Payah ....Jembatan Suramadu Klaim Prestasi SBY Ternyata Hasil Ngutang Dari Negara Ini, Sedangkan Tol Di Bali Dari BUMN


Infomenia.net -Ada fakta yang menarik soal biaya pembangunan Tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa. Seluruh biaya pembangunan tol sepanjang 12,7 km itu murni didanai dari dalam negeri hasil patungan konsorsium BUMN. Bandingkan dengan pembiayaan pembangunan Jembatan Surabaya dan Madura (Suramadu), sebagian berasal dari pinjaman perbankan China.

Komisaris PT Jasa Marga Tbk Ibnu Purna Muchtar mengatakan, biaya investasi jalan tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa sekitar Rp 2,4 triliun sepenuhnya menggunakan dana internal perusahaan, dan sumber-sumber pembiayaan dalam negeri dengan komposisi 30% dana perusahaan, dan 70% dari pinjaman sindikasi perbankan dalam negeri. 

"Berbeda dengan Jembatan Suramadu yang dibiayai dengan pinjaman luar negeri dari APBN, Jalan Tol Nusa Dua Bali murni dibiayai dengan dana perusahaan dan pinjaman korporasi dalam negeri tanpa sedikitpun memberatkan APBN," kata Ibnu dalam keterangan tertulisnya, Selasa (11/6/2013).

Seperti diketahui, total panjang Jembatan Suramadu beserta jalan pendukungnya sepanjang 21 km menelan dana Rp 5 triliun. Dari dana itu sebanyak 55% berasal dari APBN Indonesia dan 40% lebih dari pinjaman lunak China.

Dari total panjang jaringan jalan Tol Suramadu 21 km, termasuk di antaranya panjang bentang jembatan 5,5 km, ditambah jalan penunjang sisi Madura sepanjang 11,5 km, dan 4,5 km untuk ruas Surabaya.

Ibnu menambahkan, sumber pendanaan dalam negeri dalam proyek Tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa sejalan dengan kebijakan pemerintah mendorong pihak BUMN dan swasta untuk membangun proyek-proyek infrastruktur yang bersifat komersial, seperti jalan tol, mengingat anggaran infrastruktur APBN lebih diprioritaskan untuk pembangunan infrastruktur dasar seperti jalan dan jembatan. 

"Kami, sebagai BUMN, turut menyukseskan kebijakan pemerintah di bidang infrastruktur tersebut dan siap berkontribusi untuk proyek-proyek infrastruktur jalan tol lainnya tanpa dukungan subsidi ataupun suntikan dana dari APBN guna menggerakkan perekonomian dan mendukung pertumbuhan ekonomi," katanya.detik.com



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Payah ....Jembatan Suramadu Klaim Prestasi SBY Ternyata Hasil Ngutang Dari Negara Ini, Sedangkan Tol Di Bali Dari BUMN"

Posting Komentar