hanya sbgai pengikut.

    BalasHapus
  82. media ini antek ahok laknat kafir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ente radikal? Tinggal aja di arab!!!

      Hapus
  83. kalau yang ngomong doi mah wajar, kalau orang liberal itu memang dekat dengan orang kafir,
    siapa saja sih yang tidak menyebut sebuah musibah tatkala dia menjadi imam besar istiqlal ? sepertinya hanya orang "itu-itu" saja yang merasa sebuah berkah bila dia jadi imam besar masjid kebanggaan bangsa Indonesia ini. astaghfirullah...

    BalasHapus
  84. Saya seorg kristiani, perkenankan saya berbagi pandangan pribadi saya serta beberapa referensi dari Alkitab yang sudah dirangkum oleh narasumber dalam video di youtube. Bagi saya, apabila memang benar ada pernyataan dari Yesus yg berbunyi spt "Aku adalah Tuhan maka sembahlah Aku", mungkin hari ini saya tidak akan menganut Katolik lagi. Ungkapan demikian, menurut saya lebih cocok/tepat/lazim digunakan pada jaman dahulu ketika begitu banyak dewa yang meninta untuk disembah, sebut saja jaman Yunani lampau. Lebih lanjut, perlu dipahami konsep Triniti dalam kekristenan sebelum mencerna konten video tsb krn sangatlah krusial. Yg utama bagi saya adalah iman dan pendalaman yg kuat, bukan memaksakan jawaban (ada/tidak) menurut kehendak kita maupun berkutat pada pertanyaan yg sama yg kerap kali saya dengar dari umat agama lain di Indonesia dan menurut saya agak kurang dewasa. Contoh, seorang bocah manja yg meminta pembuktian kasih sayang dari orang tua nya dengan memaksakan agar diberikan apa yg dikehendaki (katakanlah mainan) dan bocah tsb baru akan mengakui bahwa org tuanya benar tulus menyayangi dia, padahal kita tahu betul bahwa hal tsb mungkin bukanlah yg terbaik buat si kecil. Saya tidak akan berpanjang lebar namun banyak sekali referensi dari 1 kitab ke kitab lainnya yg akan dijelaskan pada video tsb, di mana dulu saya juga sempat mendalaminya (pemahaman Alkitab) ketika duduk di bangku smp. Berikut tautannya semoga dapat memberi pencerahan, terutama kepada umat kristiani lainnya sehingga dapat memberikan penjelasan yg berbobot ketika disuguhkan pertanyaan serupa

    https://youtu.be/t7fh4wmhhtU

    BalasHapus
  85. semua kita yang mengaku sebagai orang Indonesia, marilah kita menjaga hati. karena dari hatilah terpancar kedamaian atau kebencian. adakah Tuhan yang menciptakan kita itu Tuhan yang berbeda ? siapapun kita, apa pun agama dan keyakinan kita, yang menilai kita itu benar atau salah itu Tuhan bukan manusia. pertanyaannya adalah ketika kita mati, adakah manusia yang mendampingi Tuhan untuk menghakimi? jadi marilah kita bijak untuk berpikir jernih sehingga perilaku kita juga ikut jernih sehingga tidak memperkeruh susasana.

    BalasHapus
  86. alloh aja maha pemaaf masak kita umat muslim gak pemaaf.di mn iman kita broo! klu menurut gua penista agama itu orang muslim yg berbuat dosa.sudah tau korupsi,makan harta anak yatim,zina,hal2 yg di larang alloh.coba fikir broo klu dana demo di mamfaat kan buat bantu anakyatim dan fakir miskin lebih manfaat demo apa membantu anak yatim dan fakir miskin?

    BalasHapus
  87. Sedihnya...inilah bangsaku saat ini...dulu pejuang membela negara dari jajahan bangsa luar...sekarang dengan sangat mudahnya berselisih di dalam...mana kerukunan bangsa...gag ada lagi saling memahami...saling mengerti...apalagi toleransi...semua isinya ditunggangi banyak kepentingan politik...dan rakyat lah korbannya...gag tau apa apa malah saling ribut satu sama lain...semua merasa paling benar...padahal kita sedang di adu domba...maaf saya org awam yang melihat dari sudut pandang dan apa yang saya rasa...sedih

    BalasHapus
  88. setuju Brandi pendant yg sangat bijak!!!!

    BalasHapus
  89. Kalau ane membaca komentar" temen" di atas, banyak yg saling hujat, padahl apa yg kita lihat dan kita denger itu belum tentu benar, hanya Allah yg maha tahu. Apapun agama, g ada yg mengajarkan untuk menghujat organisasi lain, walaupun dia adl seorang penjahat. Mari berjabat tangan, kita ini sebetulnya satu yakni rakyat Indonesia.:)

    BalasHapus
  90. Motor bikinan kafir, mobil bikinan kafir, kebanyakan yg kita pakai bikinan kafir??
    Unta bukan kafir, kuda bukan kafir, pake peralatan dan kendaraan dari alam biar ga di bilang pake barang dr buatan kafir?? Hellloooww

    BalasHapus
  91. saya sebagai muslim tetap dukung ahok. terserah kalian mau bilang saya muslim baik atau gak? lucu broo. kalo kita bisa berfikir ngpain coba harus demo bikin macet. ahok kan sudah minta maaf ya udah di maafim aja.gitu aja repot!!! kalo di ulangi lagi baru kita proses hukum.

    BalasHapus
  92. Salut buat bpk.KH Nassarudin Umar,bicaranya santun,tidak mudah terprovokasi.
    Cerminan Ulama yg bs mengendalikan diri.Tdk memaksakan pendapat/kehendak.

    BalasHapus