Menolak Pindah Di Rusun Rawa Bebek, Inilah Penyesalan Warga kampung Duri Dengan Bilang Begini


Infomenia.net -KARENA melihat kenyamanan di Rumah Susun (Rusun) Rawa Bebek, Jakarta Timur, warga Bukit Duri yang akan segera direlokasi Pemerintah Kota Jakarta Selatan merasa menyesal karena mereka sempat menolak tawaran pemerintah itu.

Nia, 35, yang dahulu sempat berjuang mati-matian untuk mempertahankan rumah bedengnya di pinggiran Kali Ciliwung kini jadi malu begitu melihat hunian barunya.

“Jujur saja, tempat ini lebih baik. Lebih nyaman di sini. Saya sekeluarga betah,” kata wanita yang tinggal sudah satu minggu bersama suami dan dua anaknya itu.

Keluarga Nia merupakan salah 1 dari 363 KK warga Bukit Duri yang akan direlokasi. Tempat tinggal mereka akan diratakan dengan tanah dalam rangka penormalan Kali Ciliwung dalam waktu dekat.

“Dulu waktu tinggal di Bukit Duri, mana ada warga yang rumahnya punya kamar mandi. Kita pakai kamar mandi bersama. Kalau pagi pasti antre. Namun, di sini, tiap unit ada kamar mandi,” tutur Nia yang menempati unit di Blok Merpati di lantai 5.

Bagaimana tidak nyaman, ujarnya, dahulu ia bertahun-tahun tinggal di rumah beratap seng dan berdinding kayu tripleks. Kini ia menempati unit dengan luas 6 x 6 meter persegi yang di dalamnya terdapat dua kamar tidur, ruang keluarga, dapur, dan toilet.

“Jadi malu kalau ingat dulu sempat menolak,” ujarnya seraya tersenyum simpul.
Senada dengannya, Johari, 42, menyatakan lebih nyaman tinggal di Rusun Rawa Bebek. “Di sini lebih bersih, lebih layak menjadi tempat tinggal,” ujarnya.

Hingga kemarin, sebanyak 212 kepala keluarga sudah memilih hengkang dari kekumuhan di pinggir Kali Ciliwung.

Hari ini, rencananya ada 60 keluarga yang akan menyusul mereka setelah mendengar cerita kehidupan yang jauh lebih baik di tempat itu.

Masih ada beberapa keluarga yang memilih bertahan karena mereka tidak mau jika hanya diberi hunian di rusun. Mereka juga minta diberi uang kerahiman dari pemerintah.mediaindonesia.com



Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Menolak Pindah Di Rusun Rawa Bebek, Inilah Penyesalan Warga kampung Duri Dengan Bilang Begini"

  1. Sulit Bagi Kita untuk Menerima apa yang blum pernah kita Rasakan dan kita alami ini lah bentuk kelemahan orang susah .......... klu orang kaya mungkin itu biasa dan sering berpinda-pinda ....... mari belajar dari apa yang belum kita alami agar ilmu itu bisa bertamba......... sukses buat bangsa

    BalasHapus