Tamparan Keras Dosen UI Kepada Anies Baswedan Yang Terus Serang Ahok Dengan Isu SARA


Infomenia.net - SERUAN DOSEN UI, Dr. Ade Armando, kpd ANIES BASWEDAN, terbit pagi hari, 10 Okt 2016. Share seluasnya demi bangsa dan NKRI. 
------------------------------Mas Anies Baswedan, Anda dapat mencegah perpecahan bangsa ini. Kalau Anda mau.
Saya baru saja membaca tulisan Anda di laman FB resmi Anda (8 Oktober) yang isinya mengecam Ahok dalam kasus Al Maidah yang menghebohkan itu.

Saya semula adalah pengagum Anda. Saya menempatkan Anda sebagai salah satu dari 25 Tokoh Islam Damai di majalah Madina yang saya pimpin, delapan tahun yang lalu. 

Ketika saya menjadi anggota pengurus Yayasan Paramadina, saya mendukung Anda untuk terpilih menjadi rektor Universitas Paramadina untuk kedua kali. 

Saya ikut mempromosikan program Indonesia Mengajar yang Anda kembangkan. 
Saya membela Anda ketika saya mendengar berbagai kritik setelah Anda terpilih menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Saya semula percaya bahwa Anda adalah salah satu tokoh Muslim Muda yang diharapkan Indonesia: pintar, saleh, gagah, demokratis, dan pluralis.

Saya terkesan dengan pernyataan Anda bahwa yang harus dikembangkan adalah Islam Jalan Tengah.

Tapi kini, saya kuatir Anda sedang menghancurkan kehormatan Anda sendiri.
Komentar anda soal kontroversi Ahok dan Al Maidah sama sekali tidak menunjukkan adanya intelektualitas dan integritas dalam diri Anda saat ini. 

Anda mengabaikan begitu saja fakta bahwa video yang beredar itu adalah hasil editan yang jahat, yang menghilangkan konteks dan sangat potensial menimbulkan kesan yang salah tentang Ahok.

Saya heran bagaimana mungkin Anda mengawali tulisan Anda dengan pernyataan: “Hari-hari ini ketenteraman terganggu, kenyamanan terusik dan kemarahan tersulut oleh pernyataan Gubernur DKI Jakarta. “

Sebagai orang pintar, bagaimana mungkin Anda menganggap bahwa persoalan sesungguhnya ada pada pernyataan Ahok dan bukan pada upaya menyesatan opini public melalui kutipan pernyataan yang diplintir dan dilepaskan dari konteks utuhnya?
Dan kemudian Anda berulang-ulang berusaha menekankan bahwa Anda sangat peduli pada kebhinekaan Indonesia seraya menggambarkan bahwa Ahok (sebagai ‘pihak lain’) mengabaikannya begitu saja. Anda bahkan merestui pihak-pihak yang akan menuntut Ahok secara hukum. 

Anda menutup tulisan Anda dengan ajakan: “. . . mari jaga komitmen menjadikan Pilkada DKI Jakarta ini sebagai pesta demokrasi dan festival gagasan yang penuh dengan kesejukan dan keceriaan.”

Sebagaimana saya baca dalam komentar-komentar di FB Anda, ada banyak orang yang selama ini mengagumi Anda tak percaya dengan ketulusan sikap Anda tersebut. Saya juga.
Mas Anies, yang saat ini secara aktif mengangkat isu-isu yang memecahbelah bangsa adalah kubu pendukung Anda. 

Fanpage Anies Baswedan – Sandiaga Uno masih terus mengangkat isu agama untuk menyerang Ahok. Serangan terhadap Ahok dengan tuduhan kafir terus menggema di ruang public: di masjid, di pengajian, di media sosial.

Pemelintiran pernyataan Ahok juga dilakukan oleh kubu Anda, termasuk oleh seorang aktivis media sosial pendukung Anda, Buni Yani.

Anda sudah berjanji tidak akan membiarkan isu SARA digunakan dalam Pilkada DKI 2017. Tapi nyatanya, itu terus terjadi dan Anda diam saja. Yang menyatakan jangan terprovokasi dengan isu SARA adalah kubu Agus Yudhoyono. Bukan Anda!
Kalau sekarang isu pengkafiran Ahok terus dilakukan, yang akan hancur adalah bangsa ini. 
Anda akan memecah bukan saja penduduk Jakarta, tapi juga bangsa Indonesia, dengan pengotakan ‘Islam’ versus ‘non-Islam’. Harga yang harus dibayar akibat isu SARA ini bisa sangat mahal dan lama.

Jadi, Mas Anies Baswedan, lakukanlah sesuatu. 
Hentikanlah kubu Anda untuk terus menggunakan isu SARA. Berkonsentrasilah pada isu gagasan dan program.

Jangan jual kehormatan Anda hanya untuk mencapai kekuasaan.

oleh Ade Armando Pimpinan Madinaonline.id 



Subscribe to receive free email updates:

68 Responses to "Tamparan Keras Dosen UI Kepada Anies Baswedan Yang Terus Serang Ahok Dengan Isu SARA "

  1. Saya juga merupakan pengagum mas anies, saya merupakan salah seorang yang kecewa ketika mas anies dicopot sebagai menteri pendidikan. Saya bertanya-tanya apakah pertimbangan presiden jokowi melakukan resufle terhadap mas anies, namun tidak menunggu lama akhirnya hal itu terjawab sudah. Saya sangat kecewa terhadap tindakan mas anies yang membela kebinekatunggalikaan namun ternyata setelah telusuri dengan seksama niat buruk terkandung didalamnya sungguh kejahatan yang menggunakan intelektual yang tinggi. Jangan lakukan itu mas anies belum terlambat untuk memperbaikinya semua manusia pernah melakukan kesilapan tapi semoga lewat postingan kami para pengagum mas anies kembali menelaah tindakan mas anies.......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo menilai yg adil lah,jgn kelihatan sifat dengki nya,jgn dibolak balik,,,sy mw tanya sama anda apakah pak anies dan mas agus menyinggung ayat dalam kitab suci agama lain?dan mengatakan ayat dalam kitab suci itu adalah kebohongan????apa reaksi anda jika sy mengatakan salah satu ayat dalam kitab suci anda adalah alat kebohongan???

      Hapus
    2. Bukan saja Menyinggung ayat alkitab, tp agama kristen secara langsung di singgung.
      Apakah menurut anda kata kafit itu tidak menistakan agama?
      Gereja di bakar apakah 1 kota/kab/provinsi ikut ribu?
      Kl anda tidak tahu, mending diam saja.

      Hapus
    3. Jangan kan ayat suci alkitab, agama kita yang non muslim aja telah di nistakan. Apakah mnurut anda kata kafir itu tidak menistakan agama yang lain?

      Hapus
    4. Wajar saja jika Pak Anies di lengserkan oleh Pak Presiden Jokowi. Ternyata fisiknya tidak sebagus daya pikirnya.

      Hapus
    5. Kafir itu adl sebutan yg di tujukan kpd seseorang yg tdk percaya kepada Tuhan/Allah bagi umat muslim sebagai mana umat kristiani menyebut yg umat lain sbg domba2 yg tersesat. Menyamakan dg domba itu sy rasa lebih buruk

      Hapus
    6. Ternyata Imanmu lemah selemah Imammu krn org yg kafir tdk percaya Tuhan, bagaimana Anda mengkafirkan seseorang sedangkan Anda memelihara jin sedangkan di ajaran kita hy percaya sama Tuhan. Di dlm Injil dari awal sampai akhir hy tertulis cinta dan kasih tdk ada kebencian krn org yg hdpnya dgn kebencian maka tdk bahagia. Mengapa org2 yg kalian mengkafirkan selalu hidup dalam damai krn mereka diajarkan utk cinta dan damai bukan mengajarkan kebencian, andaikan Anda baca PErjanjian lama dan Baru maka engkau akan tahu Kristen itu bagaimana. Krn Kami pengikut Kristus bukan pengikut jin2.

      Hapus
    7. Setuju buat jovi gutfre

      Hapus
    8. pak jovi, kami muslim tidak dibenarkan memlihara jin maaf sptny anda salah ambil referensi

      Hapus
    9. Pernah dengar sebutan ahli kitab di Al Quran? Menunjuk siapakah Ahli Kitab? Coba cek apakah Ahli Kitab disebut si kafir? Hati2 dgn penyesatan, oke?

      Hapus
    10. Iks Agustina,dalam kristen, sebutan domba digunakan untuk semya umat Allah, sedabgkan gembalanya adalah Tuhan. Nabi Isa pun disebut sebagai anak domba Allah. Jadibukan mengacu pd sesuatu yg buruk

      Hapus
    11. Dalam kristen, sebutan "domba" mengacu pd umat Allah. Sedangkan gembalanya adl Tuhan sendiri. Nabi Isa pun dusebut sebagai anak domba Allah

      Hapus
  2. Walo aq bukan warga Jakarta, kayaknya klo d pimpin anis ga bisa tegas klemak klemek. Makin banyak yg korupsi. Liat aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. YO PASTIAE, PARTAI PENDUKUNGE KAN YO NGUNU KUWI KELAKUANE.


      servistimbagan.co.id

      Hapus
  3. Ade Armando y bela LGBT kan? He he he gak level donk ma pak Anis, gak usah didengar. Emang pnyataan Ahok tdk lbh mbahayakan NKRI, y mlintir itu siape???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fatkhu rohman ..begitulah org2 yg gagal paham ,, org yg udah jelas menistakan agama & ulama ttp msh dibela

      Hapus
  4. Mata gelap dan hati gelap....itulah Anis Baswedan saat ini.....kasian!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pekerjaan paling mulia di du n ia ini hanya 2 yaitu mendidik dan merawat, pahlawan tanpa jasa, kok dengan mudahnya meninggalkan profesi sebagai pengajar....herannn knp gak berikan kesempatan kpd org lain aja biar fokus membangun SDM generasi muda kita?

      Hapus
  5. saya seorang pendidik... pengagum pak Anis sebagai yokoh pendidikan...
    saya sangat sedih dan ikut malu dengan perilaku pak Anis yang demi jabatan... melupakan jati diri sebagai pendidik...
    namun saya hanya bisa berdoa.. semoga Tuhan yang maha kuasa memberi pencerahan kepada pak Anis dan semua orang yang ditokohkan bangsa kita... sehingga masa depan NKRI seamakin cerah. Amin.

    BalasHapus
  6. Coba lihat sejarah th 1998, siapa aktor dibalik kerusuhan Mei 1998. Isu SARA dimainkan diberbagai daerah dan puncaknya di DKI Jakarta. Aktor tersebut berada di belakang siapa saat ini ?. Bahkan saat itu, aktor tersebut sampai 'dimusuhi' oleh Presiden dan keluarganya hingga saat ini.

    BalasHapus
  7. Sesama moeslim seharusnya saling menghargai dan bisa hidup berdampingan dgn agama lain,karena kita bukan negara islam,mereka yg cerdas lupa bagaimana ulama dulu pun dlm pembuatan pancasila lebih mengutamakan persatuan negara,jika ingin umat islam memilih kader moeslim sebagai pemimpin,regenerasi kader cari yg seperti ahok berani,jujur,tegas,tdk takut pada partai,pasti umat islam tdk akan memilih ahok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini baru muslim. ALLAHUAKBAR..

      Hapus
    2. Salut dgn pikirannya..

      Hapus
    3. sip Qu setuju kader kader yang seperti AHOk yang cara hidupnya islam, kerukunannya cara islam, saling menghormati antara umat cara islam, bineka tunggal ika secara islam, guyub rukun mengutamakan persatuan dan kesatuan RI tetapi bukan negara islam, perlu diingat Indonesia mempunyai tolenransi 5 Agama keyakinan yang dimiliki semua warga negara RI yang JELAS SAYA SEBAGAI WARGA NEGARA INDONESIA INGIN DAMAI JANGAN SAMPAI TERJADI DI TIMUR TENGAH SESAMA MUSLIM SALING BUNUH

      Hapus
  8. Ini nih contoh orang2 yang gak pengen indonesia maju.......
    Pikiran terlalu dangkal.....

    BalasHapus
  9. Demi tahta apa saja akan di halalkan
    Ini politik, politik edentik dengan trik dan intrik
    Kita sebagai rakyat harus cerdas untuk memilih

    BalasHapus
  10. Yang selalu memprovokasi isu sara tuh sapa..? Kejadian ini bukan yg pertama kali.. Skrg ALLAH telah membuka aib melalui mulutnya sendiri bkn pak anis. Fokus kpd AlQuran telah disepelekan.

    BalasHapus
  11. Mari kita bicara soal adu gagasan soal lainnya warga dki tidak butuh paslon penantang petahana jangan sp lupa gagasannya gara2 hal2 yang menghambat kemajuan bukan itu yang ditunggu warga tapi gagasan visi dan misi yang bekwalitas bukan gagasan basi nyontek yang ada atau sekedar gagasan yang rada muluk2 spt yang dulu2 masyarakat sekarang bukan yang DULU tapi up to date lah . . . . gitu

    BalasHapus
  12. tidak salah nyalon dki1 yang salah temptnya baru kemarin pilpres 2014 moso udh lupa yang berseberangan saat itu bukan alasan dendam tapi itu loh . . . . teamnya masih itu2 juga tentu anis ga punya kekuatan utk tdk searah dan sejalan secara kasat mata jelas dimata warga apa dan bagaimana cara2 berpolitik yang dikembangkan kelompoknya ga heran kl sekarang semakin jelas siapa yang manasin siapa yang nyejukin ada dalam catatan warga tanpa kesan nyalah2in orang lain majulah dki majulah indonesia . . . .PASTI

    BalasHapus
  13. Mungkin kalian lupa klo emang si anies ini memang sengajah ingin mengahancurkan indoneaia.. ya iyalah secara dia BEKAS mentri pendidikan dan kebudayaan trus gitu waktu pencalonan mati"an bela president sampe lawan predsident di bilang sama si anies ini di dukung sama mafia masak gak sakit hati tiba" di ganti sebagai mentri.. hellllo mikir.... Sekarang dia maju jadi calon gub jakarta di dukung mafia. Hhhhm mau jadi apa ini jakarta klo mafia jadi gubernur

    BalasHapus
  14. saya kehilangan satu anak bangsa yang dulu jadi inspirasi saya,cerdas ,berintegritas kaya akan gagasan untuk kebaikan bangsa,,hari ini berubah menakutkan ,,saya hanya berdoa akan ada anak bangsa yang tidak tergoda sifat rakus,untuk mewarnai indonesia,,kawan-kawan jangan kalah oleh orang2 yang sangat mengecewakan ini,mari kita berhenti mengutuk kegelapan dan mari kita nyalakan lilin,,,,

    BalasHapus
  15. Kalo Allah SWT uda murka. Hancur lebur semuanya. Yang bukan muslim uda diem aja gak usah nambah-nambahin amarah umat islam yang dihina dengan jelas oleh ahok. MAKIN TERLIHAT JELAS AGAMA KALIAN PEMBENCI MUSLIM. NAUZUBILLAHIMINDZALIK.
    UntukKu agamaku, dan UNTUKMU AGAMAMU..ngerti gak.
    JANGAN NYUBIT KALO GAK MAU DIBALES!!!
    Nanti kan keliatan ya..tunggu saja hukuman buat ahok. BYE AHOK!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alloh maha pengampun, walaupun kgk brbuat ahok minta maaf. Buny yani si pengedit video jg ngaku salahdi ILC minggu lalu. Kgk usah jdi kompor

      Hapus
  16. Kalo Allah SWT uda murka. Hancur lebur semuanya. Yang bukan muslim uda diem aja gak usah nambah-nambahin amarah umat islam yang dihina dengan jelas oleh ahok. MAKIN TERLIHAT JELAS AGAMA KALIAN PEMBENCI MUSLIM. NAUZUBILLAHIMINDZALIK.
    UntukKu agamaku, dan UNTUKMU AGAMAMU..ngerti gak.
    JANGAN NYUBIT KALO GAK MAU DIBALES!!!
    Nanti kan keliatan ya..tunggu saja hukuman buat ahok. BYE AHOK!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya (yg pernah saya dengar) : Allah SWT adalah Maha Pengasih dan Penyayang. Jadi kalau masih ada seorang "hamba Allah SWT" yang notabenenya meyakini dirinya adalah makhluk ciptaanNYA, masih berfikir kalau Allah SWT akan murka hingga akan hancur lebur semuanya (ciptaanNYA), mungkin "hamba" ini kurang mengenali secara bensr siapa Allah SWT yang sesungguhnya.
      Semoga Allah SWT tidak bersedih berkepanjangan melihat "hambaNYA" ini. Karena masih banyak hambaNya yang lain yang lebih mngenal dan mencintaiNya sebagai Allah SWT yang sesungguhnya.

      Ampunilah mereka karena mereka tidak tahu apa yang mereka lakukan. Amin.

      Hapus
    2. Mungkin alloh nya bunda arra suka marah2 ya.....ALLOH SWT MAHA PENGASIH LAGI MAHA PENYAYANG...

      Hapus
    3. Seruju dengan conrad.udah bunda urus saja dapur laki dan anak2 mu.ngak usah sok belagu seakan paham agama.otak dangkal kyk gini tanpa melihat dan mendengar sendiri hanya dengar dr org lngs ikut2an emosi biar di bilang bela agama cinta agama peduli sama agama.sholat 5 waktu lu jalanin ngak.

      Hapus
    4. emang lo tau dari mana klo Allah murka, Allah Maha berkehendak, klo Allah murkany sama lo bukan sama ahok , lo bakal tau? G kan? Lakuin aja apa yang jelas2 perintah Allah, sembah Allah, dan jangan barbuat "kerusakan" di muka bumi.

      Hapus
  17. Saya pernah mengagumi sosok Pak Anis. Terlebih ketika saya langsung bertemu/berpapasan dengan beliau di dalam pesawat Garuda Indonesia bagian kursi kelas Ekonomi jurusan Pekanbaru sewaktu krisis kabut asap awal tahun ini. Style dan perawakannya sangat menyejukkan dan penuh kesederhanaan, namun tetap terlihat gagah dengan rompi cokelatnya.
    Saya juga sempat bertanya-tanya kenapa Pak Joko Widodo mencabut mandatnya dari Pak Anis sebagai MenDikBud. Sekarang saya baru bisa memahami keputusan tegas dari Bapak Presiden kita adalah keputusan yg tepat. Krn akan sangat membahayakan visi "Revolusi Mental" bangsa Indonesia jika Kementerian yg diharapkan jadi ujung tombak visi "Revolusi Mental" dipimpin seorang yg "BERTOPENG SANGAT SEMPURNA" model begini.
    Semoga karakter murni kebangsaan Indonesia yg sejak sebelum Indobesia merdeka (1928) tidak jadi rusak hanya karena kebutuhan sesaat orang-orang yg ingin meraih kursi kekuasaan model beginian.
    Karena saya yakin kalau warga DKI Jakarta bukan bodoh. Karena orang-orang bodoh gak akan bertahan hidup di Jakarta. Dan sudah terlalu banyak model "Penipu" di Jakarta, Jakarta butuh hasil kerja nyata, bukan janji semata. Karena Jakarta perlu kekuatan dan kecepatan maksimal untuk mengejar ketertinggalannya dari Ibukota negeri tetangga.

    BalasHapus
  18. Sebelum berkomentar dalami dl pokok masalahnya jangan asal coment....hidup pancasila...damai lebih indah

    BalasHapus
  19. aku hanya mendengar dan membaca berita, mataku menengadah dan.bibirku tersenyum sinis....
    #muak

    BalasHapus
  20. Kalau saja sampai terjadi PERTUMPAHAN DARAH karena isu-isu yg semakin dipertajam dengan opini-opini yg semakin tidak jelas, maka itu menjadi dosa bangsa kita sendiri terhadap para pendiri bangsa.

    BalasHapus
  21. Mari berdoa buat bangsa dan negara kita INDONESIA...kemakmuran, kesejahteraan, hidup rukun, saling menghargai satu sama laen dan selalu dalam perlindungan serta penyertaan Tuhan YME..amien.

    BalasHapus
  22. Itukah kader muslim yang selama ini mengaku Anies orang berjiwa nasionalisme tinggi bicara saja sembarangan apalagi jika ia menjadi gubernur besok pusat Negara NKRI kota metropolitan dan masyarakatnya majemuk Yang harus tahu teman teman muslim jangan terlalu berlebihan mengenai Agamamu Apakah agamamu membawamu ke surga kalau memang wajar tetapi kalau bukan negeri ini indah dan berwarna karena perbedaan tetapi itu bukan berarti perbedaan yang negatif stop memakai agama untuk kepentingan politik dan jaga kredibilitas seorang publik figur kalau mau berkompentisi politik kursi DKI jangan Pakai isu sara lebih baik pakai akal sehat supaya citra seorang pemimpin twrlihat jelas jangan kaya Frot pembela Islam bicara pake otak anak TK.

    BalasHapus
  23. Saya setuju semua itu benar adanya dan sudah di tnggangi oleh politik dan orang orang yg ingin memprovokasi kanapa saya katakan seperti itu seandainya pak ahok statusnya saat ini dia seorang rakyat biasa atau rakyat miskin lalu melakukan perbuatan yg seperti orang permasalahan kepadanya sekarang ini apakah ada orang yg mau melakukan demo apalagi sudah sampai ratusan bahkan jutaan orang, saya rasa tidak paling hanya di serahkan ke pihak yg berwajib saya. Saya mengajak kepada kita semua jangan hanya kepentingan politik saja kita umat beragama bisa terpecah belah.

    BalasHapus
  24. Janganlah saling menghujat hari ini tanggal 4 nov 2016 telah terlaksana demo besar nah saran saya mari koreksi diri terutama para negarawan yg tdk mau bersatu dengan pesaingnya, adakah buah hasil yg positif setelah demo besar ini yg telah terjadi adalah merugikan orang banyak dan membuat ketakutan masyarakat, percayakan kepada pemerintah untuk mengurusnya jangan malah tdk percaya kepada pemerintah terus melakukan tindakan yg meresahkan ya Alloh mohon dengan ridhoMU ya Alloh satukanlah umat yg ada di indonesia ini menjadi satu persatuan yang solid dan bimbinglah tokoh tokoh dan pimpinan pimpinan kami menjadi orang yang sholeh dan sholehah yg selalu saling menghormati satu dengan yang lainnya amiin

    BalasHapus
  25. Masih ada saja umat yang gila jabatan...

    BalasHapus
  26. Pak Anis segeralah pulang ke komunitas asal bapak, keluarlah dari pusaran pemuas nafsu ambisi. Kekuasaan akan menghilangkan akal sehat. Dan sadarlah Bapak orang pinangan yang yang tidak mempunyai nilai tawar. Anda diusung untuk dinistakan. Semoga bapak Anis lekas sadar.
    Saya berharap bapak lekas pulang ke komunitas pendidikan. Tidak Kalah mulia .

    BalasHapus
  27. anis dicopot jadi menteri malah nyalonin pilgub. penurunan kualitas.. udahlah jadi dosen aja untuk minterin orang. pahalanya besar. daripada nanti jadi gubernur cuma janji2 kampanye saja. nihil faktanya.

    BalasHapus
  28. aduh kasihan deh............??????pengagum ini budi

    BalasHapus
  29. Munafik banget se looh.... Lo pikir bisa apa nanti klo lo jad gub. Dki? Yg ada jg makin bnyak korupsi nya... Hanya Ahok yg gua percaya bukan lo Anies Baswedan

    BalasHapus
  30. Bravo panggung politik indonesia

    BalasHapus
  31. tuhan tidak suka yang terlalu berlebihan. itu masalah kecil karena ahok udah minta maaf dan diproses polisi. menurutku terlalu dibesar-besarkan
    saya islam tapi kalau orang islam keterlaluan, maaf aku tidak suka.
    tidak suka orang yg keterlaluan, bukan tidak suka agama islam yah. jangan sampai jadi masalah lagi.
    terlalu

    BalasHapus
  32. tuhan tidak suka yang terlalu berlebihan. itu masalah kecil karena ahok udah minta maaf dan diproses polisi. menurutku terlalu dibesar-besarkan
    saya islam tapi kalau orang islam keterlaluan, maaf aku tidak suka.
    tidak suka orang yg keterlaluan, bukan tidak suka agama islam yah. jangan sampai jadi masalah lagi.
    terlalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju dengan pemikiran mas mursila....saya juga Islam, kita harus menunjukan bahwa Islam itu indah dan penuh cinta kasih. Tohh ahok uda minta maaf, jangan mau kita dipecah belah oleh elit politik. Kristen, Hindu dan Budha itu semua saudara kita, ayo kawan kita semua bersatu jangan mau dipecah belah.

      Hapus
  33. Baru 1 org anis sa su begini, karmana kalau ada 10 anis, hancur bangsa ini! Untung dia tdk jd menteri pendidikan lagi kalau tdk moralitas anak bangsa akan hancur dgn program2nya yg tdk pluralis.

    BalasHapus
  34. Saya setuju pak,, i like this,,

    BalasHapus

  35. Tolong pikir baik,untuk masukan isu yg berkaitan dngn agama,ingat ada daerah-daerah minoritas,jngn pikir kami hanya tinggal diam,disaat kami di usik dan di jadikan orang asing (KAFIR ) di negri kalin indonesia maka disitu kami akan akat bicara minta pisa dari kalian....

    BalasHapus
  36. soal biasalah, itu panggung demokratis... iangat jg bahwa jika seorang yang sudah terdidik langsung name down. kalo itu benar Anies do, orang pintar itu seperti dia ka?

    BalasHapus
  37. Jakarta tidak butuh gagasan kosong dan kata" santun yang melelahkan, nyaris tertidur..jakarta adlah kota dengan dinamika kehidupan begitu cepat. Ahok adalah type pemimpin yang terbukti mampu mengendalikan percepatan pembangunan pada segala aspek dengan cara" yang luar biasa. Tinggal pilih, mau dibuai janji" trus tidur, atau kerja kerja kerja.

    BalasHapus